Cityawesome.com – Kalau kamu lagi mau liburan ke Turki atau bahkan sedang melakukan perjalanan ke negara ini jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Meskipun beberapa ada yang bisa kamu temui di negara kita. Namun menikmati langsung di negaranya lebih membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Saat kamu berkunjung ke Turki, kamu akan dengan mudah menjumpai makanan khas Turki yang di jual di pasar, kawasan perbelanjaan, dan tentunya banyak di kawasan wisata.

Turki di kenal sebagai negara penghasil kuliner-kuliner bercita rasa istimewa. Berkat masakan khas Turki yang jumlahnya sangat banyak dan rasanya enak-enak, Turki mendapat julukan sebagai surga kuliner bagi setiap wisatawan yang datang untuk berlibur. So, apa aja nih makanan khas Turki yang gak boleh ketinggalan saat kamu berlibur kesana?

1. Kofte

Köfte adalah kudapan berbahan dasar daging giling yang di panggang atau di goreng dengan berbagai bentuk. Makanan ini menjadi salah satu makanan favorit khas negara Turki. Kofte juga memiliki bentuk yang berbeda – beda. Ada yang panjang dan tipis, ada yang berbentuk bola, ada yang bentuknya bulat pipih dan ada juga köfte yang menggunakan bahan dasar lainnya seperti bulgur.

Kofte - makanan khas turki

Makanan ini banyak di jual oleh pedagang kaki lima. Tapi yang pasti pesona Kofte ini gak perlu di ragukan lagi. Kamu harus banget nyobain makanan khas yang satu ini. Bahkan gak jarang juga Kofte di jual dengan menggunakan gerobak dorong. Kalau di sini mungkin seperti cilok ya pake gerobak hehehe.

2. Roti Pide

Roti pide

Berbeda dengan Kofte yang memiliki berbagai macam bentuk. Roti Pide memiliki bentuk yang pipih. Selain itu Roti Pide juga populer sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Biasanya Pide di sajikan menjelang berbuka puasa selagi hangat. Bahkan orang – orang rela mengantri panjang saat menjelang berbuka puasa untuk bisa mendapatkan roti Pide yang masih hangat.

Baca Juga:  6 Destinasi Wisata Kapal Pesiar Populer di Turki

3. Makanan Khas Kebab Turki

kebab turki

Kalau makanan yang satu ini banyak juga kita jumpai di Indonesia. Kebab terdiri dari kulit Tortila yang diisi dengan daging panggang. Selain daging, kebab juga berisi sayuran salad, paprika, dan saus. Meskipun kebab banyak kita jumpai di Indonesia, pastinya kebab asli Turki memiliki cita rasa yang berbeda. Kamu gak boleh ketinggalan mencicipi kebab langsung di negaranya ya.

4. Makanan Khas Turki Sucuk

Selain Roti Pide yang merupakan hidangan khas untuk berbuka puasa. Makanan khas lainnya yang menjadi hidangan favorit saat menelang berbukan puasa adalah Sucuk. Namun sebetulnya makanan ini tidak hanya di jadikan makanan untuk berbuka, tetapi juga sebagai menu sarapan.

sucuk makanan turki

Sosis pada sujuk biasanya di hidangkan bersama bahan lain semisal roti, keju, telur rebus, tomat, timun, dan zaitun. Sujuk sendiri mempunyai banyak jenis bahan pendamping sosis yang kemudian mempunyai nama berbeda sesuai bahan pendamping tersebut, seperti sucukku yumurtu, sucuk ekmek dilimeri, yumurtah sucuklu pide, dan sucuk mangal. Untuk sosisnya sendiri bukanlah sosis seperti yang biasa di makan oleh masyarakat Eropa. Sosis untuk sujuk terbuat dari campuran daging sapi giling, bawang bombai, jintan hitam, sumac, garam, dan merica.

5. Dondurma

Sekilas dondurma tampak seperti es krim berbahan dasar susu di negara lain. Tetapi es krim ini ternyata memiliki tekstur yang cukup berbeda dengan kebanyakan es krim di negara-negara lain. Dondurma cukup lengket dan tidak mudah meleleh.

Dondurma

Penyebabnya adalah bahan tambahan yang di gunakan untuk mengentalkan es. Jika es krim biasanya di tambah dengan kuning telur atau maizena sebagai pengental, di Turki dondurma ditambahkan dengan salep dan getah pohon mastic. Salep adalah sejenis tepung yang terbuat dari anggrek ungu (orchis mascula) yang sekarang sudah mulai susah dicari di Turki karena eksploitasi besar-besaran.

Baca Juga:  Kuliner Khas Turki Bercitarasa Tinggi

6. Kokoretsi

makanan khas turki kokoretsi

Kokoretsi adalah makanan khas Turki yang halal yang terbuat dari bahan baku daging. Daging yang dipilih untuk membuat kokoretsi bukanlah daging ayam maupun sapi melainkan daging domba atau kambing yang di olah bersama jeroannya. Kokoretsi atau kokorek juga tak jarang menggunakan usus domba atau kambing. Semua bahan tersebut dberi bumbu yang terbuat dari racikan minyak zaitun, garam, lada, oregano, dan perasan lemon.

7. Makanan khas Simit Turki

makanan khas turki simit

Setiap orang yang berkunjung ke Turki pasti menemukan pengalaman baru saat melakukan jelajah kuliner. Seperti ketika mengunjungi Istanbul, mereka akan mendapati cukup banyak penjual makanan khas Turki yang bentuknya mirip seperti donat dengan tampilan yang lebih menarik.

Di karenakan bentuknya yang menyerupai donat, orang-orang menjulukinya dengan donat Turki. Padahal, nama asli makanan tersebut adalah simit.