spot surfing

Bagi para surfer pasti sudah tahu kalau di Indonesia yang negara kepulauan ini banyak sekali menyimpan destinasi surfing. Atau berselancar dengan ombaknya yang menantang. Faktanya memang banyak turis asing dari belahan dunia lain rela datang jauh-jauh ke Indonesia. Mereka datang hanya untuk bertemu gulungan ombak di berbagai titik di segala penjuru Indonesia. Ada banyak sekali spot surfing menarik di Indonesia.

Meskipun kebanyakan destinasi surfing di Indonesia yang populer ada di Pulau Bali. Ternyata masih ada banyak lokasi surfing di Indonesia yang tidak kalah menantang dari Bali. Untuk kamu pemburu ombak, simak kumpulan spot surfing di Indonesia berikut untuk petualangan berselancarmu berikutnya:

Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

sipora surfing

Pantai Sipora identik sebagai Pantai Surfing kelas dunia. Di tempat ini kamu dapat menemukan Hollow Tress dan Lance’S Left yaitu ombak berbentuk silinder. Ombak ini juga mendapat sebutan Right Tube bagi para peselancar yang selama 10 tahun ini sering muncul di video-video dan majalah-majalah surfing dunia.

Ombak ini datang tidak terlalu besar tetapi akan ada 3 take off yang akan menantang para peselancar untuk melakukan manufer surfing. Pada saat ombak besar datang bagian atas ombak akan pecah (peak) dan akan terhubung dengan barrel secara terus menerus yang akan membuat para peselancar dengan ketrampilan melampaui rata-rata akan terkagum-kagum.

Ombak Tujuh Sukabumi Jawa Barat

Kamu bisa menemukan spot surfing Indonesia yang tak kalah populer di Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi ini terkenal dengan nama Ombak Tujuh. Spot surfing di Indonesia berada di Ujung Genteng dan bernama ombak tujuh karena gulungan ombaknya yang berjumlah tujuh.

Ketinggian ombak di spot surfing di Indonesia satu ini cukup konsisten, kurang lebih 3-6 meter. Di sini kamu juga tidak perlu takut untuk berebutan timing karena lokasi surfing ini masih terbilang cukup tersembunyi sehingga tidak akan ada terlalu banyak peselancar lain yang memadati pantai.

Nihiwatu Sumba Nusa Tenggara Timur

surfing nihiwatu

Pulau yang satu ini merupakan milik dari salah satu resort yang ada di Sumba Barat. Indahnnya pantai di sini bisa bikin kamu menggelepar penuh suka cita di pasir pantainya yang seputih kapur dan selembut tepung. Belum lagi airnya yang biru sebening kaca. Tapi bukan cuma itu, lho, yang ngebuat Nihiwatu jadi salah satu spot wisata favorit. Ombak lautnya punya julukan Left God Waves karena ketinggian dan gulungannya yang menantang.

Yang lebih keren lagi, di pantai ini cuma memiliki kapasitas maksimal 10 surfer saja dalam sehari. Ini dilakukan supaya ketenangan dan privasi tamu-tamu yang sedang menginap di resort tetap terjaga. Kamu bisa berselancar di sini tanpa gangguan banyak orang.

Pantai Plengkung Banyuwangi Jawa Timur

Pantai G-Land atau Pantai Plengkung merupakan salah satu Pantai Surfing terbaik di Indonesia. Letaknya di Banyuwangi ini memiliki ombak yang besar dan bisa mencapai 6 meter. Sehingga pantai ini sangat ideal bagi para pengemar olahrga surfing untuk menguji adrenalin mereka. 
Pantai yang juga mendapat julukan The Sevent Giant Waves Wonder atau tujuh gulungan ombak besar dengan ketinggian mencapai 6 meter. Oleh karena itu pantai ini juga sering disebut-sebut oleh para peselancar yang pernah merasakan keganasan ombak disini sebagai pantai surfing terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii. 

Itulah 4 spot surfing atau selancar terbaik yang ada di Indoensia. Buat kalian para penggemar surfing, ombak, dan pantai silahkan datang dan rasakan adrenalin saat berselancar di ombak tersebut.

By Mita