Cityawesome.com – Oleh – oleh khas Manokwari. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan destinasi wisata di dalamnya. Untuk itu, tidak ada satu kota pun yang tertinggal menjadi tujuan wisat bagi masyarakatnya.

Salah satu kota yang tidak ketinggalan adalah Manokwari. Berlokasi di Provinsi Papua Barat, kota yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata populer bagi para wisatawan.

Namun tidak hanya keindahan wisata di dalamnya yang menggugah minat. Oleh – oleh khas di sana juga bisa di katakan oke untuk bisa kamu bawa pulang. Berikut adalah beberapa di antaranya !

1. Abon Gulung

Menjadi salah satu rekomendasi oleh – oleh khas Manokwari yang bisa kamu bawa pulang. Abon gulung merupakan roti yanag siberi isian berupa abon, daging cincang, hingga daun bawang.

1. Abon Gulung

Selain itu pengemasan abon gulung juga cukup praktis hingga cocok untuk dibawa pulang.

Kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh – oleh yang ada di sekitar kota Manokwari. Harga yang di banderol untuk makanan yang satu ini juga terbilang cukup terjangkau.

2. Noken

Oleh – oleh khas lainnya yang bisa kamu beli saat berlibur ke Manokwari adalah Noken. Noken sendiri merupakan ta tradisional yang bahkan sudah di akui debagai situs warisan dunia tak benda karena keunikannya.

2. Noken

Yang membuat berbeda antara tas noken khas Manokwari dengan tas pada umumnya adalah cara pemakaian di mana kamu akan mengalungkan tas noken di atas kepala.

3. Buah Merah

Menjadi buah yang terbilang cukup populer di manokwari. Kamu bisa menjaadikan buah merah sebagai oleh – oleh untuk oang tersayang di rumah.

oleh oleh khas manokwari Buah Merah

Selain itu buah yang satu ini juga memiliki tampilan yang unik dan bahkan di percaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata seru di Ancol 2019

Umumnya masyarakat Manokwari sendiri memakan buah merah dengan cara dipanggang maupun terlebih dahulu. Meski sebenarnya makanan ini bisa di makan secara langsung.

4. Kopi Arfak

Untuk kamu yang suka ngopi, Kopi Arfak khas Manokwari ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa kamu bawa pulang.

oleh oleh khas manokwari Kopi Arfak

Selain itu kopi yang satu ini juga hanya di dapatkan dari pegunungan Arfak yang sekalgus menjadi kopi peninggalan Belanda.

5. Keripik Keladi

Terbuat dari bahan utama yaitu ubi Keladi. Kamu bisa menjadikan keripik Keladi sebagai oleh – oleh yang bisa di bawa pulang.

oleh oleh khas manokwari. Keripik Keladi

Rasa yang di hasilkan oleh makanan yang satu ini juga sangat lezat karena proses pengolahannya yang di beri bumbu tambahan seperti bawang putih, cabe, dan garam.

Kamu juga bisa menemukan makanan ini dengan mudah di berbagai toko oleh – oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Batik Papua

Indonesia menjadi negara yang memang tidak lepas dari batik. Saat berkunjung ke Manokwari, kamu bisa membeli batik khas Papua untuk dijadikan sebagai oleh – oleh khas.

Selain itu keunikan dari motif yang ada pada batik Papua ini adalah burung Cendrawasih yang melambangkan suku Asmat.

oleh oleh khas manokwari Batik Papua

Batik papua juga di banderol dengan harga yang terjangkau serta memiliki berbagai macam motif yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Meskipun terbilang cukup sulit menemukan kopi arfak di Manokwari itu sendiri, namun saat kamu terus berusaha pasti akan dengan mudah menemukan kopi dengan kelezatan alami di sana.

Nah itulah beberapa oleh – oleh khas Manokwari yang bisa kamu kunjungi. Pastikan pperjalanan kamu ke Manokwari menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.***