Cityawesome.com – Makanan khas Lampung. Indonesia terdiri dari berbagai kota dan wilayah. Di mana semuanya memiliki ragam budaya yang khas dan berbeda – beda. Seperti halnya Lampung, salah satu provinsi yang berada di selatan pulau Sumatera ini memiliki budaya yang khas serta kuliner yang menggugah selera.

Saat berkunjung ke provinsi ini nantinya kamu akan di suguhkan kenikmatan berbagai makanan khas yang membuat siapapun menjadi ketagihan. Pada artikel kali ini akan di berikan rekomendasi mengenai beberapa makanan khas Lampung yang lezat dan bisa di jadikan sebagai oleh – oleh terbaik.

1. Tempoyak

Tempoyak

Makanan yang satu ini terbilang sangat khas dengan provinsi Lampung. Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi durian. Selain itu biasanya durian yang di gunakan adalah durian terbaik dengan kematangan yang pas.

Biasannya untuk menikmati Tempoyak, masyarakat Lampung akan mengolahnya menjadi sambal dan di nikmati bersamaan dengan ikan bakar, atau makanan lainnya.

2. Engkak

Engkak

Menjadi salah satu makanan khas Lampung yang cukup populer dan banyak di sukai. Bahkan tidak jarang juga wisatawan menjadikan makanan ini sebagai oleh – oleh. Engkak merupakan kue dengan tekstur yang sedikit lembek dan terbuat dari telur, mentega, santan tepung ketan, dan beberapa bahan lainnya.

Selanjutnya engkat di masak dengan cara di panggang hingga matang dan menghasilkan rasa yang sangat menggugah selera.

3. Lapis Legit

3. Lapis Legit

Hampir serupa dengan Engkak. Lapis legit juga merupakan makanan khas Lampung yang sering di jadikan sebagai oleh – oleh. Di mana makanan yang satu ini merupakan kue warisan zaman kolonial. Selain itu lapis legit terbuat dari telur, mentega, dan tepung.

Baca Juga:  6 Tempat Makan Rooftop Terbaik Di Jakarta

Dengan pengolahannya yang dipanggang, kue ini memberikan citarasa yang membuat siapapun menjadi ketagihan. Namun tidak semua orang bisa membuat kue yang satu ini karena di butuhkan skil khusus dan kesabaran ekstra karena proses pembuatannya yang terbilang cukup lama.

4. Seruit

makanan khas lampung Seruit

Merupakan salah satu makanan khas Lampung yang cukup populer dan banyak di sukai. Seruit seringkali di jadikan hidangan favorit terutama saat acara. Untuk kamu yang belum tahu, seruit sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ikan bakar yang di sajikan bersamaan dengan sambal tempoyak atau juga sambal terasi mangga.

Selain itu biasanya ikan yang di sajikan juga cukup beragam mulai dari ikan baung, layis, dan beberapa lagi yang lainnya.

5. Geguduh

makanan khas lampung Geguduh

Saat kamu berkunjung ke Lampung, pastikan untuk menikmati makanan khas yang satu ini yakni Geguduh. Di mana biasanya makanan ini di sajikan untuk para tamu saat ada acara keluarga. Geguduh sendiri terbuat dari pisang yang di haluskan dan di campur dengan tepung terigu serta susu.

Proses memasaknya juga dengan cara di goreng sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan membuat siapapun menjadi ketagihan.

6. Pindang

makanan khas lampung Pindang

Merupakan salah satu makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan kamu mencicipi pindang khas Lampung saat kamu berkunjung kesana. Di mana pindang khas Lampung memiliki kuah berwarna kuning dengan aroma rempah yang kuat. Bahkan tidak jarang juga di lengkapi dengan daun kemagi di dalam kuahnya.

7. Gabing

makanan khas lampung Gabing

Makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan utama kelapa muda. Selain itu proses pembuatannya dengan cara di iris memanjang hingga berukuran 3 sampai 4 cm. Gabing sendiri merupakan makanan berkuah yang bisanya di sajikan bersamaan dengan tambahan daging dan jamur.

Baca Juga:  7 Jenis Kacang-Kacangan Terpopuler Di Dunia

Nah itulah beberapa makanan khas Lampung yang populer dan banyak di sukai. Jika kamu berkunjung kesana, pastikan untuk mencicipi makanan yang tidak bisa di jadikan oleh – oleh dan membeli beberapa yang bisa di jadikan oleh – oleh untuk di bawa pulang.***