wisata sejarah phuket

Selain wisata alam, Phuket juga terkenal dengan kta tua atau yang sering di sebut dengan old town Phuket. Ini adalah kawasan wisata sejarah Phuket yang juga menarik untuk Anda jelajahi. Awalnya kota ini pernah menjadi primadona penambangan timah pada abad ke-16. Bangsa Eropa berbondong-bondong datang kesini dan mendirikan peradaban mereka. Banyak bangunan tua bernuansa kolonial yang sekarang masih terjaga dan menjadi kawasan wisata.

Paad abad ke-20 bangsa kolonial ini mulai membuat kanal-kanal dan bangunan juga infrastruktur. Sampai saat ini bahkan beberapa bangunan masih di fungsikan dan menarik minat pengunjung karena historinya juga perawatan bangunan yang masih sangat baik hingga saat ini.

Beberapa bangunan seperti kuil Tionghoa, Thai Hua Museum, Krabi Road, dan masih banyak yang lainnya. Unutk dapt lebih mengenal wisata sejarah Phuket mari kita simak artikel di bawah ini. Ada beberapa daya tarik wisata yang cocok unutk Anda kunjungi jika menyukai wisata kota dan sejarah.

1. Kota Tua Phuket

wisata sejatah old town

Kota Phuket terletak di pantai tenggara pulau di teluk yang indah. Pulau ini ramai dengan aktivitas berkat banyaknya hotel, restoran, spa, dan tempat wisata lainnya yang bermunculan dalam beberapa dekade sejak Pantai Patong dibuka untuk pembangunan pada tahun 1980. Arsitekturnya mencerminkan pengaruh imigran Cina dan estetika Portugis dan memberikan kontras yang menarik dengan gaya Thai yang lebih tradisional yang terlihat di tempat lain.

Pastikan Anda berjalan-jalan di jalanan Kota Tua Phuket, dengan ruko yang terawat baik, rumah mewah Sino-Portugis, kuil, dan tempat pemujaan. Hal lain yang dapat Anda lakukan di kota termasuk mengunjungi Museum Trickeye Phuket, galeri seni 3D interaktif; mencicipi makanan jalanan yang menggugah selera di Sunday Walking Street Market; dan memberikan penghormatan di Kuil Jui Tui, kuil Cina yang penuh warna.

2. Wat Chalong

wat chalong

Wat Chalong, secara resmi memiliki nama Wat Chai Thararam, adalah kuil Buddha terbesar, paling dihormati dan paling banyak kunjungan di Phuket. Pembangunannya yaitu pada awal abad ke-19 sekitar tahun 1837, menurut beberapa sumber. Kuil Chalong adalah salah satu tempat yang harus Anda di Phuket, bersama dengan Big Buddha di dekat Phuket, karena keduanya relatif dekat satu sama lain.

Bangunan tertinggi di dasar Wat Chalong adalah stupa (chedi) setinggi 60 meter yang melindungi pecahan tulang Sang Buddha. Lukisan-lukisan indah yang menelusuri kembali langkah-langkah kehidupan Buddha yang paling penting menghiasi dinding dan langit-langit kuil. Setiap lantai juga penuh dengan patung emas sumbangan besar.

Chedi (stupa) Wat Chalong terdiri dari tiga lantai, jadi silakan naik ke teras lantai atas untuk mendapatkan pemandanganyang indah dari seluruh halaman kuil.

3. Big Buddha

big budha

Patung Besar Budha Phuket berada di puncak gunung Nagakerd, Kecamatan Karon. Lebar Patung Budha Besar: 25,45 m. tinggi: 45 m. Struktur beton bertulang berhias dengan marmer giok Burma putih. Berat marmer giok putih sekitar 135 ton per 2.500 sq.m. Anda bahkan dapat membeli ubin atau marmer dan menandatangani nama Anda untuk Anda tempatkan di dalam Big Buddha.

Phuket Big Budha memiliki pemandangan 360 derajat terbaik dari bagian selatan pulau Phuket, termasuk Kota Phuket, pantai Kata, pantai Karon, Teluk Chalong. Patung Besar Budha Phuket mudah di jangkau dengan jalan sepanjang enam kilometer yang mengarah dari jalan Barat Chaofa di Phuket, hanya 2 km dari Chalong Circle.

4. Sunday Market

wisata sejarah phuket sunday market

Sunday Market Walking Street Phuket juga di sebut ‘Lard Yai’ oleh penduduk setempat dan sekarang menjadi atraksi paling populer di Kota Phuket. Pasar jalanan akhir pekan ini langsung sukses, menandakan perlunya sesuatu terjadi di Jalan Thalang, bagian bersejarah kota. Hal ini bukanlah hal baru di Kota Phuket. Selain itu juga pasar ini sangat populer dan penuh dengan seniman kreatif yang menjajakan kebolehannya di sepanjang jalan.

By Mita