Fakta Menarik Pegunungan Ural di Rusia yang Menakjubkan

Cityawesome.com – Fakta menarik pegunungan Ural. Pegunungan Ural merupakan salah satu keindahan wisata yang berada di perbatasan antara Eropa dan Asia. Panjangnya sendiri tidak main-main yakni mencapai hingga 2.500 KM. Sama halnya dengan kota pada umumnya, di pegunungan Ural sendiri nantinya kamu bisa menemukan berbagai candi dan persembahan bekas nenek moyang.

Meskipun tidak terlalu populer, namun pegunungan Ural sendiri menjadi salah satu yang tertua di dunia.

Lebih di kenal dengan Riphean yang berasal dari bahasa Greco-Roman, pegunungan Ural ini sudah ada bahkan sejak 300 tahun lalu.

Nah pada artikel kali ini akan di bahas mengenai beberapa fakta menarik Pegunungan Ural yang bisa saja untuk menjadi referensi wisata.

1. Puncak tertinggi kurang dari 2.000 Mdpl

Pegunungan Ural memiliki ketinggian puncak yang tidak lebih dari 2.000 Mdpl tepatnya hanya 1.895 Mdpl saja. Di mana untuk puncaknya berada di Gunung Narodnaya yang pertama kali di temukan pada tahun 1927 oleh Uni Soviet.

Namun meski ketinggiannya kurang dari 1.895 Mdpl, gunung Narodnaya sendiri terbilang cukup banyak di datangi pendaki. Hal ini di karenakan jalur pendakiannya cukup menantang.

2. Didominasi oleh Hutan

Fakta menarik lainnya yang ada di Pegunungan Ural yakni di dominasi oleh Hutan dan ekosistem semi gurun. Bahkan ekosistem di sana memiliki landscape menakjubkan dan sangat menarik. Di mana pada satu sisi, kamu akan menemukan puncak yang penuh salju namun di sisi lainnya kamu akan menemukan puncak dengan semi gurun kering dan di dominasi oleh padang rumput.

3. Sumber mata air

Ada banyak sungai di Rusia yang sumber mata airnya berasal dari pegunungan Ural. Bagaimana tidak, pegunungan ural sendiri memiliki ukuran hutan yang cukup luas.

Adapun salah satu sungai yang mengalirkan air dari pegunungan ini adalah sungai Ural. Memiliki panjang 2.428 KM, sungai ini mengalir dari pegunungan Ural hingga laut Kaspia. Sedangkan beberapa sungai lainnya yang tidak kalah populer adalah Chusovaya, Belaya, llych, Basin, dan Shchugor.

4. Memiliki banyak kandungan minyak dan gas bumi

Pegunungan Ural terbilang menjadi salah satu sumber kekayaan yang berlimpah. Hal ini di karenakan kandungan minyak dan gas bumi di pegunungan Ural terbilang cukup banyak. Di dalamnya, terdapat beberapa kandungan seperti minyak bumi, batu bara, dan gas.

5. Kuil tua dan bebatuan raksasa

Jika kamu menelusuri lebih jauh, maka kamu akan menemukan kuil tua berupa pintu kecil dan mengarah pada ruangan yang besar. Tidak hanya itu saja, bahkan di dalamnya terdapat beberapa patung asing yang tidak di kenal.

Kemudian di area pegunungan ini juga terdapat batu raksasa yang tingginya mencapai hingga puluhan meter. Adapun bebatuan tersebut di kenal dengan nama Manpupuner yang jumlahnya mencapai 7 buah. Selain itu Manpupuner ini sekaligus menjadi salah satu daya tarik yang ada di pegunungan Ural.

Nah itulah beberapa fakta menarik yang ada pada pegunungan Ural di Rusia. Meskipun tidak sepopuler gunung lainnya, namun pegunungan satu ini bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu di luar negeri.

Baca Juga :

***