Cityawesome.com – Hal Penting Yang harus Di Ketahui Sebelum Mendaki Gunung. Beberapa tahun belakangan ini, mendaki menjadi kegiatan yang tidak hanya di lakukan oleh pecinta alam saja. Banyak kalangan muda – mudi yang mulai tertarik dengan kegiatan ini. Tak jarang juga dari mereka yang mendaki tanpa mengetahui ilmunya dan hanya untuk update di media sosial.

Jika kamu sebagai pemula ingin melakukan pendakian, ada baiknya kamu memperlajari hal – hal penting dalam pendakian. Hal ini tentunya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama mendaki.

Hal Penting Yang Harus Di Ketahui Sebelum Mendaki Gunung.

Kegiatan pendakian selain untuk menambah pengalaman, tentunya juga bisa menjaga solidaritas antar sesama teman dan melatih kekuatan otot kaki karena harus berjalan dengan jarak yang lumayan jauh dan melelahkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yanag harus kamu ketahui sebelum mendaki gunung :

1. Menjaga Kesehatan

Sebelum mendaki, hal utama yang harus kamu persiapkan adalah kesehatan. Sebaiknya kamu tidak melakukan aktifitas berat sebelum melakukan pendakian. Jangan terlalu memaksakan mendaki jika dalam keadaan tidak fit.

1. Menjaga Kesehatan

Hal ini di karenakan jalur pendakian yang pasti harus di lewati dengan tenaga ekstra. Kamu akan berhenti di tengah jalan atau bahkan bisa merepotkan temanmu jika terus memaksa mendaki dalam keadaan tidak sehat.

Untuk menghindari hal tersebut, sebisa mungkin kamu melakukan istirahat yang cukup dan makanlah makanan yang bergizi serta hindari begadang sebelum mendaki.

2. Membawa Peralatan Lengkap

Jika di rasa tidak ada masalah dengan kesehatanmu untuk bisa mendaki. Hal selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah alat – alat penting yang harus kamu bawa untuk mendaki. Peralatan yang mumpuni bisa menjadi faktor kesuksesan pendakian kamu.

Membawa Peralatan Lengkap

Pastikan kamu membawanya tanpa ada yang tertinggal satupun. Beberapa hal penting yang wajib di bawa saat mendaki adalah :

  1. Jaket
  2. Sarung Tangan
  3. Tutup Kepala
  4. Seppatu Gunung
  5. Kaos Kaki
  6. Tas Besar
  7. Sleeping Bag
  8. Tenda
  9. Matras
  10. Senter
  11. Tongkat untuk meringankan beban tubuh
  12. Mantel
  13. Hingga Peralatan Memasak.
Baca Juga:  5 Tips Liburan Murah di Thailand

Kamu bisa membawanya bersama dengan sekelompok teman dengan membagi tugas barang bawaan dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal.

3. Membawa Makanan Yang Cukup

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat sebelum mulai melakukan pendakian. Hal ini di lakukan agar dalam perjalanan kamu tidak mudah berhenti untuk makan. Pastikan kamu membawa stok makanan yang cukup.

3. Membawa Makanan Yang Cukup

Pastikan juga untuk membawa makanan yang banyak mengandung karbo agar kamu tidak mudah lapar. Jangan lupa untuk membawa air putih yang cukup untuk terhindar dari dehidrasi.

Kamu juga bisa membawa coklat untuk di konsumsi. Banyak pendapat mengatakan bahwa mengkonsumsi coklat di nilai mampu menambah energi saat mendaki.

4. Jaga Etika ketika Mendaki

Hal penting dan utama yang harus kamu ketahui sebelum mandaki adalah beberapa etika pendakian. Mulai dari cara berjalan, terutama gunung dengan jalur yang sulit, kamu bisa berjalan dengan kaki yang selalu lentur setiap kali menapakkan kaki di tanah dan tetap fokus pada pijakan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kram dan cidera pada kaki.

Jangan sungkan untuk meminta berhenti apabila sudah merasa lelah. Jangan memaksa untuk terus berjalan jika tubuh sudah tidak kuat untuk melangkah. Hal ini justru akan membahayakan kesehatan dan merepotkan teman kelompok nantinya.

4. Jaga Etika ketika Mendaki

Namun pastikan kamu tidak mudah mengeluh saat merasa lelah dalam melakukan pendakian. Intinya kaamu harus bisa tetap menjaga semangat untuk bisa mencapai kepuncak. Selain itu, hindari juga untuk membuang sampah apapun di gunung. Kamu harus membawa turun sampah yang sudah kamu bawa terutama sampah plastik dan kaleng.

Jangan lupa juga untuk menuruti larangan petugas. Biasanya saat kamu melakukan pendaftaran sebelum mendaki, kamu akan di berikan himbauan oleh petugas mengenai apa yang di perbolehkan dan tidak di perbolehkan selama melakukan pendakian.

Baca Juga:  5 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahaui sebelum mendaki gunung. intinya dalam mendaki, kamu tidak boleh melakukan sesuatu sesuka hati. Hal ini tentunya untuk menghindari terjadinya suatu hal yang tidak kamu inginkan. Dalam pendakian, keselamatan adalah hal yang utama.***