Cityawesome.com – Oray Tapa Pegunungan Mahlayang. Bandung memang tidak pernah kehabisan tempat wisata. Seperti salah satunya adalah Oray Tapa, menjadi daya tarik yang menyediakan banyak keindahan dan memungkinkan pengunjung untuk melakukan beragam aktivitas mulai dari bersepeda, motocross, offroad, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terlebih jika kamu menyukai aktivitas wisata alam, berkemah juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk di lakukan di sana.

Nah pada artikel kali ini akan di bahas mengenai daya tarik dan keindahan wisata Oray Tapa yang bisa menjadi pilihan destinasi saat ingin berlibur dan menghabiskan waktu.

oray tapa pegunungan mahlayang

Lokasi, daya tarik, dan jam operasional

Oray Tapa berlokasi di Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 15317. Di mana untuk tarif tiketnya sendiri terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 10 ribu perorang. Sedangkan untuk biaya camping di kenakan sebesar Rp 25 ribu perorang.

Jam operasional wisata Oray Tapa sendiri di buka setiap hari mulai jam 07.00 sampai dengan 18.00 WIB. Hanya saja wisatawan tetap bisa mengakses kawasan wisata selama 24 jam. Terlebih untuk kamu yang memilih berkemah di sana.

oray tapa pegunungan mahlayang

Daya tarik dan keindahan wisata Oray Tapa Bandung

Oray Tapa Bandung menyuguhkan keindahan wisata yang memukau. Di mana pengelola menjadikan kawasan ini untuk bisa membuat semua pengunjung nyaman. Adapun beberapa daya tarik yang ada di wisata Oray Tapa yakni :

1. Menikmati keindahan wisata alam

Aktivitas wisata alam memungkinkan kamu untuk menghilangkan penat dan stress akibat pekerjaan di kota. Oray Tapa memiliki pemandangan yang terbilang masih asri dan memukau dengan deretan pepohonan terbentang di sekeliling kawasannya.

Objek wisata ini berlokasi di ketinggian 700 Mdpl Gunung Manglayang. Di mana saat berkunjung kesana kamu akan merasakan kesejukan udara segar. Selain itu Oray Tapa sendiri berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dengan berisikan banyak pohon pinus dan cemara. Bahkan saat cuaca tertentu, kamu akan menemukan kabut yang menyelimuti area ini sehingga menambah keindahan alam Oray Tapa.

Baca Juga:  7 Tempat Yoga yang Terkenal di Bali

Sebagai informasi tambahan, Oray Tapa sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berarti Ular Bertapa. Sesuai dengan namanya, Oray Tapa memiliki jalanan yang meliuk serupa dengan ular.

2. Terdapat Sumber Mata Air

Daya tarik lainnya yang ada di wisata Oray Tapa adalah tersedianya sumber mata air alami. Bahkan saat kemarau sekalipun, sumber mata air alami di sana masih juga mengeluarkan air. Beberapa masyarakat juga percaya bahwa mata air di sana mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

3. Berkemah

Kegiatan berkemah menjadi salah satu pilihan seru yang bisa di lakukan oleh semua pengunjung. Terlebih Oray Tapa sendiri adalah bumi perkemahan yang populer karena kesejukan udara di sekitarnya. Selain itu yang lebih menarik adalah kegiatan kemah yang di lakukan di sana masih terbilang cukup tradisional sehingga memungkinkan pengunjung untuk bisa menyatu dengan alam.

Saat berniat datang untuk berkemah, pastikan kamu membawa semua peralatan dengan lengkap.

4. Off Road

Destinasi wisata Oray Tapa terkenal akan jalur yang berkelok dan menantang. Oleh karena itu tidak jarang jika sering di jadikan sebagai jalur sepeda, motocross, bahkan hingga offroad. Kamu juga tidak perlu khawatir karena di sana terdapat penyewaan motocross dan mobil offroad jika tertarik.

oray tapa pegunungan mahlayang

Fasilitas wisata Oray Tapa Pegunungan Mahlayang

Tidak jauh berbeda dengan objek wisata pada umumnya, Oray Tapa Bandung di lengkapi beragam fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas di antaranya adalah :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Papan Petunjuk Arah
  • Jejeran warung makan
  • Area tempat duduk untuk sekedar beristirahat

Demikian ulasan mengenai wisata Oray Tapa yang menarik untuk dikunjungi. Jika berada di Bandung, kamu tidak perlu bingung untuk menghabiskan waktu di mana. Oray Tapa bisa menjadi pilihan terbaik destinasi tujuan.

Baca Juga:  Wisata di Swiss Eropa Buat Liburan Berkesan

Baca Juga :

***