Site icon City Awesome

5 Wisata Kuliner Bukittinggi Padang, Wajib Cicipi

wisata kulier bukittinggi kapau

Bukittinggi merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat yang menyimpan banyak tempat wisata menarik. Selain wisata alam, wisata kuliner Bukittinggi juga layak untuk Anda coba. Ada beragam jenis makanan khas yang dapat Anda jumpai di Bukittinggi, terutama di kawasan pasar tradisional dan sekitar kawasan wisatanya.

Wisata kuliner di Bukittinggi sangat beragam, mulai dari mencoba makanan-makanan pedas hingga jajanan tradisional dengan cita rasa manis. Tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata kuliner Bukittinggi kebanyakan berada di pusat kota, kawasan wisata Lubang Jepang, Pasa Ateh, dan di Ngarai Sianok.

Wisatawan dapat mencoba aneka kuliner Bukittinggi yang sudah sangat legendaris seperti pical dan nasi kapau. Bukittinggi juga menjadi asal dari olahan ayam yang sangat populer yakni ayam pop. Daerah ini memang menawarkan banyak kuliner lezat, namun ada beberapa yang menjadi favorit untuk rekomendasi wisata kuliner Bukittinggi seperti berikut.

Nasi Kapau

Ada banyak warung nasi kapau recommended di Bukittinggi Sumatera Barat. Hampir semua penjual nasi kapau di lokasi wisata selalu ramai pembeli. Kalau Anda sedang berada di pusat kota Bukittinggi, Anda bisa ke Pasar Ateuh (atas) di Los Lambuang yang tidak jauh dari monumen Jam Gadang.

Yang paling laris manis dikunjungi wisatawan adalah warung Uni Lis. Tapi kalau tak tahan antrean panjangnya, warung nasi kapau di kios lain juga sama enaknya, kok. 

Jika Anda berniat mencicipi nasi kapau oleh orang asli sana, kamu harus mampir ke Kapau Nagari, Kabupaten Agam, sekitar 6 kilometer dari pusat kota Bukittinggi. Anda akan mencicipi lezatnya lauk pauk bumbu balado dan sayur khas nasi kapau yang berbeda dari makanan Padang pada umumnya.

Ayam Pop

Family Benteng Indah dapat menjadi rekomendasi pilihan untuk Anda berburu ayam pop di Bukittinggi. Hidangan asli tanah Minang ini sudah sangat populer dengan ciri khas ayamnya yang berwarna putih.

Ayam kampung yang menjadi bahan utama ayam pop ini tidak menggunakan bumbu yang terlalu banyak. Sebelum digoreng, ayam direbus terlebih dahulu hingga matang. Proses menggoreng ayam pop sangat sebentar sehingga warna dagingnya tetap putih dan tidak terlalu garing.

Daging ayam pop khas Bukittinggi ini lembut dan sangat menggugh selera. Penyajian ayam pop biasanya menggunakan sambal merah yang pedas dan sedikit asam. Sambal untuk ayam pop terbut dari bahan-bahan yang terdiri dari cabai merah, tomat, kayu manis, daun jeruk, dan ada juga yang menambahkannya dengan petai.

Itik Lado Mudo

Artinya bebek masak sambal hijau. Ada dua cara memasaknya, yakni menjadi rendang (balado) atau gulai. Semuanya lezat. Surganya pecinta makanan pedas ada di sini. Itik lado mudo adalah makanan yang wajib Anda coba terutama bagi Anda pecinta pedas. Selain rasa pedas yang nikmat, daging bebeknya pun tidak amis. Proses memasak dagingnya masih menggunakan proses tradisional yaitu menggunakan kayu bakar, menjadikan cita rasanya khas dan lezat.

Yang cukup terkenal di kalangan turis adalah warung itiak balado mudo di Ngarai Sianok. bayangan saja pedasnya bebek goreng berbalut cabe hijau rawit berpadu dengan sepiring penuh nasi putih hangat.

Pical Ayang

Pical ayang di Bukittinggi dapat menjadi rekomendasi pilihan untuk wisata kuliner yang murah dan enak. Makanan ini menjadi menu makanan yang wajib Anda coba saat berada di Bukittinggi. Berbahan dasar sayuran seperti olahan pecel pada umumnya, namun pical ini juga menggunakan rebusan daun singkong, rebung, dan jantung pisang.

Pical dapat dinikmati bersama lontong dengan harga yang terjangkau. Selain pical, tersedia juga beberapa menu lain seperti lontong sayur, bubur kampiun, ketan sarikaya, dan bubur candil.

Kopi Kawa Daun

Menikmati kopi khas Bukittinggi, sensasinya agak berbeda dengan kopi biasa. Kopi kawa tidak menggunakan bubuk kopi untuk diseduh, melainkan daunnya. Penyajiannya cukup unik, yakni menggunakan batok kelapa.

Tampilannya seperti teh berwarna hitam pekat, tetapi citarasa kopinya masih ada. Biasanya dipadukan dengan susu sebagai campurannya. Buat yang gak suka minum kopi, minuman ini pas banget. Banyak kafe di pusat kota Bukittinggi yang menjual kopi ini.

Exit mobile version