Cityawesome.com – Fasilitas Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Indonesia menjadi negara yang penuh dengan wisata dan budaya. Sehingga tidak salah jika banyak wisatawan asing yang tertarik untuk berkunjung. Selain itu sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kamu juga tidak akan merasa bingung saat ingin berkunjung ke suatu tempat wisata di sini. Sangking banyaknya, kamu bebas menikmati keindahan wisata di setiap sisi Indonesia.

Berbicara mengenai negara tercinta. Kamu bisa menikmati keberagaman Indonesia dalam satu tempat. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu destinasi wisata tujuan di mana kamu akan mendapatkan pelajaran mengenai sejarah sekaligus berwisata dengan menyenangkan.

Jika penasaran, berikut ini beberapa fasilitas wisata yang ada di TMII untuk kamu kunjungi.


Apa itu TMII ?

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan kawasan wisata yang mengusung tema budaya. Di mana TMII sendiri memiliki luas sekitar 150 hektar. Selain itu nantinya kamu bisa melihat keberagaman Indonesia yang di rangkum dalam 1 tempat yakni anjungan daerah yang mewakilkan berbagai suku dari seluruh Provinsi.

Apa itu TMII ?

Tidak hanya itu saja, bahkan di sana juga terdapat sebuah danau yang menggambarkan kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

TMII di bangun berawal dari usulan istri Presiden Soeharto yakni ibu Siti Hartinah tepatnya pada maret 1970. Hingga 2 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1972, taman ini di bangun oleh Yayasan Harapan Indah dan mulai di resmikan pada tahun 1975. Saat kamu berkunjung kesana, maka kamu akan melihat adanya sebuah maskot kebanggaan yakni Wayang Hanoman bernama Nitra (Anjani Putra). Sedangkan untuk Tagline sendiri mungkin kamu sudah pernah mendengarnya yaitu Pesona Indonesia.

Baca Juga:  5 Tempat Outbond Terbaik Di Jawa Barat : Ciptakan Aktifitas Positif !

Fasilitas Wisata TMII

Berkunjung ke TMII tentunya kamu tidak hanya mendapatkan keseruan untuk menikmati beragam wisata yang menyenangkan melainkan juga mendapat perlajaran mengenai budaya yang ada di Indonesia. Berikut ini beberappa fasilitas budaya di TMII yang bisa kamu kunjungi.

1. Anjungan Daerah

1. Anjungan Daerah

Seperti yang sudah di jelasakan sebelumnya. Di mana kamu bisa melihat beragam kebudayaan yang ada di seluruh Provinsi. Kamu bisa masuk ke Anjungan Daerah yang berlokasi di sekitar danau. Selain itu di dalamnya terbagi menjadi 6 zona yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan yang terakhir yakni Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua yang digabung menjadi 1 zona.

Kamu akan melihat bangunan adat, pakaian adat, senjata, hingga peralatan sehari – hari yang ada di berbagai provinsi. Bahkan tidak jarang juga anjungan daerah ini di jadikan sebagai tempat pertunjukan tari tradisionnal, upacara adat, hingga pertunjukan musik daerah. Tidak ketinggalan juga toko seovenir dan aneka kuliner yang bisa kamu kunjungi di setiap anjungan yag mewakili daerah masing – masing.

2. Taman

fasilitas wisata tmii

Tidak hanya bisa belajar tentang budaya yang ada di Indonesia. Saat berkunjung ke TMII nantinya kamu bisa menikmati sekaligus belajar mengenai keberagaman flora dan fauna terutama yang ada di Indonesia. Selain itu taman yang tersedia juga terbilang cukup lengkap sehingga memungkinkan kamu untuk belajar lebih banyak laagi. Adapun beberapa taman yang tersedia keberagaman flora dan fauna untuk bisa kamu kunjungi dan pelajari adalah taman anggrek, taman apotek hidup, tamman bekisar, taman burung, akuarium, ikan air tawar, taman melati, dan beberapa lagi yang lainnya.

3. Teater

fasilitas wisata tmii Teater

TMII juga di lengkapi bangunan yang cukup ikonik yakni Teater IMAX keong mas di mana teater ini memutarkan film mengenai lingkungann serta kebudayaan Indonesia. Selain itu tidak jarang juga teater yang tersedia memutarkan film box office untuk bisa di nikmati oleh semua pengunjung. Tidak cukup sampai di situ, TMII juga di lengkapi denngan teater 4 Dimensi dan Teater Tanah Airku yang lengkap dengan panggung pertujukan seni.

Baca Juga:  Objek Wisata Situ Patenggang : Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana

4. Sarana Rekreasi

fasilitas wisata tmii Sarana Rekreasi

Lelah berkeliling di sekitar anjungan daerah, selanjutnya kamu bisa berkunjung ke Sarana Rekreasi. Di mana di dalamnya terdappat wahana yang juga ramah untuk anak – anak. Oleh karena itu, kamu bisa membawa anak – anak dengan nyaman untuk berlibur ke wisata yang satu ini. Beberapa wahana yang populer untuk bisa di nikmati adalah kereta gantung, perahu angsa, Sky World, SnowBay, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Museum

fasilitas wisata tmii Museum

Fasilitas wisata lainnya yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke TMII adalah Museum. Di mana museum yang tersedia juga sangat beragam. Adapun beberapa museum yang tersedia dan banyak di kunjungi oleh para wisatawan adalah Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Perangko, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Olahraga, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Lokasi : Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta.
Harga tiket : Rp 25 ribu.
Jam Operasional : Setiap hari mulaia pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB

Note : Harga tiket masuk tidak termasuk fasilitas wisata di dalamnya sehingga nantinya kamu di haruskan untuk membayar tiket saat ingin menikmati fasilitas wisata di dalamnya dengan harga yang bervariatif.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai fasilitas wisata yang ada di Taman Mini Indonesia Indah untuk bisa kamu kunjungi. Oleh karenanya saat berkunjung ke TMII ini nantinya kamu tidak hanya mendapatkan keseruan melainkan juga pelajaran.***