Cityawesome.com – Top 5 Kopi Asli Indonesia Yang Populer dan Mendunia. Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbaik. Selain itu tentunya biji kopi yang di hasilkan di setiap daerah memiliki kualitas rasa yang bervariasi. Bahkan kerennya lagi, Indonesia menjadi produsen kopi terbesar ketiga lho setelah Brazil dan Kolombia.

Produksi tahunan yang mencapai 600 ribu ton membuat Indonesia mampu untuk menyuplay 7% kebutuhan kopi dunia. Lalu apa saja kopi terbaik Indonesia yang mendunia?

Berikut ini adalah beberapa kopi terbaik Indonesia yang populer dan berhasil mendunia.

1. Kopi Gayo asal Aceh

Kopi terbaik di Indonesia yang pertama adalah Kopi Aceh. Aceh memang sangat terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Selain itu banyak macam kopi asal Aceh yang sukses mendunia dan salah satunya adalah kopi Gayo.

Gayo sendiri merupakan jenis kopi arabika yang tumbuh di dataran tinggi Aceh Tengah dan Gayo Lues. Selain itu kopi ini juga memiliki rasa yang earthy yaitu seperti aroma tanah yang tersiram air hujan. Kopi aceh satu ini memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dengan tingkat kepahitan yang kuat.

2. Kopi Mandailing Sumatera

Sumatera menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia yang juga sukses mendunia. Namun di antara semua daerah penghasil kopi, Mandailing menjadi salah satu daerah dengan penghasil kopi berkualitas tinggi. Selain itu kopi Mandailing juga memiliki tekstur yang halus, sedikit asam, serta memiliki aroma tanah dan tembakau.

2. Kopi Mandailing Sumatera

Menurut cerita yang beredar, awalnya kopi Mandailing berawal dari biji kopi yang di bawa dari mekkah. Kemudian biji kopi tersebut di tanam di Minangkabau saat pemerintahan Hindia Belanda.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Wisata Kuliner Batam : Wajib Dinikmati Saat Berkunjung

3. Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali juga menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia yang sudah mendunia lho. Hal ini di karenakan kualitas kopi bali yang memang telah teruji. Kopi Kintamani menjadi yang paling populer di antara semua jenis kopi yang berasal dari Bali.

Kopi Bali Kintamani

Selain itu, kopi Kintamani juga masih di olah dengan metode yang tradisional. Yaitu menggunakan sistem pengairan tradisional Bali yang kemudian di tanam di dataran tinggi yang sejuk.

Hal ini menjadikan Kopi Kintamani memiliki rasa yang sedikit pahit dan di sertai aroma jeruk citrus. Sehingga rasa kasaman yang terdapat pada kopi Bali yang satu ini bercampur dengan jeruk sehingga menghasilkan cita rasa yang unik.

4. Kopi khas Toraja

Ngomongin soal kopi terbaik di Indonesia, gak lengkap rasanya kalau tidak ada kopi khas Toraja di dalamnya. Kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan ini nyatanya tidak hanya terkenal di penjuru negeri tapi juga di penjuru dunia.

Kopi Indonesia Yang Populer Kopi khas Toraja

Bahkan Jepang dan Amerika menganggap bahwa kopi Toraja merupakan salah satu jenis kopi premium. yang membuatnya berbeda adalah kopi Toraja tidak meninggalkan rasa asam di lidah. Selain itu terdapat tambahan rasa kayu dan sedikit rasa tanah yang membuatnya terasa lebih nikmat.

5. Kopi Luwak

Menjadi kopi yang terbilang mahal di antara jenis kopi lain di Indonesia. Hal ini di karenakan proses pembuatannya yang harus melakukan fermentasi dari dalam tubuh luwak. Hanya saja luwak memang hanya akan memakan biji kopi yang berkualitas baik untuk di lakukan fermentasi.

Kopi Indonesia Yang Populer Luwak

Kopi luwak memiliki rasa yang sedikit fruity dan di sertai dengan rempah yang terbilang cukup unik. Bahkan kadar kafein yang terdapat pada kopi luwak juga terbilang rendah. Hal ini tentunya akan aman untuk di konsumsi oleh siapapun.***