liburan di masa pandemi

Liburan memang menjadi salah satu cara untuk melepas rasa stress dan lelah selama bekerja. Namun, beda dengan tahun-tahun sebelumnya, kamu perlu menyiapkan berbagai hal untuk menyesuaikan liburanmu di saat new normal seperti sekarang. Jadi, liburan pun gak akan was-was dan kesehatan bisa terjaga. Berikut tips liburan di masa pandemi untuk kamu.

1. Siapkan semua hal yang kamu perlukan sebelum liburan

Jangan sampai liburan menjadi kacau karena ada barang yang tertinggal. Persiapkan apa yang kamu butuhkan, dari mulai baju sampai obat-obatan jika memang kamu memerlukannya. Jangan lupa untuk memeriksa kembali barang bawaan kamu dan pastikan sudah tidak ada yang tertinggal. Dengan begitu, liburan akan lebih aman dan terkendali karena barang bawaan sudah kamu siapkan dengan baik. 

2. Menyewa mobil

tips liburan di masa pandemi

Kereta dan pesawat mungkin penuh terutama jika sedang musim liburan. Ini membuat penerapan jaga jarak sulit untuk kamu terapkan. 

Tidak ada salahnya untuk pertimbangkan menyewa mobil. Ini akan lebih aman karena kamu tidak berdekatan dengan orang banyak di kendaraan umum. 

3. Tes Rapid atau Genos jika menggunakan kendaraan umum

Salah satu hal wajib yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat liburan menggunakan kendaraan umum, terutama ke luar kota dan keluar negeri adalah melakukan tes rapid atau genos terlebih dahulu. Kamu harus memastikan jika kamu dalam keadaan sehat sehingga tidak membahayakan bagi orang lain. Peraturan ini juga wajib untuk kamu lakukan jika bepergian menggunakan kereta atau pesawat. 

4. Jangan lupa pakai masker

masker

Meskipun menggunakan masker mungkin merepotkan bagi semua orang, namun pastikan untuk tetap menggunakannya. Ini demi kesehatan kamu dan orang-orang sekitar dari ancaman COVID-19. Seperti yang kita tahu, virus ini dapat sangat berbahaya. Jika kamu berpikir kamu masih muda, dan daya tahan tubuhmu baik, lantas membenarkan tindakan tak menggunakan masker, ketahuilah ini hal yang keliru. Ingat bahwa kamu juga bisa menularkan orang lain, dan membuat mereka terancam kesehatannya. 

Jangan lupa untuk menggunakan masker yang sesuai dengan standar. 

BACA JUGA: 5 Tips Liburan Murah di Thailand

5. Selalu bawa hand sanitizer

Tips liburan di masa pandemi selain masker, hal lain yang wajib kamu bawa selama liburan di masa pandemi adalah membawa hand sanitizer. Jangan lupa untuk menggunakannya setelah kamu menyentuh benda-benda di sekeliling kamu. 

Pastikan hand sanitizer  yang kamu pilih cukup efektif dan memenuhi standar keamanan. Pilihlah pembersih tangan atau hand sanitizier yang kamu gunakan mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Baik kamu sudah divaksin atau belum, menyimpan sebotol kecil pembersih tangan di dekatmu bisa membuat risiko terkena virus COVID-19 menjadi lebih kecil. 

6. Pertimbangkan akomodasi pribadi

tips liburan di masa pandemi

Jika hotel, hostel, atau resor biasanya merupakan akomodasi pilihan kamu ketika liburan, sekarang mungkin saat yang tepat untuk mempertimbangkan sesuatu yang berbeda.

Memesan seluruh rumah, pondok, atau apartemen mandiri adalah pilihan yang lebih aman bagi kamu baik yang sudah divaksin dan yang belum.

BACA JUGA: 4 Tips Backpacking di Kawasan Asia Tenggara

By Intan