makanan khas korea

Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Selatan menjadi lebih terkenal karena drama dan musiknya. Hal ini ternyata berdampak luas, termasuk pada makanan. berbagai makanan lezat yang tampil pada drama korea sering kali bikin penasaran dan ngiler. Alhasil, banyak orang tertarik untuk mencobanya. Berikut makanan khas korea yang wajib kamu coba

1. Hoeddeok

Hoeddeok

Makanan yang satu ini sering mendapat julukan sebagai versi pancake Barat yang lebih manis, hoeddeok, atau kadang-kadang memiliki ejaan sebagai hotteok, adalah makanan jalanan Korea yang populer, terutama selama musim dingin. Ini pada dasarnya adalah adonan bulat pipih yang memiliki isian dengan campuran kayu manis, madu, gula merah, dan potongan kecil kacang tanah. Kelezatannya memiliki eksterior yang renyah dan interior lembut serta rasa yang tak tertahankan.

2. Bulgogi makanan khas Korea

makanan khas korea

Hidangan berair dan gurih dari daging sapi panggang yang diasinkan. Bulgogi adalah salah satu hidangan daging Korea paling populer di seluruh dunia, dan menduduki peringkat ke-23 sebagai makanan paling enak di dunia menurut jajak pendapat pembaca CNN Travel pada tahun 2011. Ini umumnya juga melalui proses pembakaran dengan bawang putih dan irisan bawang bombay untuk menambah rasa pada daging. Dagingnya dapat kamu makan terbungkus dengan selada. Makanan ini dapat kamu santap secara tradisional dengan ssamjang (pasta kental berwarna merah).

Salah satu hidangan Korea paling populer di Korea Selatan. Samgyeopsal terdiri dari irisan daging perut babi panggang yang tidak di beri bumbu. Makanan ini biasanya dicelup ke dalam bumbu yang terbuat dari garam dan merica yang kemudian diberi campuran minyak biji wijen.

Setelah itu, kamu bisa bungkus makanan ini dengan selada bersama dengan irisan bawang putih panggang, irisan bawang panggang, irisan daun bawang, dan kimchi. Ini adalah salah satu hidangan paling umum yang akan kamu temukan di restoran Korea mana pun di seluruh dunia.

3. Japchae

japchae

Sering disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam, japchae adalah hidangan mie tradisional Korea yang terdiri dari ubi goreng, sayuran yang diiris tipis, daging sapi, dan sedikit kecap dan gula. Beberapa, bahan tambahan seperti jamur ditambahkan ke dalam campuran.

Japchae merupakan makanan dengan rasanya yang manis dan beraroma serta teksturnya yang lembut namun agak kenyal. Bentuk makanan yang satu ini mirip dengan makanan Indonesia, lho, yakni bihun goreng. Rasanya sangat familiar di lidah, kok. Jadi, kamu pasti menyukai hidangan yang satu ini.

3. Kimchi makanan khas Korea

kimchi

Salah satu hidangan tertua dan mungkin paling penting dalam makanan khas Korea adalah kimchi.  Kimchi adalah hidangan pedas dan asam yang terbuat dari sayuran yang melalui proses fermentasi. Makanan tersebut dapat kamu siapkan dengan berbagai jenis bahan, tetapi bahan utama yang paling umum adalah kubis. Kimchi populer di kalangan orang asing karena rasanya yang unik, serta nilai gizinya yang tinggi, kandungan serat, dan kandungan kalori yang rendah. Namun, bagi orang Korea, ini paling populer karena nilai budayanya yang signifikan. Tanpa kimchi, makan malam terasa belum lengkap.

Itulah beberapa makanan khas korea yang wajib kamu coba. Keempat hidangan tersebut memiliki rasa yang lezat dan taka sing untuk lidah orang Indonesia. Kamu mungkin akan memakan beberapa porsi karena rasanya yang enak.

BACA JUGA: 4 Tempat Terbaik Street Food di Seoul

By Intan