wisata taman nasional kelimutu

Wisata taman nasional bukanlah menjadi pilihan utama bagi wisatawan kebanyakan. Karena memang berwisata di taman nasional lebih sulit daripada wisata kota, wisata belanja, dan yang lainnya. Selain itu juga minat dan keinginan masyarakat Indonesia pada umumnya tidak terlalu tertarik dengan wisata alam.

Kebanyakan tema dari wisata taman nasional adalah wisata alam dengan beragam keunikannya seperti flora, satwa liar, menjelajah alam, air terjun, trekking dan berjalan kaki, juga banyak hal yang berhubungan dengan alam dan olahraga. Misalnya saja mendaki gunung, menikmati tenangnya danau, menyelami lautan, melihat tumbuhan, dan lain sebagainya. Akan tetapi bagaimana dengan Anda yang sangat tertarik dengan wisata alam, mungkin wisata taman nasional adalah solusinya. Berikut ada beberapa rekomendasi wisata taman nasional yang menarik di Indonesia.

1. Gunung Gede Pangrango

wisata taman nasional gede pangrango

Taman nasional ini merupakan salah satu taman nasional tertua yang ada di Indonesia karena sudah berdiri sejak tahun 1980. Dengan lokasi yang berada tidak jauh dari ibukota Jakarta embuat banyak orang melepas penat ke wilayah taman nasional ini. Sejak jaman dahulu, TN Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu taman nasional yang paling ramai di kunjungi wisatawan.

Bahkan seorang penyair dan aktivis Soe Hoek Gie menghembuskan nafas terakhirnya saat ia mendaki gunung Gede. Ia sangat mencintai gunung ini sehingga sering berkunjung untuk mendaki. Ada banyak spot menarik di sekitar taman nasional ini. Anda dapat melakukan pendakian ke gunung gede dan pangrango. Akan tetapi jika ingin bermain dengan kesulitan yang tidak terlalu ekstrim Anda dapat mengunjungi beberapa curug, kawasan Cibodas, Situ Gunung, dan lain sebagainya. Banyak aktivitas alam yang menarik di taman nasional ini.

2. Bromo Tengger Semeru

bromo tengger semeru

Wisata ini juga menarik karena memiliki gunung Bromo yang masih aktif dan salah satu magnet wisatawan berkungjung ke daerah ini. Terletak di jawa Timur, kawasan gunung Bromo selalu ramai pengunjung setiap tahunnya. Kawah bromo masih aktif mengepulkan asap belerang. begitupun dengan gunung semeru yang juga merupakan salah satu destinasi wisata pendakian.

Di kawasan Bromo ada satu suku Tengger yang masyarakatnya masih beragama Hindu Jawa. Bahkan sebelum menuju puncak Bromo ada satu pura sebagai tempat persembahyangan umat Hindu tengger. pada hari tertentu mereka biasanya memberikan sesajen kepada penunggu kawah dan gunung bromo dengan melemparkan sesajen ke dalam kawah. Ritual ini juga menarik dan banyak menyita perhatian pengunjung.

3. Taman Nasional Komodo

wisata taman nasional komodo

Taman nasional yang terletak di pulau Flores ini belakangan menjadi sangat hits di kalangan para traveler. Hewan komodo merupakan satu-satunya kadal purba terbesar yang ada di dunia. maka dari itu banyak wisatawan datang ke wilayah ini untuk melihat uniknya komodo yang bahkan bisa memangsa manusia. Di pulau Komodo ada satu suku Komodo yang hidup berdampingan dengan hewan buas ini.

Selain melihat komodo, tentunya alam taman nasional sangat menarik untuk dijelajahi. Keringnya tanah Flores membuat wilayah ini menjadi spot foto yang sangat menarik. Tidak kalah dengan kekayaan daratnya, wisata bawah air taman nasional komodo juga sangat menarik. Di sini terdapat banyak jenis ikan dan terumbu karang yang sangat cantik. Maka dari itu jika berkunjung ke taman nasional komodo, Anda akan mendapatkan paket wisata alam lengkap.

4. Tanjung Puting

tanjung puting

Untuk Anda yang gemar wisata hutan, sungai, dan melihat orang utan inilah tempatnya. Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Kalimantan Tengah dan merupakan pusat konservasi orang utan terbesar yang ada di Indonesia. Sebagai binatang yang di lindungi, masih saja marak pembunuhan liar terhadap orang utan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dengan mengunjungi Tanjung Puting Anda bisa belajar tentang kehidupan orang utan di alam liar, melihat sungai, hutan, dan habitat hidupnya.

By Mita