Cityawesome.com – Fakta unik Brunei Darussalam. Negara Brunei Darussalam adalah negara yang berdaulat. Berada di Asia Tenggara tepatnya di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 5.765 KM2 yang di pisahkan ke dalam 2 negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak dan juga Sabah.

Menurut Dana moneter Internasional, Brunei Darussalam memiliki produk domestik bruto perkapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan berbelanja.

Oleh karenanya, tidak salah jika Forbes menempatkan negara yang satu ini menjadi negara terkaya kelima dari 182 negara lainnya. Hal ini di karenakan Brunei Darussalam sendiri memiliki ladang minyak bumi dan juga gas alam yang terbilang luas.

fakta unik brunei darussalam

Nah, untuk kamu yang penasaran. Berikut ini fakta menarik negara Brunei Darussalam untuk kamu ketahui.

1. Salah satu negara makmur di Asia Tenggara

Menjadi salah satu negara yang terbilang makmur di Asia Tenggara. Brunei Darussalam memiliki pendapatan nasional atau PDB alias Produk Domestik Bruto yang tinggi.

Bahkan pada tahun 2018, negara ini mencapai PDB hingga 71.802 USD. Tentunya hal ini di sokong dengan kekayaan Brunei Darussalam yang sebagian besar berasal dari minyak bumi dan juga gas alam.

Selain itu, pemimpin dari negara Brunei juga menempati istana mewah yang memiliki 1.788 kamar, 257 kamar mandi, ruang perjamuan yang luas, masjid agung, 5 kolam renang, 18 lift.

Tidak hanya itu, di sana juga terdapat kandang ber AC yang di khususkan untuk 200 kuda polo. Kurang mewah gimana tuh istanannya?

2. Tingkat harapan hidup yang tinggi

Brunei Darussalam menjadi salah satu negara yang memiliki harapan hidup tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan pada tahun 2020, angka harapan hidup di negara tersebut mencapai rata – rata hingga 75.93.

Baca Juga:  Fakta Unik Negara India, Ketahui Sebelum Berkunjung Ke India

Angka tersebut terbilang cukup tinggi dan tentunya banyak alasan mengapa negara ini memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

tingkat harapan hidup yang tinggi

Salah satu yang menjadi alasannya adalah di karenakan Brunei Darussalam sangat menjamin kehidupan penduduknya dari semua aspek. Layanan pendidikan dan kesehatan di sana bisa di akses oleh masyarakatnya secara gratis.

Bahkan negara ini juga memberikan aturan bebas pajak untuk semua penduduknya. Gak salah memang jika kata dari Brunei Darussalam memiliki arti “tempat tinggal yang damai”.

3. Melarang penjualan dan konsumsi alkohol

Jika kamu berkunjung kesana, jangan harap bisa menemukan penjual alkohol dengan mudah. Hal ini di karenakan Brunei Darussalam melarang penjualan dan konsumsi minuman alkohol.

Namun untuk wisatawan dewasa yang beragama non Muslim di perbolehkan membawa minuman keras maksimal 2 liter atau sekitar 12 kaleng bir per orang.

melarang penjualan dan konsumsi minuman alkohol

Jika kamu ingin membawanya kesana, jangan lupa juga untuk melapor ke bea cukai bandara dan sampaikan jika minuman beralkohol itu untuk konsumsi pribadi.

4. Rendahnya tingkat kejahatan

Fakta menarik lainnya dari negara yang menganut hukum islam ini adalah tingkat kejahatan di dalamnya yang rendah. Selain itu, Brunei Darussalam juga mengeluarkan aturan yang menjamin keselamatan bagi setiap warganya.

Club malam pun sudah di larang beroperasi di sana bahkan sejak tahun 1990an. Kemudian pada tahun 2011 Brunei darussalam juga sudah mengharamkan rokok.

Dan pada tahun 2014 negara tersebut sudah mengesahkan homoseksual sebagai kejahatan yang pelakunya bisa di penjara 10 tahun atau yang lebih sadis lagi bisa di hukum rajam.

Nah, itulah fakta unik tentang negara Brunei darussalam. Meskipun negaranya terbilang kecil, namun kesejahteraan masyarakatnya menjadi hal yang di utamakan di sana.***