Cityawesome.com – Keuntungan E-Paspor untuk perjalanan wisata. Saat ingin berwisata ke luar negeri, tentunya hal utama yang harus di siapkan adalah paspor. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis paspor yaitu paspor biasa dan juga E-paspor.

Dari keduanya tersebut tentunya ada perbedaan yang terllihat. Selain itu E-paspor sendiri memiliki keunggulan yang tidak ada di paspor biasa.

keuntungan e-paspor untuk wisata

Selain itu, cara pembuatan E-paspor juga lebih ringkas di bandingkan paspor biasa. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa keuntungan E-paspor untuk berwisata.


Apa itu E-Paspor ?

Untuk kamu yang belum tahu, E-paspor sendiri adalah paspor biometrik yang menggunakan chip tertanam dalam buku. Di mana biasanya chip tersebut berada di sampul paspor.

Selain itu, chip tersebut berisi sidik jari dan juga bentuk wajah dari pemilik E-paspor. Data biometrik di dalamnya pun sudah sesuai dengan standar yang International Civil Aviation Organization (ICAO).

Apa itu E-Paspor ?

Bahkan E-paspor juga sudah banyak di gunakan di berbagai negara seperti Singapura, Amerika, Jepang, Jerman, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Keuntungan memiliki E-Paspor

Beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan saat berwisata dengan menggunakan E-paspor antara lain adalah :

1. Mudah saat melakukan pengajuan Visa

Keuntungan lainnya yang bisa kamu rasakan saat memiliki E-paspor adalah saat ingin melakukan pengajuan visa.

keuntungan e-paspor untuk wisata Mudah saat melakukan pengajuan Visa

Biasanya proses pengajuana visa sendiri akan lebih mudah karena data yang ada pada E-paspor bisa di katakan lebih valid sehingga kedutaan dari negara lain bisa lebih mengerti dan cepat dalam melakukan verifikasi serta mengeluarkan visa.

2. Data yang direkam lebih valid dan akurat

Dengan menggunakan E-paspor, maka data yang tersimpan di dalam chip meliputi sidik jari dan juga bentuk wajah. Sehingga dalam hal ini data yang tersimpan menjadi lebih akurat dan juga lengkap. Di mana data tersebut di gunakan untuk bisa melewati autogate di setiap bandara.

Baca Juga:  Tips Liburan di Masa Pandemi Biar Tetap Sehat

3. Bebas visa di beberapa negara

Mengurus visa saat ingin berkunjung keluar negeri tentunya membutuhkan biaya yang lumayan mahal. Selain itu juga membutuhkan proses yag panjang.

Nah dengan memiliki E-paspor, maka kamu bisa berkunjung ke beberapa negara tanpa harus menggunakan Visa. Seperti saat ke Jepang, kamu bisa mengunjungi negri Sakura dengan bebas visa selama 15 hari.

3. Bebas visa di beberapa negara

Hanya saja kamu harus mendaftar terlebih dahulu di kantor perwakilan Jepang sebelum keberangkatan. Selain itu biasanya proses yang di perlukan sekitar 2 hari.

Kamu juga akan bisa mendapatkan bebas visa saat berkunjung ke Taiwan selama maksimal 30 hari.

4. Bisa melewati autogate di bandara tanpa pemeriksaan imigrasi

Biasanya saat kamu ingin berkunjung ke luar negeri, kamu tidak perlu mengantri untuk diperiksa secara manual di pemeriksaan imigrasi saat menggunakan E-paspor.

Dengan begitu kamu bisa langsung menuju autogate pada penerbangan internasional untuk memindai paspor untuk selanjutnya langsung masuk ke boarding room tanpa harus melewati imigrasi.

keuntungan e-paspor untuk wisata Bisa melewati autogate di bandara tanpa pemeriksaan imigrasi

Selain itu cara yang harus di lakukan untuk menggunakan autogate juga sangat mudah. nantinya kamu hanya masuk pada lorong antrian dan menempelkan paspor maka pintu akan terbuka secara otomatis.

5. Paspor sulit untuk disalahgunakan

Di karenakan E-paspor menggunakan data yang valid. Tentunya chip yang ada di dalam paspor menjadi lebih sulit untuk di salahgunakan oleh orang lain. Sehingga data yang kamu miliki menjadi aman dan terjamin.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan saat memiliki E-paspor untuk wisata. Dengan begitu, sebaiknya kamu beralih dari paspor biasa menjadi E-paspor saat ingin berkunjung ke luar negeri.***

Baca Juga:  7 Cara Menentukan Tujuan Liburan Anda