Cityawesome.com – Fakta menarik suku Betawi. Menjadi salah satu bagian dari suku bangsa Indonesia. Betawi memiliki berbagai kebudayaan yang hingga kini masih terus di lestarikan. Selain itu kebanyakan penduduk suku Betawi sendiri tinggal dan menetap di wilayah Jabodetabek bahkan sejak abad ke 17.

Biasanya saat berlangsung sebuah acara, kebudayaan Betawi akan di hadirkan dengan keunikan tersediri dan membuat banyak wisatawan yang tertarik. Nah untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa fakta menarik dari kebudayaan Betawi untuk kamu ketahui.

1. Roti Buaya

fakta menarik suku betawi roti buaya

Jika berbicara mengenai kuliner dari suku Betawi, tentunya Roti Buaya tidak bisa di tinggalkan begitu saja. Bahkan hingga kini banyak pengantin Betawi yang menggunakan roti buaya sebagai seserahan saat pernikahan.

Selain itu roti buaya sendiri dalam suku Betawi memiliki arti kesetiaan dan keberuntungan untuk pasangan yang baru menikah. Yang membuat roti ini menarik adalah sesuai dengan namanya di mana roti ini memiliki bentuk seperti Buaya.

2. Tanjidor

fakta menarik suku betawi tanjidor

Kesenian khas Betawi yang tidak ada matinya hingga saat ini adalah Tanjidor. Selain itu biasanya Tanjidor di mainkan secara bersama – sama alias berkelompok di berbagai acara. Tanjidor sendiri terdiri dari srum, simbal, klarinet, tambur, bass, saxophone, trombone, dan juga piston.

Bahkan pemain Tanjidor juga akan menggunakan pakaian adat Betawi saat tampil di pementasan. Untuk kamu ketahui, Tanjidor menjadi kesenian khas Betawi yang sudah ada sejak abad ke 19.

3. Lenong

fakta menarik suku betawi lenong

Salah satu kebudayaan Betawi yang cukupp populer adalah lenong. Di mana Lenong sendiri merupakan kesenian teater yang di lakukan dengan Logat Betawi. Selain itu biasanya lenong sendiri di pertunjukan di atas panggung berbentuk tapal kuda dan di dekorasi dengan hiasan yang khas dan tradisional.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Tempat Dugem yang Populer dan Seru di Bandung

4. Ondel-ondel

ondel - ondel

Kebudayaan Betawi yang cukup populer di Indonesia adalah ondel – ondel. Selain menjadi kebudayaan khas, ondel – ondel juga sekaligus menjadi ikon dari DKI Jakarta. Bahkan kebudayaan yang satu ini sudah ada sejak abad ke 16.

Di mana ondel – ondel sendiri berbentuk boneka raksasa yang menggunakan pakaian adat khas Betawi yang di lambangkan untuk mengusir roh jahat. Jika kamu berlibur ke Jakarta untuk waktu beberapa hari, bisa di pastikan kamu menemukan ondel – ondel yang menghibur di jalanan.

5. Nyorong

fakta menarik suku betawi nyorong

Fakta menarik kebudayaan Betawi lainnya adalah Nyorong. Di mana kebudayaan ini biasanya di adakan saat bulan Ramadhan. Selain itu Nyorong sendiri di lambangkan sebagai simbol untuk menjaga tali silaturahmi kepada orang terdekat.

Nantinya saat bula Ramadhan, penduduk Betawi yang lebih mudah akan berkunjung ke keluarga yang lebih tua dengan membawa bingkisan.

6. Palang Pintu

palang pintu

Jika kamu pernah melihat pernikahan adat Betawi, mungkin kamu tidak asing dengan istilah Palang Pintu. Di mana nantinya keluarga pihak wanita akan menantang keluarga pihak pria untuk menunjukan keahlian beladiri.

Selain itu biasanya di dalam pertunjukan tersebut tidak hanya untuk menunjukan keahlian silat, melainkan juga mereka akan beradu pantun.

7. Tari Lenggang Nyai

tari lenggang nyai

Menjadi kesenian budaya Betawi yanng masih terus di lestarikan. Tari Lenggang merupakan tarian yang sudah ada sejak tahun 1998 yang cukup populer dan sering di pertunjukan di berbagai acara. Biasanya tari Lenggang Nyai sendiri akan di bawakan oleh 4 hingga 6 orang dengan gaya tarian yang terbilang unik.

Itulah beberapa fakta menarik dari kebudayaan suku Betawi yang bahkan hingga saat ini masih terus di lestarikan. Pastikan kamu mengetahui berbagai kebudayaan Betawi secara langsung saat berlibur ke ibukota Jakarta.***