Cityawesome.com – 7 Cagar Alam terbaik di Indonesia. Cagar alam merupakan suatu kawasan suaka alam yang khas dengan tumbuhan, hewan, beserta ekosistemnya yang di lindungi sekaligus perkembangannnya berlangsung secara alami.

Hingga kini, masih banyak orang Indonesia yang kurang memperhatikan lingkungan. Bahkan tidak jarang juga di antara kita yang masih sering melakukan perburan bahkan terhadap hewan langka sekalipun.

Untuk itu, kamu harus bisa lebih mengenal wisata cagar alam agar bisa lebih menjaga berbagai hewan beserta habitatnya. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa cagar alam terbaik di Indonesia yang bisa di jadikan pilihan untuk berwisata sambil belajar.

1. Cagar Alam Maninjau

Harimau menjadi salah satu hewan yangbsering mengalami perburuan liar di Indonesia. Hal tersebut di karenakan harimau di anggap mengganggu ketenangan pemukiman warga.

1. Cagar Alam Maninjau

Kamu bisa berkunjung ke kawasan Agam Sumatera Barat yang terdapat cagar alam di dalamnya. Di sana terdiri dari kumpulan binatang buas dan bunga yang langka termasuk harimau Sumatera dan Beruang madu.

2. Cagar Alam Anak Krakatau

Tempat yang memiliki sejarah menyedihkan ini menyisakan keindahan alamnya yang luar biasa. Kamu bisa mendaki gunung anak krakatau dengan pemandangan yang sangat eksotis.

7 cagar alam terbaik 2. Cagar Alam Anak Krakatau

Di lahan seluas 13ribu hektar ini, kamu bisa melihat sekaligus belajar mengenai 206 jenis jamur, 13 jenis lichenes, 61 tumbuhan paku, hingga sekitar 257 jenis spermatophyta.

3. Kebun Raya Cibodas

Berada di Cianjur, Jawa Barat. Kebun Raya Cibodas merupakan tempat konservasi tumbuhan. Di sana terdapat 4 kawasan yang sayang untuk dilewatkan mulai dari taman sakura, tanaman obat, taman lumut, bahkan hingga koleksi paku – pakuan.

3. Kebun Raya Cibodas

Bahkan di sana terdapat sekitar 6ribuan tanaman yang bisa kamu lihat keindahannya. Selain itu kamu juga bisa mengajak pemandu wisata untuk mengenalkanmu berbagai tanaman di sana.

Baca Juga:  7 Tempat Yoga yang Terkenal di Bali

4. Cagar Alam Karang Bolong

7 cagar alam terbaik 4. Cagar Alam Karang Bolong

Saat menelusuri lautan di Pantai Teluk Penyu Cilacap. Kamu bisa sejenak mampir ke cagar alam Karang Bolong. Menjadi tempat yang alami dengan luas sekitar 0.5 Hektare, kamu bisa menemukan beragam pantai dan juga gua yang jarang di temui di tempat lain. Namun untuk berkunjung kesana, pastikan kamu menyiapkan persediaan makan yang cukup.

5. Cagar Alam Kawah Ijen

Wisata cagar alam lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Cagar Alam kawah Ijen. Selain itu, wisata alam di sana memiliki luas sekitar 93 hektar yang sisanya di jadikan sebagai cagar alam.

 Kawah Ijen

Kamu akan melihat elang Jawa beserta beberapa tanaman langka yang di lindungi saat berada di kawasan cagar alam Kawah Ijen ini.

6. Taman Nasional Tanjung Puting

Menjadi tempat terbaik untuk dijadikan pilihan berwisata. Lokasi ini memliki luas sekitar 415ribu hektar dan terdiri dari berbagai ekosistem yang asli dan unik. Bahkan tempat ini juga sudah di anggap UNESCO sebagai cagar biosfer.

 Taman Nasional Tanjung Puting

Selain itu, di sana juga terdapat tanjung Puting yang di kenal sebagai konservasi orangutan terbesar di dunia. Populasi di dalamnya juga mencapai hingga 40ribu ekor. Kamu bisa berkunjung kesana untuk lebih mengenal dan bisa melindungi beragam populasi orangutan di manapun.

7. Cagar Alam Waigeo Barat

Jika kamu sedang berkunjung ke Raja Ampat, kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke Cagar Alam Waigeo Barat yang tepatnya berada di Papua Barat.

Waigeo Barat

Hanya saja untuk bisa kesana kamu harus menyewa speed boat dengan tarif Rp100ribu perorang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Dengan lahan seluas 95ribu hektar, kamu akan bisa melihat banyak hewan langka di dalam cagar alam yang di dominasi oleh hutan dan sungai kecil ini.

Baca Juga:  6 Kota Paling Aman Di Indonesia Untuk Dijadikan Tempat Berlibur

Nah, itulah 7 cagar alam terbaik di Indonesia yang wajib banget untuk kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup. Dari beberapa yang telah di jelaskan di atas, manakah yang membuatmu tertarik untuk mengunjunginya.***