seven summit everest

Bagi para pecinta alam, mendaki gunung bukan hanya sebagai tantangan yang harus merela taklukan. Ini adalah kegiatan menyenangkan yang terus memacu mereka untuk menjelajahi banyak gunung di seluruh dunia. Seven Summit mungkin menjadi salah satu mimpi terbesar bagi para pendaki. Lantas, gunung apa saja yang termasuk dalam daftar tersebut? berikut ulasannya. 

7. Gunung Cartenz atau Puncak Jayawijaya

seven summit

Gunung yang satu ini masuk dalam daftar seven summit karena ketinggiannya yang luar bisa. Bahkan, Puncak jayawijaya ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl (meter di atas permukaan laut.

Piramida Carstensz atau Puncak Jayawijaya merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari seven summits dunia yang berada di Provinsi Papua, Indonesia.

Mungkin, jika kamu memiliki keinginan untuk menaklukan gunung-gunung tertinggi di dunia, kamu bisa memulainya di Puncak Jayawijaya. 

6. Vinson Massif

vinson massif mountain

Gunung yang satu ini memiliki ketinggian 4.897 mdpl, Vinson Massif merupakan pegunungan besar di Antartika yang memiliki panjang 21 km. Tidak hanya itu, lebarnya bahkan mencapai 13 km. Vinson Massif terletak di dalam Rentang Sentinel yang ada di Pegunungan Ellsworth.

5. Mount Elbrus, Kaukasus

Seven summit selanjutnya adalah Mount Elbrus yang memiliki ketinggian hingga 5.642 mdpl. Elbrus sendiri merupakan sebuah gunung yang letaknya berada di sebelah selatan negara Rusia aatu sekitar perbatasan Georgia.

4. Kilimanjaro, Afrika

seven summit

Gunung yang satu ini mungkin sudah tidak asing. Ya, Kalimanjaro yang ada di Afrika memiliki ketinggian mencapai 5.895 mdpl, Kilimanjaro atau dahulu disebut dengan istilah atau nama  Kaiser-Wilhelm-Spitze ini merupakan sebuah gunung yang berada di kawasan timur laut Tanzania.

BACA JUGA: Fakta dan Mitos Gunung Kailash, Gunung Suci di Dunia

3. Gunung McKenley, Denali

Gunung yang satu ini memiliki ketinggian hingga mencapai 194 mdpl. Puncak tertinggi yang juga terkenal dengan sebutan Gunung McKenley ini merupakan gunung paling tinggi di Amerika Utara. Apakah kamu siap untuk mendakinya?

2. Aconcagua, Amerika Selatan

seven summit

Gunung Aconcagua yang terletak di Amerika Selatan ini memiliki ketinggian hingga mencapai 6.959 mdpl, Aconcagua merupakan sebuah gunung yang lokasinya berada di Argentina, dekat perbatasan Chili. Gunung yang satu ini merupakan puncak kedua tertinggi yang ada di seluruh dunia. Pixabay

1. Mount Everest, Tibet

mount everest

Nama gunung yang satu ini juga tentu sudah terkenal di seluruh dunia, Mount Everest. Ketinggiannya mencapai 8.850 mdpl. Bahkan gunung yang berada di negara Nepal ini menjadi puncak tertinggi di dunia. Gunung ini juga membentang begitu luas, lebih tepatnya berada di perbatasan Tibet dan Nepal. Puncaknya sendiri berada di Tibet.

BACA JUGA: Wisata Gunung Everest Puncak Tertinggi di Dunia

By Intan