Cityawesome.com – Fakta unik kota Padang. Padang merupakan sebuah kota terbesar di pantai barat pulau Sumatera yang sekaligus menjadi ibukota Provinsi Sumatera Barat. Kota ini menjadi pintu gerbang barat Indonesia dari Samudera Hindia.

Tidak hanya itu, secara geografi, kota Padang di kelilingi perbukitan yang mencapai ketinggian hingga 1.853 mdpl dengan luas wilayah 693,66 km2. Padang juga menjadi kota inti dari pengembangan wilayah metropolitan Palapa dengan jumlah penduduk sekitar 909.040 jiwa.

fakta unik kota padang

Nah, berikut ini adalah beberapa fakta unik kota Padang untuk kamu ketahui.

1. Rumah Gadang khas Minangkabau

Kota padang tentunya tidak terlepas dengan kekayaan budaya yang di miliki. Rumah khas Padang contohnya yang memiliki gaya arsitektur yang unik dengan bentuk puncak atap menyerupai tanduk kerbau.

The House of The Five Sense yang berlokasi di Belanda menjadi salah satu bangunan yang terinspirasi dari bangunan rumah Gadang. Hal ini di karenakan keunikan dan gaya arsitekturnya yang terbilang berbeda dengan yang lain.

rumah gadang

Meskipun zaman sudah mulai berubah, namun kamu masih bisa menemukan banyak rumah Gadang di sekitaran kota Padang dan sekitarnya. Mereka sama sekali tidak ingin meninggalkan adat budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

2. Banyaknya Destinasi Wisata

Jangan pernah ragu untuk berwisata ke kota ini. Mengingat banyak sekali destinasi indah mulai dari pantai, air terjun, lembah, danau, hingga wisata religi pun ada di sana.

Karena letaknya yang berada di pantai barat pulau Sumatera, tidak heran jika Padang memiliki wisata pantai yang indah dan populer. Beberapa pantai yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung kesana adalah Pantai Padang, Pantai Pasumpahan, dan juga Pantai Nirwana.

Baca Juga:  Wisata Air Grojogan Sewu, Harga Tiket, dan Mitos Didalamnya !

Selain itu masih ada lagi danau yang terkenal hingga mendunia yaitu danau Singkarak. Kamu bisa sesekali berkunjung kesana terutama saat sedang di adakan lomba sepeda internasional yang harus melewati danau ini.

3. Angkutan Umum yang Unik

Saat berkunjung ke kota Padang, mungkin kamu akan di kagetkan dengan banyaknya angkutan umum yang terlihat berbeda dengan yang pernah ada. Hal ini di karenakan angkutan umum yang ada di Padang banyak yang di modifikasi sedemikian rupa agar bisa menarik penumpang.

fakta unik kkota padang, angkutan umum

Beragam modifikasi di lakukan mulai dari di pasangnya stiker unik, full musik, dan bahkan beberapa angkutan umum tersedia majalah hingga TV di dalamnya. Kamu akan mendapatkan pengalaman berbeda saat naik angkutan umum yang berada di Padang.

4. Menjadi Perantau

Mungkin sebagian dari kamu memiliki teman yang bersuku Padang namun tidak tinggal di Padang. Hal ini di karenakan kebanyakan dari mereka memilih merantau untuk sekolah maupun bekerja.

Biasanya sebelum merantau, mereka di haruskan memiliki 2 keahlian terlebih dahulu yaitu memasak dan juga menjahit. Oleh karenanya tidak heran jika banyak orang Padang yang sukses dengan rumah makannya yang berada di kota lain.

5. Jam Gadang sebagai Icon

Selain rumah gadang yang khas dengan gaya arsitekturnya. Di kota Padang juga terdapat jam besar yang sekaligus menjadi icon provinsi Sumatera barat. Tidak hanya itu saja, bahkan di kabarkan bahwa mesin yang terdapat dalam jam gadang hanya ada 2 di dunia.

Namun uniknya dari jam gadang ini adalah penulisan angka 4 yang di tulis dengan angka romawi III.

jam gadang icon

6. Tidak terdapat Rumah Makan Padang

Berbicara soal nasi Padang, mungkin kamu akan terbiasa melihatnya berjejer di pulau Jawa. Namun akan berbeda jika kamu datang ke kota ini. Kamu tidak akan bisa menemukan rumah makan padang yang sudah terkenal seantero nusantara.

Baca Juga:  Menguak Keindahan Wisata Ollon Toraja, Akses Jalan Menantang !

Masyarakat Padang sendiri biasanya menjual makanan khas padang yang lebih spesifik di bandingkan masakan Padang itu sendiri. hal ini di karenakan masakan Padang sudah biasa di sajikan di rumah mereka masing – masing. Sehingga mungkin tidak akan laku jika mereka menjual masakan padang di daerah mereka sendiri.

7. Tidak tersedia Minimarket Asing

Saat berkunjung ke kota Padang, jangan berharap kamu bisa menemukan minimarket sekelas Indomaret dan juga Alfamart. Hal ini di karenakan pemerintah setempat memutuskan untuk memajukan UMKM lokal dan juga pedagang tradisional.

fakta unik kota padang minang mart

Oleh karenanya waralaba yang ada di kota Padang semuanya adalah hasil dari usaha lokal masyarakat yang di beri nama Minang Mart.

Itulah beberapa fakta unik yang terdapat di kota Padang. Dengan berkunjung ke negeri Minang ini tentunya akan memberikanmu pengalaman yang berbeda dan juga mempelajari keunikan yang ada di sana.***