Cityawesome.com – Rekomendasi Gunung Di Indonesia Untuk Pendaki Pemula. Hari libur atau masa liburan tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Namun siapa sangka, sekarang tidak hanya objek wisata yang menjadi alternatif setiap orang untuk menghabiskan waktu liburannya.

Sekarang semakin banyak yang memanfaatkan hari liburnya untuk mendaki gunung. Selain untuk mendapatkan pengalaman, mendaki gunung juga bisa menambah pertemanan dan menjaga kesehatan. Hal ini di karenakan jalur pendakian yang tentunya harus di tempuh dengan tenaga ekstra seperti halnya berolahraga.

Nah, untuk kamu yang masih pemula dan ingin mencoba pendakian. Ada baiknya jika kamu melakukan pendakian di gunung – gunung yang tidak terlalu ekstrim. Di karenakan mendaki gunung yang ekstrim harus dilakukan berdasarkan pengalaman, kamu bisa melakukan pendakian di gunung – gunung di bawah ini untuk mendapatkan pengalaman terlebih dahulu.

1. Gunung Nglanggeran

Rekomendasi gunung pertama yang bisa di katakan aman adalah Gunung Nglanggeran. Gunung ini tepatnya berada di Yogyakarta. Selain itu, gunung Nglanggeran ini hanya memiliki ketinggian 700 mdpl yang pastinya sangat aman untuk ditempuh oleh pendaki pemula.

Gunung Nglanggeran

Hal lain yang membuat gunung ini aman untuk didaki oleh pemula adalah jalur yang landai dan jalan setapak yang berasal dari batu. Tentunya akan memudahkan kamu untuk melakukan pendakian di gunung Nglanggeran ini.

2. Gunung Munara

Gunung berikutnya yang bisa di katakan aman untuk di daki oleh pemula adalah Gunung Munara. Hanya memiliki ketinggian 1119 mdpl, menjadikan gunung ini pilihan terbaik untuk di daki dan untuk memberikan pengalaman.

Gunung Munara

Namun kamu juga harus tetap berhati – hati karena jalan menuju gunung Munara ini terbilang terjal dan membahayakan. Gunung Munara ini tepatnya berada di Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Bogor.

Baca Juga:  Liburan Akhir Tahun Yang Aman Di Tengah Pandemi, Jangan Lupakan Ini!

3. Gunung Andong

Berada di wilayah jawa tengah. Gunung Andong bisa menjadi pilihan kamu untuk mendaki sebagai seorang pemula. Biasanya para pendaki mampu mencapai puncak hanya dengan kurun waktu 2 jam. Tepatnya berada di Kabupaten Magelang, gunung andong di kenal sebagai salah satu gunung yang ramah.

Gunung Andong

Selain itu, gunung andong juga sangat menarik untuk didaki. Karena kamu akan melihat pemandangan yang keren dan indah sepanjang perjalanan. Kamu juga tidak akan menemukan kesulitan saat mendaki karena jalur pendakiannya yang terbilang mudah.

4. Gunung Kencana

Selain gunung Munaran, Bogor masih memiliki gunung yang ramah untuk di daki oleh pendaki pemula. Gunung Kencana ini masih terbilang gunung baru. Hal ini di karenakan gunungnya yang baru di resmikan pada tahun 2016 silam.

Gunung Kencana

Meskipun terbilang baru, namun jangan salah karena gunung ini merupakan primadona bagi para pendaki hanya untuk sekedar hiking. Keindahan matahari terbit dan terbenam akan bisa kamu nikmati di puncak gunung Kencana ini.

Gunung Kencana juga memiliki jalur yang landai dan pastinya ramah untuk pendaki pemula. Nantinya kamu bisa menikmati pemandangan kebun teh di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan.

5. Gunung Panderman

Gunung Panderman menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk bisa di daki oleh pemula. Hal ini di karenakan gunung panderman yang hanya memiliki ketinggian 2045 mdpl.

Gunung Untuk Pendaki Pemula Panderman

Selain itu, gunung Panderman juga memiliki jalur pendakian yang terbilang landai dan mulus. Bahkan terbilang hampir tidak ada halangan yang kamu temui saat mendakai di gunung ini.

6. Gunung Ungaran

Jika kamu ingin mendaki di wilayah jawa tengah. Gunung Ungaran adalah rekomendasi terbaik untuk bisa kamu capai hingga ke puncak. Pasalnya gunung ungaran hanya memiliki tinggi 2050 mdpl. Kerennya lagi, gunung ungaran ini memiliki 3 puncak yaitu puncak Ungaran, puncak Gendol, dan juga puncak Botak.

Gunung Untuk Pendaki Pemula Ungaran

Nantinya kamu akan bisa melihat keindahan kota semarang beserta jejeran gunung lainnya dari puncak gunung Ungaran.

Baca Juga:  4 Tempat Wisata Jakarta Yang Sering Dikunjungi

7. Gunung Papandayan

Memiliki ketinggian 2265 mdpl. Gunung Papandayan di kenal dengan wisata gunung keluarga. Hal ini di karenakan jalur yang tersedia di gunung ini sangatlah landai dan mudah untuk di lewati.

Gunung Untuk Pendaki Pemula Papandayan

Gunung yang berada di Jawa Barat ini menjadi gunung tercantik dan tentunya ramah terutama untuk pendaki yang belum memiliki pengalaman. Kamu bisa memilih gunung papandayan untuk kamu daki karena kemegahan gunungnya dan jalur yang mudah untuk dilewati.

Selain itu, gunung Papandayan juga memiliki banyak kawah dan terdapat hutan mati serta padang edelweis yang tentunya bisa memanjakan mata.

Nah itulah beberapa rekomendasi gunung yang ramah untuk pemula. Pastikan kamu mempersiapkan segalanya dengan matang sebelum memulai pendakian.***