taman safari

Jika berbicara tentang wisata murah tentu tidak terlepas dari lokasi kamu saat ini atau dari kota mana asal kamu. Tentunya jika berwisata di kota sekitar tempat tinggal kamu tentu akan lebih murah. Akan tetapi, jika kami asumsikan bahwa kamu tinggal di kota Jakarta maka ada beberapa rekomendasi wisata murah buat kamu.

Rekomendasi tersebut dapat di katakan sebagai wisata yang murah karena tidak memerlukan tiket pesawat untuk transportasinya, menggunakan transportsi darat atau laut yang relatif murah. Atau mungkin dapat mengikuti open trip yang di selenggarakan oleh operator tur tertentu dengan meeting poin yang di tentukan.

Selain itu juga di lokasi tersebut, wisata yang di tawarkan juga relatif murah dan terjangkau bagi kebanyakan orang. Di bawah ini ada beberapa tempat wisata murah di Indonesia yaitu:

1. Kepulauan Seribu Jakarta

wisata murah pulau tidung

Kepulauan Seribu dapat menjadi alternatif wisata murah bahkan wisata mahal atau premium. Sesuai dengan namanya Kepulauan Seribu, maka ada banyak pulau-pulau kecil yang indah tersebar di wilayah utara Jakarta. Ada pulau privat seperti pulau Macan yang tidak dapat sembarangan orang masuk ke sana. Atau misalnya pulau Bidadari yang telah di kelola oleh swasta.

Akan tetapi jangan berkecil hati, di kawasan Kepulauan Seribu banyak kok tempat wisata yang murah misalnya saja trip tiga pulau yaitu pulau Cipir, Kelor, dan Onrust yang jaraknya relatif dekat. Atau jika kalian ingin agak sedikit jauh mungkin dapat berkunjung ke pulau Tidung. Disini kalian akan mendapatkan pemandangan pantai dengan pasir putih yang sangat menarik. Kalian juga dapat snorkeling bersama dengan ikan-ikan dan biota lau talinnya.

Jika ingin murah, kalian bisa berangkat dari pelabuhan Muara Angke dengan kapal kayu bermesin tempel. Harga tiket untuk tur tiga pulau atau ke pulau tidung masih cukup murah.

2. Kota Bandung

wisata murah braga

Siapa yang tidak mengenal kota dengan julukan Paris van Java ini. Di tempuh sekitar 4 jam perjalanan jika lancar dari ibukota Jakarta, Bandung menjadi salah satu kota pelepas penat untuk wisatawan ibukota. Di sini banyak alternatif wisata mulai dari wisata di tengah kota Bandung seperti mengujungi alun-alun, jalan Braga, museum Asia Afrika, dan berbagai spot sejarah. jangan lupa juga banyak kudapan khas Bandung yang enak dan sayang unutk kamu lewatkan jika berkunjung ke sini.

Kalau kamu ingin menikmati sedikit suasana alam, kamu dapat pergi ke Bandung Utara, Lembang atau ke bandung Selatan Ciwidey. Di sana banyak tempat wisata menarik seperti pemandian air panas, kawah putih, kebun teh, dan masih banyak yang lainnya. Kamu dapat memilih wisata apa yang ingin kamu lakukan. Intinya wisata di Bandung selain murah meriah juga banyak pilihan.

3. Puncak Bogor

bogor paralayang

Ini lagi kota wisata murah yang berjuluk kota Hujan. Sebelum ke wilayah Puncak, kamu juga bisa menghabiskan waktu berwisata di kota Bogor seperti menikmati Istana dan Kebun Raya Bogor, mencicipi kudapan khas Bogor, dan yang lainnya. Jika bosan dengan suasana kota Bogor, kalian dapat berangkat menuju kawasan Puncak yang terkenal dengan kebun tehnya.

Selain itu di kawasan ini juga terdapat berbagai wisata seperti Taman Safari, wisata curug atau air terjun, wisata kebun teh, wisata parayalang, dan masih banyak lagi pilihan wisata lainnya. Kamu juga bisa membawa oleh-oleh khas Puncak Bogor seperti roti unyil, laksa, toge goreng, asinan bogor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Kota Yogyakarta

tugu yogya

Kota gudeg ini akan selalu memanjakan pengunjungnya dengan suasana kota yang nyaman, tenang, dan sangat kental dengan budaya Jawa-nya. Untuk mencapai kota Yogya dari Jakarta, kalian harus naik pesawat atau menggunakan transportasi kereta. Kalau ingin berkendara dengan kendaraan roda empat juga bisa mencapai kota ini karena masih berada di wilayah Jawa Tengah.

Banyak pilihan wisata di Yogyakarta seperti mengunjungi keraton Yogya dan berwisata di dalam kota. Jika malam harinya ingin melihat inar bingar kehidupan malam kamu juga dapat nongkrong di Jalan Malioboro atau di angkringan sepanjang jalan di kota Yogya. Dijamin suasana hangat dan akrab akan kamu dapatkan. Selain itu wisata di sini sangat murah baik makanan, penginapan, maupun tempat wisatanya.

By Mita