Cityawesome.com – Perempuan Liburan Sendiri? Travelling terkadang memang di butuhkan untuk melepas penat dari kesibukan sehari – hari. Namun beberapa dari kita justru bingung jika tidak memiliki teman untuk diajak pergi berlibur. Alhasil banyak yang memilih untuk solo travelling demi keinginan berlibur ke destinasi impian.

Perempuan Liburan Sendiri?

Sebenarnya sah – sah saja memilih solo travelling. Tapi bagaimana dengan wanita? Jika kamu wanita dan ingin pergi berlibur, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum pergi berlibur.

Hal ini tentunya untuk menghidari hal – hal yang tidak di inginkan terjadi seperti perampokan, atau bahkan pelecehan seksual. Jadi jika kamu ingin pergi berlibur namun hanya seorang diri, sebaiknya kamu simak tips – tips di bawah ini untuk menjadi acuan kamu sebelum solo travelling.

1. Perempuan Liburan Sendiri Harus Memawa Alat Pelindung Diri

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah alat pelindung diri. Saat ingin pergi berlibur sendirian, pastikan kamu membawa alat pengamanan diri. Namun jangan juga membawa alat pengaman yang berbahaya seperti pistol. Kamu bisa membawa semprotan merica untuk menghindari seseorang yang berniat buruk.

 Alat Pelindung Diri spray papper

Sebaiknya jangan membawa semprotan merica dengan ukuran yang besar. Bawalah yang kecil agar bisa di letakkan di saku baju atau celana. Pastikan juga kamu meletakkannya di tempat yang mudah untuk kamu jangkau.

2. Perempuan Liburan Sendiri Harus Menghindari Perjalanan Malam

Nah, saat melakukan perjalanan sendirian. Sebagai wanita, sebaiknya kamu hindari perjalanan di waktu malam. Lakukanlah travelling di siang hari. Selain itu juga jangan memilih jalanan yang sepi.

Pastikan kamu sudah berada di penginapan sebelum malam. Perjalanan malam pastinya lebih beresiko terjadinya hal – hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga:  6 Tips Liburan Seru Menggunakan Campervan

3. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Saat melakukan solo travelling, bawalah barang – barang yang mudah di gunakan. Seperti alas kaki, pastikan kamu membawa alas kaki yang mudah dan nyaman di pakai. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu untuk lari atau berjalan cepat saat ada sesuatu hal yang mencurigakan.

Hindari membawa barang yang justru kamu sendiri tidak nyaman saat memakainnya. Seperti High heels yang di rasa sangat tidak aman untuk kamu bawa saat solo travelling.

4. Cari Lokasi Penginapan yang Ramai

Kamu bisa mencari lokasi yang nyaman dan tentunya strategis. Tidak masalah jika kamu harus membayar lebih untuk penginapan yang strategis. Hal ini tentunya untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan terjadi.

4. Cari Lokasi Penginapan yang Ramai

Sebaiknya juga untuk mencari penginapan yang dekat dengan ATM dan tempat makan. Sehingga kamu tidak perlu berjalan jauh untuk mencari makan.

5. Jangan Terlalu Akrab dengan Orang Lain

Hindari terlalu akrab dengan seseorang yang tidak atau baru di kenal. Karena kamu tidak mengerti apa yang ada di dalam fikiran seseorang.

Jangan juga mengatakan kepada siapapun yang tidak kamu kenal jika kamu sedang melakukan solo travelling. Hal ini bisa saja memancing seseorang untuk melakukan hal – hal jahat terhadapmu.

6. Jangan Terlihat Kebingungan

Saat sedang melakukan perjalanan, usahakan kamu tidak menunjukkan wajah yang kebingungan. Mungkin kamu bisa saja kebingungan, namun pastikan kamu tidak menampakkannya kepada orang lain.

Jika kamu ingin bertanya, pastikan kamu bertanya dengan orang yang tepat, seperti sesama wanita, atau petugas keamanan yang sedang berjaga.

7. Hindari Menggunakan Pakaian Terbuka untuk Perempuan yang Sedang Liburan Sendiri

Hindari menggunakan pakaian yang terbuka saat melakukan perjalanan seorang diri. Kamu juga bisa mengalihkan perhatian orang lain dengan menggunakan pakaian yang biasa di pakai orang lokal sekitar.

Baca Juga:  Tips dan Persiapan Sebelum Road Trip yang Seru¬†¬†

Atau kamu juga bisa memakai pakaian biasa namun tidak mengundang perhatian orang lain untuk melihatmu. Intinya jangan menggunakan pakaian atau aksesoris apapun yang tidak biasa di daerah yang sedang kamu kunjungi.

Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan seorang diri terutama pada wanita. Karena kita tidak tahu, kejahatan bisa terjadi di manapun dan kepada siapapun. Kamu harus bisa memastikan keselamatanmu sebelum melakukan solo travelling.***