wisata gunung everest

Untuk kalian para penggemar wisata pegunungan pastinya sudah tahu apa itu gunung Everest. Ini adalah satu-satunya gunung tertinggi di dunia yang mengundang para pendaki di seluruh dunia berlomba-lomba unutk datang dan mendaki puncaknya. Akan tetapi kalian yang belum berpengalaman dan tanpa peralatan yang memadai, jangan sekali-kali mencoba mendaki gunung ini. Faktanta wisata gunung Everest banyak menelan korban dari para pendaki.

Sebagai salah satu wisata pendakian yang ekstrim di dunia, wisata gunung Everest membutuhkan berbagai persiapan yang matang. para pendaki harus siap mental dan fisik. Seacara fisik tentu harus di siapkan mulai dari peralatan pakaian, dan juga berbagai kebutuhan logistik. Yang di hadapi di sana adalah suhu ekstrem dengan es abadi. Secara mental juga penting bahwa mendaki gunung bukanlah untuk menaklukkandan egoisme, akan tetapi bagaimana bersahabat, kerjasama, rendah hati, dan tetap tunduk pada alam.

Di bawah ini akan di jabarkan fakat-fakta menarik tentang wisata gunung Everest:

Merupakan Puncak Tertinggi di Dunia

Kita semua tahu bahwa Everest merupakan atapnya dunia dengan tinggi sekitar 8. 848 m. Letaknya di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Sebenarnya gunung tertinggi di dunia ada di bawah laut yaitu Mauna Kea di lautan Pasifik, Hawaii. Akan tetapi gunung ini sekitar 6.000 meter terletak di bawah laut dan 4.000 meternya berada di permukaan. Jadi otomatis Everest menjadi gunung tertinggi di dunia.

Masih Mungkin Meninggi

puncak wisata gunung everest

Bahkan menurut para geolog, gunung ini masih sangat muda sehingga ada kemungkinan untuk bertambah tinggi. usianya masih sekitar 60-70 juta tahun. Ilmuwan menghitung bahwa gunung ini menjadi lebih tinggi sepanjang 1/4 ichi setiap tahunnya.

Ada 18 Jalur Pendakian

Dengan cakupan wilayah yang sangat luas maka ada banyak sekali alternatif jalur pendakian unutk menuju puncak Everest. Tapi ada dua jalur yang paling populer dan seringmenjadi pilihan pendaki yaitu jalur Southeast Ridge dari Nepal dan jalur North Ridge dari Tibet.

Uniknya Suku Sherpa

suku sherpa

Suku ini dalah suku di Nepal yang berada di desa tertinggi di dunia. Mereka sudah terbiasa dengan lingkungan Everest yang sangat dingin. bahkan mereka juga membantu para pendaki yang ingin mendaki puncak Everest. Biasanya mereka memandu wisatawan, menyiapkan logistik, penunjuk arah, porter, dan lain sebagainya. Suku ini sangat kuat bertahan di lingkungan dingin dan olsigen tipis. Mereka juga biasa membawa barang berat sembari mendaki gunung.

Termasuk Dalam Seven Summit

Seven summit merupaka 7 gunung tertinggi di dunia yang sangat menarik unutk di daki dan di jelajahi. Ada berbagai macam pengalaman geologi, botani, alam, budaya, dan yang lainnya. Ketujuh gunung ini merupakan gunung yang terbentuk dari lempeng tektonik bumi.

Adapun gunung yang termasuk seven summit dunia yaitu Cartenz Pyramid di Papua, Elbrus di Rusia, Kilimanjaro di Tanzania, Aconcagua di Argentina, Vinson Massif di Antartika, Denali di Alskan, dan Everest di Nepal. Everest yang merupakan gunung tertinggi juga merupakan gunung yang paling sulit untuk di jelajahi.

Seperti Kuburan Orang Mati

green boots

Puncak Everest sering di kategorikan sebagai kuburan. banyak pendaki yang meninggal baik karena badai salju, fisik yang tidak mumpuni, ataupun kecelakaan yang lainnya. Jika ada rekan yang meninggal saat mendaki Everest maka di pastikan jasadanya akan sulit kembali karena medan yang sangat berat unutk evakuasi. Tidak jarang saat mendaki banyak di ketemukan jasad orang yang telah meninggal dan baru terlihat berada di bawah reruntuhan salju.

Selain hal ini masih banyak lagi fakta-fakta tentang wisata gunung Everest yang sangat berbahaya seperti oksigen yang tipis, persiapan yang berbulan-bulan, waktu ekspedisi selama 40 hari, banyak ancaman, dan lain sebagainya. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan orang yang ingin mendaki puncak Everest karena pengalaman menarik yang di tawarkan.

By Mita