Cityawesome.com – Tips naik transportasi umum di Jepang. Berkunjung ke negara Jepang menjadi hal yang paling di impikan bagi siapapun. Hal tersebut di karenakan Jepang memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Banyak hal yang bisa kamu pelajari saat berkunjung ke negara yang satu ini.

Saat berkunjung kesana untuk pertama kali, tentunya ada beberapa hal yang mungkin harus kamu pelajari terlebih dahulu. Salah satunya adalah tips untuk naik transportasi umum di Jepang. Hal ini terbilanng sangat penting mengingat saat berkunjung kesana kamu pasti akan berjalan – jalan dan berkeliling kota.

Nah untuk kamu yang masih pemula tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa tips naik transportasi umum di Jepang yang bisa jadi referensi kamu.

1. Bus

Dengan menaiki bus, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran. Jika kamu memilih bus untuk perjalanan, kamu bisa mebeli kaartu IC alias kartu transportasi umum di Jepang.

bus

Saat kamu sudah mengisikan saldo, kamu bisa menggunakannya untuk bus, subway, dan juga kereta. Nantinya pembayaran tiket akan di lakukan di dalam bus. Namun pastikan kamu menaiki bus hanya di halte dan juga turun hanya di halte.

2. Tiket Kereta Seishun 18 Kippu

Merupakan kereta api musiman yang memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan ke seluruh penjuru Jepang. Namun tiket ini hanya di jual tiga kali dalam setahun yaitu saat musim liburan sekolah.

Selain itu kamu bisa membeli tiket ini di sebagian besar stasiun JR yang ada di seluruh Jepang. Nantinya kamu bisa menggunakan semua jenis kereta mullai dari Shinkansen, komuter lokal, bus, dan juga fery yanag tergabung dengan Japan Rail.

Baca Juga:  11 Tips Mendaki Dimusim Hujan Yang Harus Diperhatikan

3. Shinkansen

Merupakan kereta peluru yang banyak di sukai oleh para wisatawan. Kamu bisa dengan mudah menaiki Shinkansen ini. Pertama kamu hanya perlu datang langsung ke stasiun keberangkatan dan membeli tiketnya secara langsung.

shinkansen

Selain itu untuk menghindari kehabisan tiket, kamu bisa memesannya beberapa hari sebelum keberangkatan melalui tiket yang menyediakan pemesanan tiket online.

4. Tiket Kereta Subway Pass

Menjadi sistem transit cepat yang terdiri dari Tokyo Metro dan juga Toei Subway. Kereta bawah tanah ini menjadi yang paling favorit di kota Tokyo.

Hal tersebut di karenakan jalurnya berada di pinggiran kota. Untuk bisa memiliki tiketnya, kamu bisa membeli di mesin penjual otomatis khusus subway di mana kamu bisa menemukannya di gerbang masuk stasiun.

5. Tiket Kereta Reguler

Kereta regular bisa menjadi pilihan saat kamu ingin melakukaan perjalanan jarak dekat di Jepang. Untuk harga tiket sendiri biasanya akan di hitung berdasarkan jarak antara stasiun keberangkatan dan juga stasiun tujuan.

naik transportasi umum di jepang kereta reguler

Kamu bisa membeli tiketnya di loket ataupun mesin tiket yang ada di stasiun. Harga perkilometernya berkisar 20 yen untuk jaraak dekat dan 10 yen untuk jarak jauh.

6. Tiket Kereta JR Tokyo Wide Pass

Merupakan tiket kereta yang hanya bisa di gunakan untuk pemegang paspor non Jepang. Tiket kereta JR Tokyo Wide Pass menyediakan perjalanan tanpa batas menggunakan kereta JR.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kereta non JR tertentu khusus di wilayah Kanto selama tiga hari berturut – turut.

Kamu bisa membelinya di Bandara narita, bandara Haneda, dan juga beberapa stasiun kereta yang ada di Tokyo.

7. Tiket Kereta IC Card

Seperti layaknya bus, kamu bisa menggunakan kartu IC untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta. Pastikan kamu tidak kehabisan saldo saat ingin melakukan perjalanan.

naik transportasi umum di jepang ic card

Namun jika kamu belum memiliki kartu IC, kamu bisa membelinya di loket maupun mesin tiket kereta yang ada di setiap stasiun.

Baca Juga:  Mengatasi 5 Masalah Umum Yang Sering Terjadi Saat Traveling

Untuk biaya pembelian kartu IC ini terdiri dari deposit yang nantinya akan di kembalikan yaitu sebesar 500 yen.

8. Tiket Kereta Japan Rail Pass

Kamu bisa menggunakan semua jenis kereta JR dari selatan Jepang hingga ke Utara Jepang hanya dengan menggunakan tiket Japan Rail Pass.

Selain itu, Japan Rail Pass sendiri hanya bisa di gunakan untuk turis asing yang sedang berlibur ke Jepang. Kamu bisa membeli tiketnya melalui internet atau agen yang menjual secara khusus.

Bahkan kamu juga bisa membelinya di beberapa bandara yang ada di Jepang.

9. Taksi

Jika kamu ingin melakukan perjalanan yang membawa begitu banyak barang, kamu bisa menggunakan Taksi sebagai alternatif perjalanan.

naik transportasi umum di jepang taksi

Cara naik taksi di Jepang juga sangatlah mudah, sama seperti di Indonesia kamu bisa langsung menaiki taksi dan memberi tahu mengenai tujuan ke sopir.

Layaknya Indonesia, saat ini kamu bisa memesan taksi secara online di Jepang melalui layanan Uber dan juga Line Taxi.***