kuliner makassar pisang ijo

Kota Makassar ini adalah ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Di Kota Makassar ini juga banyak sekali wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa menikmati beraneka ragam makanan yang lezat di sini. Salah satu contoh makanan khas Makassar yaitu Coto Makassar, Roti Maros, Kue Tori, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Makassar pastinya tidak akan lengkap jika tidak mencoba makanan khas di Makassar ini. Di sini juga memiliki banyak tempat bersejarah, wisata, wahana permainan dan lain-lain. Kota yang satu ini juga terkenal dengan nama Ujung Pandang.

Beberapa rekomendasi kuliner menarik jika Anda berkunjung kesini adalah:

Sop Konro dan Iga Bakar

iga bakar

Para pecinta iga sapi wajib menyambangi destinasi wisata kuliner khas Makassar yang satu ini, konro. Sop konro adalah jenis sop yang menggunakan tulang iga rebus atau bakar dan terhidang di dalam menu kuah kaldu sup. Di tangan keluarga H. Hanaping, iga menjadi menu yang menggoda lidah dan variatif.

Tersedia menu iga bakar dengan siraman bumbu kacang, dan sup konro yang merupakan iga rebus lengkap dengan siraman kuah dengan rempah-rempah pilihan. Demi menjaga cita rasa makanan, kita harus memasak tulang iga secara terpisah dengan bahan-bahan lain seperti lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, kacang tanah.

Kelezatan sup konro di destinasi wisata kuliner Makassar satu ini memang nggak perlu di ragukan lagi karena telah eksis sejak 1968.

Coto Makassar

kuliner makassar coto

Merupakan salah satu kuliner tradisional, yang berasal dari Kota Makassar. Hidangan ini cukup terkenal di beberapa kalangan masyarakat, sajian yang lezat dan kaya akan manfaat membuat warga cukup menggemari makanan ini. Bahkan, hidangan tradisional ini menjadi salah satu tujuan wisatawan dan para traveller ketika mengunjungi Makassar.

Baca Juga:  5 Brand Kuliner Indonesia Yang Sering Dianggap Milik Luar Negeri

Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, yang tercampur dengan beberapa bagian dalam dari sapi. Bagian – bagian tersebut seperti jeroan, paru, hati, usus, jantung, hingga babat. Meskipun berisikan jeroan, namun dengan 40 bumbu yang terdapat pada kuah Coto Makassar membuat hidangan ini tetap membawa begitu banyak khasiat atau manfaat karena rempahnya.

Pallu Basa

kuliner makassar pallu basa

Makanan ini juga merupakan makanan yang populer di Makassar. Memiliki cita rasanya yang unik, lezat dan sekaligus menggugah selera. Pallubasa ini terbuat dari daging sapi. Rasa kuahnya hampir mirip dengan Coto Makassar, tetapi rasa kaldu nya sangat berbeda sekali.

Makanan ini juga merupakan makanan yang populer di Makassar. Memiliki cita rasanya yang unik, lezat dan sekaligus menggugah selera. Pallubasa ini terbuat dari daging sapi. Rasa kuahnya hampir mirip dengan Coto Makassar, tetapi rasa kaldu nya sangat berbeda sekali.

Pallu Mara

pallu mara

Makanan yang berbahan baku ikan pallumara yang tersaji dengan campuran rempah asam jawa ini, dulunya kerap menjadi obat bagi penderita demam. Rasa kecut dan pedas dari kuliner pallu mara ini akan membuat siapapun yang mencicipinya berkeringat.

Cita rasa makanan ini juga bersahabat dengan lidah dan bersifat melegakan tenggorokan. Bahan pembuat panganan olahan ikan pallumara terbilang cukup sederhana, yakni bawang merah, bawang putih, tomat, serai, kunyit, kemiri, dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Pisang Epe

pisang epe

Pisang Epe ini sangat pas untuk Anda nikmati sambil bersantai atau berkumpul bersama teman dan keluarga. Makanan ini memiliki berbagai macam rasa yang bisa Anda coba. Seperti cokelat, keju, dan juga durian. Kuliner ini merupakan jenis pisang panggang yang menggunakan saus gula merah sebagai toping.

Baca Juga:  Benteng Fort Rotterdam : Sejarah dan Arsitektur yang Memukau !

Harga Pisang Epe ini juga murah dan terjangkau. Yaitu harganya mulai dari Rp 6.000-an saja. Makanan ini juga cocok untuk makanan pencuci mulut karena memiliki rasa yang manis. Jika mencicipin makanan ini sebagai makanan penutup pastinya Anda akan ketagihan.

Itulah beberapa kuliner khas Makassar yang menggugah selera. Ayo berkunjung ke kota Makassar.

By Mita