wisata kuliner jogja

Siapa yang tidak kenal Jogja sebagai salah satu kota favorit pelancong di Indonesia. Selain itu Jogja juga terkenal dengan sebutan kota pelajar karena banyak universitas dan kaum mahasiswa menuntut ilmu. Akan tetapi banyak wisata kuliner khas Jogja yang perlu Anda sambangi saat menyempatkan berkunjung ke kota ini.

Jogja adalah kota yang memiliki daya tarik tersendiri sebagai tujuan melancong. Tak hanya suasananya yang membuat wisatawan ingin kembali, tetapi juga aneka kulinernya yang memanjakan lidah dan kantong. Aneka makanan dan jajanan istimewa bisa Anda dapatkan dengan harga murah meriah di kota yang satu ini.

Tak heran, banyak wisatawan bahkan mengkhususkan diri untuk datang mencari tempat-tempat wisata kuliner Jogja yang menarik. Banyak tempat kuliner yang menawarkan sajian khas Jogja yang murah meriah dengan cita rasa menjanjikan. Apabila ingin mencoba ayo simak beberapa rekomendasi berikut.

Gudeg, Kuliner Khas Jogja

gudeg

Bagi Anda yang ingin merasakan sarapan pagi dengan makanan khas Jogja satu ini, Gudeg Yu Djum sangat penting untuk Anda coba.Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1942 ini sangat cocok menjadi tempat sarapan karena pada pukul tujuh pagi, kamu sudah bisa memesan satu porsi gudeg nikmat.

Perpaduan manis dan gurihnya gori atau nangka muda dengan krecek, tempe, telur, serta ayam siap memanjakan lidah para pengunjung warung ini. Selain itu juga ada gudeg lainnya seperti gudeg Mbah Mindu Sosrowijayan. Gudeg legendaris ini merupakan racikan Mbah Lindu yang kini berusia hampir 100 tahun yang sudah berjualan sejak ia remaja.

Angkringan, Nongkrong Kulineran Malam Hari

wisata kuliner jogja

Dari sekian banyak angkringan yang ada di Jogja, salah satu yang jadi rekomendasi para wisatawan yakni angkringan Lek Man. Selain sudah terkenal sejak lama, menu makanan yang bisa Anda coba juga banyak. Ada sego kucing, aneka sate, gorengan dan yang paling utama kopi jos yang enak.

Angkringan ini dibuka mulai pukul 21.00 hingga 02.00 WIB. Untuk harganya juga cukup murah. Jika Anda ingin membeli satu porsi juga bisa yakni dengan harga Rp 20.000 saja bisa mendapatkan paket komplet. Lokasi angkringan ini berada di samping Stasiun Kereta Api Yogyakarta.

Mie Ayam Legendaris, Kuliner Sedap

mie ayam

Untuk para penggila masakan bakmie, tidak cukup kalau jalan-jalan tanpa menikmati mie setempat. Tak terkecuali di Jogja, Mie Ayam Bu Tumini dengan kuah coklat yang tidak biasa dan lauk ayam atau ceker siap jadi teman makan siang yang akrab.

Selain porsinya yang banyak, Mie Ayam Bu Tumini memiliki ciri khas. Ukuran mie di warung ini cukup besar dan terasa kenyal dan kuahnya juga terasa kental. Warnanya kecokelatan dengan rasa manis yang menggugah selera. Rasa spesial tersebut tentunya berasal dari proses memasak ayamnya yang sekaligus sebagai topping.

Wisata Kuliner Soto Bathok

wisata kuliner soto bathok

Sarapan dengan soto nikmat akan membuat kamu bersemangat memulai hari. Soto Bathok Mbah Katro ini menyuguhkan suasana pedesaan yang khas dengan saung bambu dan lesehan di pinggir sawah. Batok kelapa menjadi pengganti mangkok soto pun semakin menambah daya tarik bagi pengunjung.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah. Sebagai menu tambahan, Anda akan menemukan sate usus, sate telur puyuh, dan tempe.

Kuliner Es Buah Segar

es buah

Saat di tengah cuaca panas dan terik memang paling pas minum es buah. Namanya Es Buah PK. Warung es buah yang menempati tenda kaki lima ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak 44 tahun lalu. Es buah yang bikin orang rela antre ini terdiri dari isian nangka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, susu coklat dan parutan es.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner jika Anda melancong ke kota Jogja.

By Mita