Site icon City Awesome

7 Rekomendasi Kain Khas Indonesia Yang Populer Selain Batik

Cityawesome.com – Kain khas Indonesia yang populer selain Batik. Indonesia memiliki bannyak perbedaan yang membedakan dengan negara lain. Salah satunya adalah keberadaan kain tradisional yang juga menjadi fashion bagi masyarakat. Jika selama ini kamu hanya mengenal Batik sebagai salah satu kain khas Indonesia.

Berikut ini akan di jabarkan mengenai beberapa kain khas Indonesia lainnya yang membuat siapapun menjadi kagum dengan hasilnya.

Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa koleksi kain tradisional khas Indonesia untuk kamu ketahui.

1. Kain Besurek

Kamu bisa memilih kain Besurek sebagai oleh – oleh saat berkunjung ke Bengkulu. Selain itu, kain yang satu ini juga memiliki motif kaligrafi serta kaya dengan kebudayaan Islam.

Secara umum proses pembuatan kain Besurek ini sama dengan batik Jawa. Hanya saja perpaduan warna yang di berikan oleh kain yang satu ini lebih banyak dan beragam.

2. Kain Sasirangan

Menjadi salah satu kain khasa Indonesia yang tidak pernah kekurangan pasarnya. Kain Sasirangan sendiri di buat oleh suku Banjar yang tinggal dan menetap di Kalimantan Selatan.

Yang menjadikan kain ini unik adalah motif nya yang menampilkan khas alam serta budaya Kalimantan. Selain itu kain ini terbuat dari bahan dasar kain katun yang nantinya akan di gambari berbagai aneka motif untuk selanjutnya di lakukan penyirangan yang sesuai dengan motifnya.

3. Kain Songket

Di buat langsung oleh masyarakat Minangkabau. Kain Songket di tenun menggunakan tangan dengan benang perak dan emas. Selain itu teknik pembuatannya juga terbilang unik yakni dengan di kaitkan serta mengambil sejumput kain tenunnya.

Selanjutnya baru benang emas ataupun benang peraknya bisa di selipkan. Kain yang satu ini banyak di pilih karena motif yang tersedia sangat beragam.

4. Kain Sutra Bugis

Menjadi salah satu koleksi kain tradisional yang banyak di pilih oleh masyarakat. Selain itu, benang yang di jadikan sebagai bahan baku dari kain ini adalah terbuat dari ulat sutra.

Kamu bisa melihat kain ini yang di padukan dengan berbagai pakaian tradisional Sulawesi Selatan. Selain itu sebeneranya kain yang satu ini emiliki motif yang unik. Di mana setiap motifnya memiliki makna tersendiri.

5. Kain Tapis

Merupakan salah satu kain khas Lampung yang biasa di buat menggunakan alat khusus. Selain itu, waktu untuk mengerjakan sulaman kain ini membutuhkana waktu yang cenderung lama bahkan hingga berbulan – bulan.

Kain Tapis sendiri memiliki warna yang tersusun dengan rapi mulai dari warna yang lebih gelap. Tidak hanya itu saja, penyulaman kain Tapis ini juga tidak meninggalkan benang emas sebagai pelengkap keindahan kain khas asal Lampung ini.

6. Kain Tenun Dayak

Merupakan salah satu hasil dari wanita Dayak yang menenun di waktu luang. Kain tenun khas Dayak di buat dengan menggunakan sebuah alat yaitu Gedok.

Selain itu biasanya waktu yang di butuhkan untuk membuat kain tenun Khas Dayak ini terbilang cukup lama. Nantinya kamu akan bisa melihat koleksi kain tenun yang satu ini dengan berbagai motif yang tersedia di dalamnya.

7. Kain Ulos

Menjadi salah satu kain khas Indonesia yang di buat oleh masyarakat Batak. Kain Ulos sendiri di buat dengan metode penenunan.

Selain itu kain yang satu ini sangat banyak di gunakan oleh masyarakat Batak untuk berbagai acara. Hal tersebut di karenakan kain ulos di percaya akan bisa memberikan kehangatan.

Nah itulah beberapa kain khasa Indonesia yang populer selain Batik. Pastikan kamu memiliki setidaknya 1 jenis kain khas Indonesia.***

Exit mobile version