Cityawesome.com – Menjelang akhir tahun pasti banyak dari kita yang sudah menyusun rencana untuk berlibur bersama orang terkasih. Namun yang harus kamu tahu, pandemi covid 19 di negara kita belum juga usai. Hal ini akan menyebabkan resiko penyebaran virus yang meningkat. Tapi bagaimana mensiasati liburan akhir tahun yang aman dan tetap bisa mengurangi resiko penyebaran virus?

Kalau kamu udah suntuk banget dari aktifitas pekerjaan yang bikin stres dan ingin liburan. Menjelang akhir tahun ini kamu masih tetap bisa menikmati liburan namun tetap dalam keadaan aman. Tapi sebelum itu, pastikan kamu berlibur dalam keadaan fisik yang sehat ya. Karena virus mudah menyebar kepada orang yang sedang sakit atau bahkan kurang enak badan.

Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini.

Pilih Liburan Akhir Tahun Di Tempat Terbuka

Jika kamu memaksa ingin liburan menjelang akhir tahun ini, pastikan kamu memilih liburan di tempat yang terbuka. Hal ini untuk meminimalisir virus yang bisa menyebar dengan cepat.

Liburan Akhir tahun di tempat terbuka

Kamu bisa memilih destinasi pantai, atau tempat rekreasi keluarga yang terbuka dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain untuk mengurangi penyebaran virus yang cepat. Liburan di alam terbuka juga gak kalah seru dan pastinya keindahan alam akan selalu memanjakan mata kita.

Cari Destinasi Yang Sepi Pengunjung

Selain memilih tempat liburan di alam terbuka. Kamu juga harus mencari tempat liburan yang sepi pengunjung. Jika sekiranya destinasi yang sudah kamu rencanakan ternyata sedang ramai pengunjung. Sebaiknya kamu urungkan niat untuk berlibur ke tempat tersebut dan coba untuk beralih ke destinasi yang lainnya.

liburan akhir tahun di tempat yang sepi

Selalu Menjaga Kebersihan

Sebenarnya menjaga kebersihan memang menjadi hal wajib yang harus di perhatikan bahkan meskipun virus covid 19 sudah hilang. Karena selain untuk kesehatan, kebersihan dapat berpengaruh juga kepada perasaan kita.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Bali Menarik 2019

Selalu menjaga kebersihan dengan sering mengganti pakaian yang sudah dipakai saat berkeliling. Dan juga langsung mencuci bekas makan yang sudah kita bawa dari rumah. Jangan malas mandi setelah asyik bertamasya.

Satu hal lagi yang terpenting adalah Jangan menggunakan barang milik orang lain, dalam artian jangan barengan. Sebaiknya gunakan barang seperti tempat makan masing – masing.

Hindari Berkerumun Saat Liburan Akhir Tahun

hindari kerumunan

Kamu juga harus menghindari kerumunan saat sedang berlibur. Menjaga jarak antar sesama pengunjung itu penting banget. Kalau kamu sedang mengantri untuk menikmati wahana atau sekedar membeli makanan. Pastikan kamu mengantri dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan orang lain.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Terakhir yang harus kamu ingat adalah tetap mematuhi protokol kesehatan. Mematuhi protokol kesehatan sekarang menjadi wajib hukumnya ya heheheh. Jangan ketinggalan masker sekali pakai. Bila perlu kamu memakai 2 masker sekaligus untuk meminimalisir penyebaran virus. Selain masker, barang yang gak boleh ketinggalan adalah hand sanitizer. Jadi pastikan kedua barang itu sudah masuk ke tas kamu yaa.

patuhi protokol kesehatan

Nah itu tadi adalah hal yang harus kamu ingat sebelum pergi liburan di akhir tahun ini. Tapi bila di rasa kamu ragu untuk pergi liburan sebaiknya jangan memaksakan. Dan juga jika partner liburan kita sedang sakit sebaiknya jangan memaksa untuk mengajaknya. Akan lebih baik lagi jika kamu dan partner liburanmu sudah mendapatkan vaksin covid 19. Selebihnya kita sama – sama berharap agar pandemi ini segera berakhir. Sehingga kita bisa melancong lagi menikmati surga tersembunyi di negeri kita yang gak boleh di lewati.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Wisata Edukasi Di Indonesia : Pasti Dapat Ilmu Baru!