Cityawesome.com – Cara menjadi travel Vlogger. Kemajuan teknologi memungkinkan siapapun untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari Internet. Di mana banyak sekali pekerjaan yang bisa di lakukan seperti Vlogger, Blogger, Youtuber, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu ingin mendapat penghasilan dari internet, Vlogger bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamu pilih. Namun pastikan untuk memilih tema Vlog yang sesuai. Salah satu tema Vlog yang banyak di gunakan adalah Vlog Perjalanan. Bahkan nantinya kamu akan bisa mendapatkan kesempatan untuk berlibur secara gratis.

cara menjadi travel vlogger

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara mudah membangun Vlog Perjalanan untuk mendapatkan uang dan liburan gratis.


Apa itu Travel Vlogger ?

Untuk kamu yang masih awam, vlog perjalanan merupakan video pendek di mana kamu merekam perjalanan yang kamu lakukan. Selain itu biasanya vlogger perjalanan akan membagikan video di berbagai media sosial yang bertujuan untuk memberikan informasi serta gambaran dari perjalanan yang mereka lakukan.


Jenis video Vlog Perjalanan

Vlog perjalanan memiliki beberapa jenis. Hal ini di karenakan para vloggers di dunia membuat vlog tertentu dan berbeda sehingga membuat penonton menjadi tertarik. Berikut ini beberapa jenis vlogger perjalanan secara umum :

Jenis video Vlog Perjalanan
  • Vlog perjalanan yang serupa dengan blog namun dalam bentuk video.
  • Pemandu wisata, biasanya berisikan tips bermanfaat untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu tempat.
  • Pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah temmpat wisata.
  • Vlogger spesialisasi, di mana vlogger jenis ini hanya mengambil 1 spesialisasi saja namun dengan informasi yang lengkap. Misalkan vlogger yang berfokus pada kulinernya sehingga mereka akan memberikan informasi bahkan tidak jarang hingga rating.

Cara menghasilkan uang dari Travel Vlog

Jika kamu ingin menghasilkan uang dari Vlog perjalanan, berikut ini beberapa peluang yang akan di dapatkan seorang travel vloggers untuk menghasilkan uang :

  • Menjadi afiliator mulai dari hotel, tempat wisata, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Menghasilkan uang dari Youtube.
  • Membuat eBook atau penulisan blog.
Cara menghasilkan uang dari Travel Vlog

Namun jika kamu ingin lebih cepat untuk menghasilkan uang dari vlog, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang di butuhkan dengan seksama mulai dari alat syuting, proses editing yang bagus, tujuan wisata, dan beberapa lagi yang lainnya.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Terbaik Untuk Menikmati Bunga Sakura Selain Jepang

Selain itu ada banyak platform vlog yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang. Beberapa di antaranya adalah Youtube, Tripoto, Tumblr, bahkan hingga WordPress untuk membangun situs webnya.


Tips memulai Travel Vlogger

Pastikan kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk memulai vlog perjalanan dan menghasilkan uang dari sana.

1. Tentukan Niche

Sebaiknya untuk memilih spesialisasi dari vlog travel untuk bisa menjangkau lebih banyak penonton. Selain itu nantinya kamu bisa terlihat lebih menonjol pada satu hal.

2. Lihatlah kompetisi

Dalam artian tips yang satu ini mengharuskan kamu untuk bisa melihat travel vloggers lain terutama pada niche yang sama. Sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan inspirasi dari mereka.

3. Siapkan perlengkapan

Untuk mulai menjadi travel vlogger, sebaiknya untuk kamu mempersiapkan segala perlengkapannya seperti kamera, mikrofon dan beberapa lensa untuk meningkatkan kualitas video.

cara menjadi travel vlogger perlengkapan travel vlog

4. Belajar editing

Tips yang satu ini terbilang penting untuk dikuasai. Agar bisa menjadi travel vlogger yang sukses di butuhkan juga kemampuan editing sehingga menghasilkan kualitas video yang sempurna.

5. Optimalkan SEO

Pastikan video yang kamu buat bisa menjangkau audiens. Oleh karenanya kamu bisa memanfaatkan teknik SEO.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang travel vloggers. Sebenarnya cara yang sudah di jelaskan di atas terbilang cukup simple. Hanya saja di butuhkan komitmen yang tinggi di dalam diri untuk bisa membuat video dengan rutin dan terus menerus.***