Cityawesome.com – Wisata air Grojogan Sewu. Berada di kaki gunung lawu, terdapat objek wisata yang menyenangkan dan memberikan pengalaman seru. Grojogan Sewu hingga kini tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung yang tertarik dan menghabiskan waktu di sana. Tidak hanya itu saja, Grojogan Sewu juga memiliki cerita mistis dan berbagai mitos yang hingga kini di percaya oleh banyak masyarakat. Jika tertarik untuk berkunjung kesana, kamu bisa membaca artikel ini terlebih dahulu untuk menambah informasi dan wawasan.

wisata grojogan sewu

Sejarah wisata Grojogan Sewu

Berasal dari bahasa Jawa, Grojogan Sewu memiliki arti yakni air terjun seribu. Namun bukan air terjunnya yang berjumlah seribu, melainkan Grojogan Sewu memiliki anak tangga untuk sampai pada air terjun dengan jumlah seribu. Sehingga terbilang cukup melelahkan untuk kamu yang ingin berkunjung ke objek wisata satu ini. Bahkan tidak hanya itu saja, saat berkunjung ke Grojogan Sewu nantinya kamu akan menemukan berbagai kera yang suka mengganggu. Oleh karena itu di sarankan untuk kamu membawa makanan untuk monyet agar mereka tidak terlalu mengganggu. Selain itu kamu juga harus lebih berhati-hati saat bertemu kera-kera yang ada di sana tanpa pikir mereka berani untuk merebut makanan yang kamu bawa.

wisata grojogan sewu

Kelebihan dari wisata air Grojogan Sewu adalah tersedianya 2 pintu masuk di mana pada pintu kedua kamu tidak harus melewati seribu anak tangga untuk mencapai air terjun. Hanya saja lokasi pintu kedua dari Grojogan Sewu sendiri terbilang sedikit lebih jauh jika di bandingkan dengan pintu utama. Selain itu di pintu kedua juga jalanannya masih tetap menanjak namun lebih bersahabat dan tidak terlalu banyak kera. Bahkan melalui pintu kedua ini juga kamu bisa menemukan beberapa taman dan patung yang seilah sedang bertarung.

Baca Juga:  6 Fakta Menarik Daerah Istimewa Yogyakarta : Bukan Provinsi ?

Mitos dan fakta menarik Grojogan Sewu

Hingga kini terdapat berbagai mitos yang di percaya oleh banyak masyarakat dan pengunjung yang datang. Seperti salah satunya adalah mitos di mana sepasang kekasih mengunjungi Grojogan Sewu dan melewati jembatan yang ada di sana maka hubungannya akan berakhir. Hanya saja mitos tersebut tidak berlaku untuk pasangan yang sudah menikah. Selain itu mitos tersebut juga memang belum bisa di buktikan kebenarannya.

wisata grojogan sewu

Tidak hanya mitos yang tersebar di kalangan masyarakat. Grojogan Sewu ini di lengkapi dengan daya tarik yang membuat pengunjung terus berdatangan. Untuk kamu ketahui, Grojogan Sewu ini memiliki air terjun dengan ketinggian 30 meter dengan pesona keindahan alam yang menakjubkan dan airnya terbilang cukup menyegarkan. Saat berkunjung kesana nantinya kamu bisa merasakan hawa sejuk dari pepohonan sehingga membuat siapapun menjadi betah berlama-lama. Lebih dari itu Grojogan Sewu juga di lengkapi dengan berbagai wahana seperti outbond dan juga rafting. Bahkan kamu juga tidak perlu khawatir karena objek wisata ini di lengkapi dengan fasilitas lain seperti mushola hingga tempat makan.

Lokasi, harga tiket masuk, dan jam operasional

Grojogan Sewu berada di Kecamatan Tawanagmangu, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Di mana jaraknya sendiri tidak jauh dari pusat kota Karang Anyar yakni hanya sekitar 21 KM. Untuk harga tiket untuk berkunjung kesana juga terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 15 ribu. Sedangkan jika ingin bermain Flying Fox, kamu akan di kenakan tarif sebesar Rp 11 ribu. Objek wisata yang satu ini di buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Grojogan Sewu bisa menjadi pilihan objek wisata menarik untuk kamu yang ingin memilih wisata alam sekitar Karang Anyar dan Solo.

Baca Juga:  6 Ritual Upacara Adat Bali Yang Terkenal, Sakral dan Kaya Akan Budaya !

Baca Juga :

***