Cityawesome.com – Tips membuat paspor pertama kali. Berpergian keluar negeri menjadi hal yang paling di impikan bagi kebanyakan orang. Namun tentunya banyak hal yang harus di persiapkan saat ingin berkunjung ke luar negeri.

Terlebih jika kamu baru pertama kali akan melakukan perjalanan keluar negeri. Entah untuk berlibur atau bekerja, saat berkunjung ke luar negeri kamu di wajibkan untuk memiliki paspor.

tips membuat paspor pertama kali

Jika kamu sebelumnya tidak memiliki paspor dan baru ingin membuat paspor, berikut ini beberapa tips yang harus di perhatikan saat membuat paspor untuk pertama kalinya.

1. Siapkan dokumen yang di butuhkan jauh – jauh hari

Saat pertama kali akan membuat paspor, sebaiknya kamu meyiapkan dokumen yanag di butuhkan jauh – jauh hari. Sehingga kamu tidak akan mengalami masalah apapun saat sudah datang kekantor Imigrasi.

Biasanya dokumen yang di butuhkan berupa fotocopy Kartu Keluarga, KTP, Akte Kelahiran, Ijazah, Surat tekomendasi bagi pemohon yang berstatus karyawan, dan beberapa dokumen identitas lainnya.

1. Siapkan dokumen yang di butuhkan jauh - jauh hari

Pastikan kamu menyusun dokumen yang di perlukan dengan rapih. Selain itu kamu bisa memasukkannya kedalam map khusus agar tidak ada yang tertinggal satupun. Sebaiknya kamu juga membawa dokumen asli untuk diperlihatkan kepada petugas.

2. Datang pada pagi hari dan gunakan pakaian yang rapih dan sopan

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan saat baru pertama kali membuat paspor yaitu datanglah di pagi hari. Selain itu pasatikan juga kamu menggunakan pakaian yang sopan dan rapih.

Selain itu dengan berangkat pagi tentunya kamu akan mendapatkan nomer antrian paling awal sehingga mempercepat proses pengajuan data.

2. Datang pada pagi hari dan gunakan pakaian yang rapih dan sopan

3. Sebaiknya mengajukan paspor tidak mendadak

Saat baru pertama kali ingin membuat paspor, sebaiknya kamu mengurus sejak jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Hindari mengajukan paspor di waktu yang sudah mepet untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi.

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Akuarium Terbaik Di Dunia

Kamu bisa membuat paspor setidaknya sebulan sebelum berangkat keluar negeri.

4. Menggunakan data yang valid dan benar

Pastikan semua data yang kamu ajukan dalam pembuatan paspor adalah data yang valid. Hal tersebut di karenakan data palsu yang di berikan saat mengajukan paspor akan berujung pada tindak pidana.

tips membuat paspor pertama kali Menggunakan data yang valid dan benar

Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan data asli dan tidak ada yang di ubah.

5. Membawa alat tulis dan materai jika di butuhkan

Sebelum berangkat ke kantor imigrasi, alangkah baiknya jika dari rumah kamu sudah menyiapkan alat tulis dan juga materai. Namun biasanya materai di butuhkan untuk membuat surat kuasa saat mengurus paspor milik orang lain.

Alat tulis akan di butuhkan untuk mengisi formulir yang di perlukan.

6. Memanfaatkan layanan online kantor imigrasi setempat

Di zaman yang serba teknologi ini ada baiknya bisa kamu manfaatkan untuk mengurus paspor. Kamu bisa mengunjungi situs resmi kantor imigrasi untuk mendapatkan informasi dan kemudahan saat mengurus paspor.

tips membuat paspor pertama kali Memanfaatkan layanan online kantor imigrasi setempat

Selain itu biasanya imigrasi juga tidak hanya memberikan informasi mengenai paspor melainkan juga mengenai visa dan izin tinggal.

7. Sebaiknya tidak menggunakan jasa Calo

Untuk menghindari paspor palsu, sebaiknya kamu tidak menggunakan jasa calo dalam pembuatan paspor. Selain itu, biasanya jasa calo juga membutuhkan biaya yanng mahal.

Pastikan kamu mengurus pembuatan paspor diri sendiri karena prosesnya juga tidak lama.

Nah itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat baru pertama kali membuat paspor. Sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips di atas dengan baik agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar.***

Baca Juga:  Cara Membuat Bir Pletok Ala Betawi dengan 2 Resep Ini