wisata gunung bromo

Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler yang ada di Indonesia. Letaknya di Kabupaten Malang Jawa Timur. Wisata ini cukup populer karena gunung Bromo memiliki banyak spot menarik untuk di jelajahi. Gunung ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sehingga jika kamu ingin menjelajahinya juga harus memperhatikan norma-norma dan menjaga lingkungan sekitar.

Bromo dalam bahasa jawa juga di sebut dengan Brama yaitu objek wisata gunung yang menawarkan pemandangan alam yang unik dan natural. Anda bisa melihat perbukitan yang menghijau dengan rumput savana, mengelilingi lautan pasir yang membentang luas, hingga menikmati sunrise dari puncak gunung yang menakjubkan.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata gunung Bromo yang dapat Anda kunjungi yaitu:

1. Pasir Berbisik

Tempat wisata di Bromo yang pertama adalah pasir berbisik. Sebelum sampai ke kawah Gunung Bromo, Anda akan di sambut dengan hamparan pasir yang cukup luas. Hamparan pasir ini di beri nama dengan sebutan pasir berbisik. Daerah pasir ini sering juga di sebut dengan daerah gurun.

Areanya cukup luas, pengunjung bisa dengan mudah mengambil spot terbaik untuk berfoto. Selain itu, di pasir berbisik ini kamu juga dapat menikmati kegiatan lain, seperti mengendarai motor trail, menunggangi kuda, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di sebelah timur puncak Bromo.

2. Kawah Bromo

kawah bromo

Ini merupakan titik wisata utama yang ada di gunung Bromo. Hampir semua orang yang datang berkunjung biasanya mengunjungi kawah untuk melihat kepulan asap kepundan dari belerang kawah Bromo. Akan tetapi banyak wisatawan yang kadang tidak sanggup untuk naik ke atas bukit sehingga mereka tidak mengunjungi area kawah. Untuk sampai di sini juga di perlukan stamina yang cukup baik karena mendaki tangga menuju ke puncak.

Jika tidak sanggup untuk berjalan kaki, maka Anda dapat menyewa kuda hingga mencapai titik terakhir tangga dan berjalan kaki menaiki tangga menuju keatas.

3. Bukit Teletubies

Bukit ini merupakan bukit hijau asri yang memang bisa membuat mata terasa sejuk. Di sini ini Anda bisa menikmati hamparan perbukitan yang menghijau. Nuansa di sekitar bukit menjadi begitu eksotis dengan pendaran sinar mentari yang baru muncul dari ufuk timur.

Kesempatan ini cukup menarik karena nuansa hijau yang bertemu dengan kuning keemasan dari sinar matahari menghasilkan perpaduan warna yang menakjubkan. Adanya hamparan sawah yang luas, perbukitan, latar belakang Gunung Bromo dan dataran tinggi merupakan perpaduan sempurna dalam bingkai foto yang bisa Anda ambil sembari menyempatkan diri berburu sunrise di Bukit Teletubbies.

4. Pura Luhur Poten

pura luhur poten

Pura Pura Luhur Poten menampilkan sosok kesepian di Laut Pasir, yang di bayangi oleh gunung berapi Gunung Bromo menambah karakter dramatisnya. Merupakan milik masyarakat Tenger, salah satu peninggalan terakhir Kerajaan Hindu Majapahit pada abad ke-16. Umat Hindu di Bali juga melarikan diri dari pasukan yang sama dan merupakan sepupu jauh dari suku Tengger.

Suku Tenger mengadakan festival tahunan di mana persembahan & korban hewan hidup di lemparkan ke kawah gunung berapi untuk menenangkan dewa mereka. Festival Yadnya Kasada ini adalah puncak dari kalender lokal yang melibatkan tetua dan warga desa berpakaian warna-warni melakukan mantra. Saat inilah banyak wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan prosesi adat.

5. Bukit Savana

Jika Anda berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jangan lewatkan untuk mengunjungi padang rumput Savana Bromo. Tempat ini merupakan taman alam yang terletak di selatan Gunung Bromo di sebuah lembah hijau dengan tebing-tebing tinggi dan beberapa pegunungan kecil.

Padang Rumput Savana Bromo di sebut juga Lembah Jemplang oleh masyarakat Suku Tengger. Di tempat ini Anda bisa menemukan hamparan Padang Rumput Savana Bromo yang sangat luas dengan perbukitan hijau di dalamnya yang akan membuat Anda merasa tenang di tempat yang indah ini.

By Mita