Cityawesome.com – Fakta unik negara thailand. Thailand merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara ini berbatasan langsung dengan Laos dan juga Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan juga Myanmar dan Laut Andaman di barat.

Selain itu, negara yang satu ini juga berbagi perbatasan maritim dengan Vietnam di teluk Thailand serta berbagi perbatasan dengan Indonesia dan juga India di laut Andaman di barat daya.

fakta unik negara Thailand

Thailand sendiri memiliki jumlah populasi lebih dari 66 juta orang. Nah berikut ini fakta unik negara Thailand yang menarik untuk kamu ketahui.

1. Nama Kota Terpanjang

Untuk kamu ketahui, Thailand merupakan salah satu negara yang memiliki nama kota terpanjang di dunia lho. Tepatnya kota Bangkok yang sebenarnya tidak sesingkat itu.

Nama asli dari kota bangkok adalah “Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit.”

Berasal dari akar kata Pali dan juga Sanskerta, tentunya nama terpanjang itu memiliki arti yang tidak sembarangan. Arti dari nama kota yang panjang itu adalah “Kota Malaikat, Kota Besar Dewa, Kota yang Luar Biasa dari Sembilan Permata, Kursi Raja, Kota Istana Kerajaan, Rumah Inkarnasi Dewa, Di bangun oleh Visvakarman di Behest Indra.”

Nah, panjung bukan? Pastikan kamu bisa membacanya hingga akhir ya.

2. Negara Bebas

Bukan tanpa arti mengapa Thailand di sebut sebagai tanah yang bebas. Hal ini di karenakan Thailand menjadi satu – satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah di jajah oleh negara manapun.

negara bebas

Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Thailand bahwa negaranya memang belum tersentuh oleh pihak asing.

Baca Juga:  4 Tujuan Wisata di Pattaya 2019 Seru !

3. Memiliki banyak Pulau

Selain menjadi negara yang tidak pernah di jajah. Rupanya Thailand juga memiliki banyak pulau di wilayahnya. Tidak main – main, negara yang populasinya hanya sekitar 66 juta jiwa itu memiliki 1400 pulau di dalamnya.

Jika kamu berkunjung ke negara Thailand, jangan ketinggalan untuk berkunjung ke Phuket yang sekaligus menjadi pulau terbesar di negara ini.

4. Perguruan Tinggi untuk Monyet

Fakta unik lainnya yang di miliki oleh negara Thailand adalah memiliki perguruan tinggi yang di khususkan hanya untuk Monyet.

Perguruan tinggi tersebut bernama Thani Monkey College. Tempat tersebut merupakan pusat pelatihan monyet yang mana nantinya para monyet akan mempelajari berbagai macam aktifitas yang ada di jalanan.

perjamuan khusus monyet di thailand

Selain itu, negara ini juga memiliki perjamuan khusus untuk monyet. Nantinya akan ada ribuan monyet yang di sajikan makanan berupa buah dan juga sayuran.

5. Tata Krama di Thailand

Setiap daerah tentunya memiliki tatakrama yang berbeda – beda untuk dihormati oleh siapapun yang berkunjung. Tidak ketinggalan juga dengan Thailand yang memiliki tata krama yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke negara ini.

Berikut ini beberapa tata krama saat berkunjung ke negara Thailand yang harus kamu ketahui :

  • Tidak berjabat tangan

Salam khas Thailand berupa Wai, yaitu kedua tangan yang di tangkupkan bersama dan di angkat sejajar dengan wajah sambil sedikit menundukan kepala. Semakin tinggi kamu mengangkat tangan saat Wai, maka hal tersebut terlihat semakin sopan.

Selain itu, saat melakukan Wai juga bisa mewakili status orang yang sedang di sapa. Mulai dari mengangkat tangan hingga ke hidung saat menyapa orang tua, dan hanya mengangkat tangan hingga ke dada untuk menyapa teman sebaya.

salam wai
  • Kepala menjadi bagian terpenting
Baca Juga:  7 Makanan Khas Thailand yang Wajib Kamu Coba

Saat berkunjung ke Thailand, jangan sekali – kali kamu menyentuh kepala orang lain termasuk anak kecil sekalipun. Hal ini di karenakan kepala di anggap bagian terpenting dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, biasanya orang Thailand selalu berusaha untuk menjaga agar kepalanya berada lebih rendah di bandingkan orang yang lebih tua untuk menunjukkan rasa hormat.

  • Kaki dianggap rendah

Berbeda dengan kepala, di Thailand kaki di anggap rendah karena melambangkan keterikatan pada tanah yang menjadi penyebab penderitaan manusia.

Pastikan kamu tidak duduk dengan kaki menunjuk ke sebuah patung di kuil ataupun mengarah kepada orang lain.***