5 Tempat Wisata di Moskow Rusia

tempat wisata di moskow

Moskow, kota megapolitan Rusia, merupakan salah satu ibukota yang memiliki wilayah terluas di dunia. Penduduk yang padat, dengan suku dan kebudayaan yang beraneka ragam mewarnai keunikan kota terbesar di Eropa ini. Tempat wisata di Moskow juga sangat beragam dengan berbagai keunikannya.

Mungkin saja waktu seminggu belum cukup untuk mengelilingi ibukota karena saking beragam tempat destinasinya. Jika Moskow menjadi salah satu daftar rencana travelling kamu, tempat berikut inilah yang menjadi top destinasi yang paling ramai oleh turis. Bahkan beberapa tempat memiliki lokasi yang berdekatan. Jadi tidak perlu pergi jauh-jauh.

Adapun beberapa tempat wisata di Moskow Rusia yang menarik adalah:

Red Square

Red Square atau lapangan merah berdekatan dengan Kremlin yang berada sisi Barat. Bangunan yang terbuat dari batu beton merah yang menjulang luas dengan arsitektur yang cantik. Bangunan ini juga mewakili simbol kota Moskow sebagai pusat politik, sejarah, ekonomi, dan agama Rusia.

Sebagai daerah pedestrian atau khusus pejalan kaki, lapangan yang menjadi lapangan pusat Rusia. Lapangan ini berfungsi sebagai tempat upacara resmi kenegaraan dan momen perayaaan penting lainnya. Setiap ada acara peringatan hari raya kemenangan Rusia ataupun acara penting lainnya, tempat start kendaraan-kendaraan lapis baja selalu mulai dari Red Square.

Benteng Kremlin

Jika kamu menyukai wisata sejarah maka wajib berkunjung ke tempat ini. Benteng ini awalnya merupakan benteng pertahanan dalam menghadapi musuh ketika perang. Seiring berkembangnya waktu, benteng ini beralih fungsi sebagai pusat pemerintahan dan kantor presiden. Tidak heran jika di dalam kompleks tempat ini banyak sekali gedung dan katedral, bahkan salah satu tempat di kawasan ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan berlian 190 karat.

Kremlin adalah salah satu bangunan paling kuno yang mencerminkan simbol Rusia. Selain sebagai tujuan wisata, Kremlin juga merupakan pusat kenegaraan Rusia. Jika di Indonesia ada Istana Negara sebagai kantor presiden di Jakarta, maka di Rusia adalah Kremlin sebagai kantor presiden Rusia.

Moskow Metro

Moscow Metro terkenal dengan arsitekturnya dan merupakan stasiun yang memiliki julukan “istana bawah tanah Moskow” telah menjadi pemandangan utama kota ini. Stasiun-stasiun tua melambangkan industrialisasi Rusia pasca perang untuk melambangkan kemenangan dan kebanggaan Rusia.

Jalur metro pertama adalah Sokolnicheskaya, yang di bangun pada tahun 1935. Pastinya selain menikmati indahnya kota, kamu juga bisa melihat berbagai deretan stasiun-stasiun dengan arsitektur yang sangat indah.

St. Basil Katedral

Katedral Santo Basil merupakan bangunan yangmenjadi ciri khas Rusia khususnya ibu kota Moskow. Bangunan ini mempunyai banyak kubah berbentuk bawang yang secara tradisional di pandang sebagai simbol posisi unik Rusia di antara Eropa dan Asia.

Menurut legenda, Ivan IV atau Ivan the Terrible memerintahkan prajuritnya agar sang arsitek, Postnik Yakovlev, dibuat buta supaya tak membangun bangunan yang lebih indah untuk orang lain. Katedral Santo Basil tidak begitu besar, ia terdiri dari sembilan kapel yang memiliki fondasi tunggal. Rancangan katedral ini mengikuti gereja-gereja beratap kerucut pada masa yang sama.

Gorky Park

Gorky Park adalah taman yang sangat luas. Saking luasnya, entah bisa berapa jam berjalan kaki mengelilingi Gorky Park. Tempatnya strategis, di dekat jembatan dengan pemandangan bangunan arsitektur Eropa yang berada di seberang sungai.

Gorky Park menjadi salah satu hiburan favorit yang selalu ramai kunjungan turis. Ada kios, kafe, restoran, tempat pameran, stadion olahraga, dan juga taman bermain. Biasanya, penduduk lokal Rusia menyukai tempat ini untuk bersepeda, bermain sepatu roda, maupun skateboard.