Cityawesome.com – Cara agar liburan menjadi murah. Saat ingin berlibur, kebanyakan orang selalu memikirkan tentang budget yang harus di keluarkan. Tak jarang juga liburan menjadi gagal karena uang yang di rasa akan kurang.

Sebenarnya kamu bisa mengatur pengeluaran budget liburan, agar bisa merasakan liburan murah dan tentunya menyenangkan.

Cara agar liburan menjadi murah

Untuk menyiasatinya, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini. Sehingga kamu masih bisa liburan puas dengan budget yang minim.

1. Hindari musim liburan

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya liburan adalah dengan pergi saat hari kerja. Biasanya saat berwisata di hari libur, tiket rekreasi dan juga transportasi akan lebih mahal di banding hari biasa.

Oleh karena itu, dengan berlibur saat hari biasa atau hari kerja, kamu akan menghemat pengeluaran untuk tiket transportasi maupun rekreasi. Selain itu tentunya kamu juga akan terhindar dari macet yang akan sangat menyebalkan.

2. Gunakan travel agent

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan liburan murah adalah dengan mengikuti paket wisata. Agen travel menyediakan paket wisata murah dengan berbagai fasilitas yang bisa kamu dapatkan.

Gunakan travel agent

Tidak hanya itu saja, biasanya paket wisata yang di tawarkan oleh agen travel sudah termasuk biaya keseluruhan. Sehingga kamu sudah tidak perlu pusing lagi untuk mengerluarkan biaya transportasi dan juga hotel.

3. Mengatur transportasi

Agar bisa menikmati liburan murah, kamu bisa menyiasati dengan mengatur transportasi yang ingin kamu gunakan. Biasanya perjalanan darat akan lebih murah di bandingkan perjalanan udara.

Oleh karena itu, jika kamu bisa melakukan perjalanan darat, ada baiknya kamu melakukan perjalanan menggunakan transportasi bus umum atau kereta. Selain itu pastikan kamu memilih kendaraan dengan kelas ekonomi di bandingkan kelas eksekutif.

Baca Juga:  7 Pulau Terindah Di Dunia : Adakah Destinasi Impianmu?

Tentunya hal ini sangat ampuh untuk meminimalisir budget liburan kamu.

4. Temukan tiket pesawat termurah

Jika kamu harus menggunakan pesawat untuk berlibur ke suatu daerah. Sebaiknya kamu harus memahami cara untuk bisa mendapatkan tiket murah.

Biasanya tiket pesawat menjadi lebih murah jika di pesan pada hari selasa. Jadi kamu bisa memesannya di hari itu, dan pastikan juga untuk memesannya jauh – jauh hari untuk mendapatkan harga miring hingga diskon.

 Temukan tiket pesawat termurah

Kamu bisa memanfaatkan situs pesanan tiket pesawat yang banyak tersedia via online. Sehingga sudah tidak menyulitkanmu lagi.

5. Numpang tinggal

Jika kamu memiliki keluarga ataupun saudara di daerah yang ingin kamu kunjungi. Hal yang tepat jika lebih baik kamu numpang menginap di sana. Di bandingkan harus menginap di hotel yang jelas biayanya tentu tidak sedikit.

Namun jika kamu tidak memiliki keluarga atau saudara yang tinggal di daerah yang ingin kamu singgahi. Sebaiknya mencari penginapan yang murah dan bila perlu menginap di rumah penduduk yang di sewakan.

6. Pergi dengan rombongan

Cara lainnya untuk bisa meminimalaisir budget liburan adalah dengan berlibur secara rombongan. Biasanya pihak penyelenggara di sebuah tempat rekreasi akan memberikan paket murah yang di sesuaikan dari banyaknya rombongan.

pergi dengan rombongan

Kamu bisa mengajak teman, keluarga, dan juga saudara untuk ikut berlibur bersama. Namun tentunya hal ini belum tentu menjadi liburan yang menyenangkan untuk kamu karena ada banyak orang di dalamnya.

Hanya saja cara ini sangat efektif untuk mengurangi budget liburan kamu.

7. Makan di tempat murah

Saat berlibur ke suatu tempat, biasanya ada oknum nakal yang memanfaatkan keadaan dengan berjualan makanan dengan harga yang tidak masuk akal. Di sini jangan sampai kamu terjebak dan pastikan kamu mengetahui harga makanan yang ingin di pesan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Tips Liburan di Masa Pandemi Biar Tetap Sehat

Selain itu kamu bisa menyiasati budget makanan dengan makan di tempat tradisional yang terkenal murah. Selain bisa meminimalisir budget, tentunya dengan cara ini kamu bisa menikmati kekayaan makanan tradisional yang ada di Indonesia lho.

Beberapa cara di atas bisa kamu tiru untuk menikmati liburan menjadi murah dan menyenangkan. Namun pastikan juga untuk mengutamakan keselamatan dalam melakukan perjalanan liburan.***