Cityawesome.com – Negara terkecil di dunia. Wilayah merupakan sebuah daerah yang menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Setelah masa kolonialisme, setiap negara membuat batas – batas yang menduduki negaranya masing – masing.

Setiap negara tentunya memiliki luas wilayah yang berbeda – beda. Kamu salah besar jika berfikir semua negara memiliki luas wilayah yang besar.

Nyatanya beberapa negara juga ada yang luasnya tidak lebih dari DKI Jakarta. lalu apa saja negara tersebut? Inilah beberapa negara yang memiliki luas wilayah terkecil di dunia.

1. Vatikan

Menjadi salah satu negara yang memiliki luas wilayah terkecil. Bahkan negara Vatikan memiliki luas yang tidak lebih dari 0.44 KM2 dengan jumlah penduduk hanya sekitar 1000 jiwa.

negara terkecil di dunia vatikan

Selain itu, negara ini juga di sebut sebagai negara enklave karena lokasinya yang berada di dalam negara lain yaitu Italia.

Vatikan juga menjadi negara yanag memiliki destinasi wisata sejarah, oleh karenanya meskipun ukurannya terbilang kecil namun tidak menyurutkan para wisatawan untuk berkunjung ke negara tersebut.

Negara ini juga menganut sistem pemerintahan Teokrasi yang berdasarkan agama.

2. Monako

Negara terkecil di dunia selanjutnya adalah Monako. Berada di benua Eropa, dan di kelilingi oleh negara Perancis. Monako berada di daerah perbukitan yang berhadapan langsung dengan laut mediterania.

negara terkecil di dunia monako

Meskipun hanya memiliki luas wilayah sekitar 2.02 KM2 namun jumlah penduduknya terbilang banyak yaitu sekitar 30 ribu jiwa.

3. Liechtenstein

Memiliki luas yang hanya sekitar 160 KM2 membuat Liechtenstein masuk dalam kategori negara terkecil di dunia. Berada di wilayah benua Eropa, negara ini memiliki jumlah penduduk setidaknya 37 ribu jiwa.

3. Liechtenstein

Selain itu, sebagian besar penduduknya berasal dari negara tetangga yaitu Jerman, Swiss, dan juga Austria. Negara yang di pimpin oleh seorang perdana menteri ini rata – rata penduduknya adalah beragama Katholik Roma.

Baca Juga:  Tips Naik Transportasi Umum Di Jepang Untuk Pemula

4. Nauru

Salah satu negara terkecil di dunia lainnya adalah Nauru. Berada di benua Australia, Nauru memiliki luas wilayah yang tidak lebih dari 21 KM2.

Negara yang memiliki jumlah penduduk sekitar 9.540 jiwa ini juga masuk dalam kategori negara yang kaya. Hal ini di sebabkan oleh negara Nauru yang sempat memiliki pertambangan fosfat yang sangat melimpah.

negara terkecil di dunia nauru

Hanya saja seiring berjalannya waktu, pertambangan tersebut membuat wilayah tertentu di Nauru mengalami kerusakan. Selain itu, fosfat juga merupakan kekayaan alam yang tidak bisa di perbaharui, sehingga akan terus berkurang jumlahnya apabila terus di tambang.

5. Tuvalu

Masuk kedalam kategori negara terkecil di dunia. Tuvalu yang biasa di sebut sebagai kepulauan Ellice, memiliki luas wilayah sekitar 26 KM2.

negara terkecil di dunia tuvalu

Terletak di antara negara Hawaii dan Australia yang tepatnya berada di Samudera Pasifik. Negara ini memiliki jumlah penduduk setidaknya 10 ribu jiwa di dalamnya.

Selain itu, dataran rendah yang berada di negara ini bahkan lebih rendah di banding dengan lautnya. Hal itulah yang membuat penduduk dari negara ini terancam terutama saat terjadinya air laut yang pasang.

6. Kepulauan Marshall

Salah satu negara terkecil lainnya adalah Kepulauan Marshall yang memiliki luas wilayah sekitar 181 KM2. Selain itu, negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 58 ribu jiwa di dalamnya.

kepulauan marshall

Meskipun masuk dalam kategori negara terkecil di dunia, namun Kepulauan Marshall sendiri menjadi negara yang terdiri dari pulau – pulau yang jumlahnya lebih dari 1000 pulau.

Nah itulah beberapa negara terkecil di dunia yang penting untuk kamu ketahui. Jika kamu penasaran, kamu bisa banget meluangkan waktu untuk berkunjung ke negara tersebut. Meskipun menjadi negara terkecil, namun beberapa negara di atas juga sangat layak untuk di jadikan destinasi wisata liburan kamu lho.***