Cityawesome.com – Kebiasaan masyarakat Jepang. Jepang menjadi salah satu negara favorit untuk berlibur. Hal tersebut di karenakan keindahan destinasi wisata yang tersedia di sana.

Selain itu Jepang juga memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia. Hal tersebut jugalah yang menjadi alasan banyak wisatawan Indonesia yang ingin berlibur ke Jepang.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke negeri sakura ini. Namun bagaimana dengan masyarakat Jepang?

Nah, pada artikel kali ini akan di bahas mengenai kebiasaan orang jepang yang mungkin terdengar aneh oleh masyarakat Indonesia. Berikut ulasannya !


1. Tidak melakukan salaman dengan sentuhan fisik

1. Tidak melakukan salaman dengan sentuhan fisik

Hal ini mungkin sudah banyak yang tahu. Jika masyarakat Jepang tidak bersalaman dengan menggunakan tangan.

Mereka memberikan salam dengan membungkukkan badan. Tentunya hal ini menjadi perbedaan yang cukup signifikan dengan Indonesia.

2. Menyukai makanan mentah

2. Menyukai makanan mentah

Saat berkunjung ke Jepang, jangan kaget jika kamu menemukan banyak makanan mentah di sana. Hal tersebut di karenakan masyarakat Jepang memang menyukai makanan mentah seperti sushi dan sashimi yang menggunakan ikan mentah sebagai bahan utama.

Sangat jauh berbeda dengan masyarakat Indonesia yang lebih menyukai makanan matang.

3. Penggunaan media sosial

Masyarakat Jepang sangat terkenal dengan sopan santunnya. Hal tersebut terlihat juga di sosial media mereka, di mana meskipun sudah saling mengenal satu sama lain, namun mereka tetap meminta izin jika ingin follow atau menambah pertemanan di sosial media.

4. Tidak menyukai makanan pedas

kebiasaan masyarakat jepang Tidak menyukai makanan pedas

Jika di Indonesia tidak bisa makan tanpa menggunakan sambal. Berbeda dengan Jepang yang masyarakatnya sama sekali tidak menyukai makanan pedas.

Mungkin hanya beberapa saja di antara mereka yang menyukai makanan pedas.

Baca Juga:  6 Street Food Jepang Terenak yang Wajib Kamu Coba

5. Gaya bercanda masyarakat Jepang

Perbedaan kebudayaan tentunya berpengaru kepada perilaku masyarakat. Sama halnya dengan Jepang di mana mereka memiliki gaya bercanda yang sama saat kita melihat film Jepang di TV.

Jika di masyarakat Indonesia lebih sering bercanda menggunakan kata – kata, maka masyarakat Jepang melakukan candaan seperti memukul kepala dengan keras.

6. Tidak boleh menggunakan anting

kebiasaan masyarakat jepang Tidak boleh menggunakan anting

Berbeda dengan Indonesia, masyarakat Jepang sendiri tidak terbiasa menggunakan anting. Bahkan jika ada siswa yang menggunakan anting di sekolah maka akan di cap sebagai anak nakal.

Sedangkan di Indonesia menggunakan anting menjadi hal yang umum dan hampir semua wanita menggunakan anting.

7. Biaya potong rambut yang mahal

Jika di Indonesia kamu menemukan banyak salon potong rammbut dengan harga terjangkau. Berbeda dengan Jepang di mana biaya potong rambut terbilang mahal.

Bahkan beberapa sumber menyebutkan bahwa biaya paling murah untuk potong rambut di Jepang adalah sekitar Rp 130ribuan untuk pria dan Rp 650 ribuan untuk wanita.

8. Banyak onsen (Pemandian air panas)

kebiasaan masyarakat jepang Banyak onsen (Pemandian air panas)

Apabila berkunjung ke Jepang, pastikan kamu tidak melewatkan onsen alias pemandian air panas. Di Jepang sendiri terkenal dengan onsen dan kamu bisa menemukannya di banyak tempat.

Nantinya saat berkunjung kesana kamu bisa mandi air panas dengan tidak menggunakan pakaian. Namun jangan khawatir karena kamu akan mandi di pemandian sesama jenis.


Kesimpulan

Itulah beberapa kebiasaan masyarakat Jepang yang sangat berbeda dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Hal tersebut di karenakan perbedaan budaya yang tentunya berpengaruh dengan kebiasaan masyarakatnya.

Namun demikian, setidaknya kamu sudah mengetahui apa saja yang menjaadi kebiasaan masyarakat Jepanng. Sehingga saat berkunjung ke negeri sakura ini kamu tidak melakukan kesalahan terhadap masyarakat lokal di sana.***