tips liburan murah

Tips liburan murah memang perlu di cari agar mendapatkan harga terbaik dalam berwisata. Sebetulnya berwisata atau liburan adalah suatu pilihan. Jika ingin lebih nyaman, maka kamu dapat menggunakan berbagai macam fasilitas dan membuat perjalanan menjadi mudah.

Akan tetapi sekali lagi, tingkat kenyamanan setiap orang berbeda-beda. Ada yang nyaman traveling dengan menginap di tenda, akan tetapi ada juga yang tidak. Ada yang nyaman berjalan kaki dan naik transportasi umum, ada juga yang lebih nyaman saat menyewa kendaraan. Semuanya bergantung kepada orang tersebut.

Artikel ini akan membahas mengenai tips liburan murah ke luar negeri ala backpacker tapi tetap seru. Simak artikelnya berikut ini.

Liburan saat low season

Liburan saat bukan musim libur akan membuat kamu lebih mudah dan juga lebih murah saat memesan tiket, hotel, dan juga kelengkapan lainnya saat perjalanan. Tidak di pungkiri lagi bahwa saat high season permintaan untuk tiket, hotel, dan lain sebagainya akan sangat tinggi sehingga harganya menjadi naik. Nah, saat kamu memesan dengan di musim ramai maka kamu tidak akan mendapatkan harga yang rendah.

Jika memungkinkan pilih liburan saat low season meski mungkin kamu harus berjuang untuk mengambil cuti bagi yang bekerja. Biasanya saat tidak ramai harga tiket, hotel, dan kelengkapan lainnya akan lebih murah. Selain itu kamu juga tidak perlu berdesakan di tempat wisata karena sangat ramai.

Pilih negara yang bebas visa

no visa

Ada beberapa negara yang memberikan bebas visa atau visa on arrival untuk negara Indonesia misalnya Hong Kong, Maldives, Nepal, dan lain sebagainya. Atau mungkin kamu dapat mencoba menjelajah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei, Laos, dan yang lainnya. Karena negara Asia Tenggara tentunya bebas visa maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengurusan visa.

Akan tetapi, jika kamu memiliki keinginan untuk mengunjungi negara yang memerlukan visa, maka kamu dapat menyiasati di budget menginap dan transportasi. Kamu tetap bisa liburan murah kok meski ke negara yang memerlukan visa.

Menggunakan promo

travel promo

Terkadang kamu memiliki beberapa promo-promo menarik saat memiliki akun tertentu. Bisanya mereka menawarkan promo berupa makanan, tiket bepergian, atau yang lainnya. Sebenarnya ada baiknya kamu mengetahui berbagai promosi yang di miliki baik itu kartu kredit, internet banking, keanggotaan miles maskapai, dan lain sebagainya.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi online travel agent (OTA), atau travel fair yang di lakukan oleh beberapa maskapai penerbangan juga akomodasi. Kamu bisa memanfaatkan promo dari mereka sehingga budget traveling juga menjadi lebih murah.

Menggunakan transportasi umum

Jika kamu mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara misalnya kamu dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, MRT, atau berjalan kaki. Misalnya seperti di Singapura, kamu dapat membeli tiket sekali jalan untuk segala macam transportasi. Selanjutnya kamu dapat melanjutkan dengan berjalan kaki.

Jika menggunakan taksi atau sewa mobil di lokasi tentu biayanya akan cukup mahal dan membengkak. Maka dari itu kamu bisa menggunakan transportasi umum. Akan tetapi, kamu harus tau dan banyak mencari informasi tentang tempat tersebut. Jangan takut bertanya kepada orang lokal atau petugas setempat. Sesuaikan juga transport dengan itinerary yang kamu susun.

Cari penginapan murah

hotel kapsul tips liburan murah

Sekarang ini banyak tersedia penginapan murah misalnya hostel, hotel kapsul, dormitory, sewa rumah atap, dan lain sebagainya. Ada berbagai cara di lakukan para pengusaha penginapan untuk bisa memberikan pelayanan di segala budget. Akan tetapi, saat memilih penginapan sesuaikan juga dengan tempat yang ingin kamu kunjungi.

Kamu juga dapat memanfaatkan diskon yang di tawarkan oleh online travel agent (OTA). Tapi tentunya, saat menginap kamu harus mengetahui standar kenyamanan kamu sendiri. Janngan sampai mencari budget murah saat traveling akan tetapi malah menyiksa diri. Sehingga liburan kamu pun tidak maksimal.

By Mita