Cityawesome.comPegunungan Rocky berada di Amerika Utara di mana terbentang sepanjang lebih dari 4.800 KM dari Meksiko bahkan hingga Alaska. Selain itu untuk beberapa titik jajarannya memiliki lebar mencapai 480 KM. Dengan ketinggian sekitar 4.300 meter, pegunungan ini memiliki puncak lebih dari 50 yang semuanya berada di Kolorado.

Sebagai informasi tambahan, pegunungan Rocky berawal di Taman Nasional Yellowstone di sudut barat laut Wyoming dan terus berlanjut bahkan hingga ke Canada dan Alaska. Pegunungan Rocky juga mencakup jajaran Teton yakni berbagai puncak berhutan di Montana, Jajaran Bitterroot di Idaho dan Montana, serta Pegunungan Rocky di Canada.

pegunungan rocky di amerika

Aliran air Pegunungan Rocky ?

Penjelajah yang berasal dari Skotlandia bernama Alexander Mackenzieyang tepatnya pada tahun 1793 menjadi manusia pertama yang melintasi benua di sebelah utara Meksiko. Namun justru ia tidak menemukan satu jalur air pun. Bahkan tidak hanya Alexander saja, pada tahun 1805 Meriwether Lewis dan William Clark juga tidak menemukan jalur air apapun. Di mana mereka sudah berjuang melalui Montana dan Idaho hingga ke muara Sungai Kolumbia yang sekarang adalah Oregon.

Mengulas dari beberapa penjelajah yang sama sekali tidak menemukan jalur air, namun tidak sedikit juga yang percaya bahwa di Pegunungan Rocky terdapat Sungat Besar terutama pada bagian Barat.

Terdapat sebuah hikayat yang menggambarkan bahwa Pegunungan Rocky tidak lain adalah padang pasir yang luas sehingga tidak bisa menjadi media tanam. Bahkan kisah tersebut juga di sebarluaskan oleh Zebulon Pike dan Stepen Long. Hal ini di landaskan oleh fakta bahwa sebagian besar pegunungan Rocky memang gersang.

Kemudian pada tahun 1847, pemukim pertama yang merasakan air langka di daerah Pegunungan Rocky berhasil menaklukkan bentangan lahan padang pasir di dekat danau Garam Besar dengan menciptakan irigasi. Mereka juga menyajikan sebuah pola bertahan hidup hingga pada akhirnya terciptalah sebuah bendungan PLTA, waduk, bahkan hingga terowongan yang mampu membelokkan aliran sungai melalui pegunungan.

pegunungan rocky di amerika

Harta Karun Pegunungan Rocky

Meskipun terbilang kesulitan air, tapi nyatanya pegunungan Rocky memiliki sumber harta karun sekaligus petualangan dari berbagai generasi. Sejak tahun 1820 hingga awal tahun 1840an, beberapa pemukim melakukan penangkapan hewan di sepanjang sungai. Di hutan belantara antara Amerika Serikat dan Kanada. Kemudian seiring berjalannya waktu, karena mereka sudah hafal dengan pegunungan tersebut sehingga mereka menjadi pemandu bagi para imigran yang akan menuju Oregon dan California.

Baca Juga:  4 Tempat Wisata Murah di Luar Negeri yang Minim Budget

Para penjelajah di sana menemukan emas hingga sempat demam emas tepatnya pada tahun 1859 di California dan meluas hingga Nevada, Korolado, bahkan hingga Montana.

Bagaimana tidak, dalam 100 tahun terakhir, pegunungan Rocky mampu menghasilkan emas, perak, tembaga, timbel, bahkan hingga logam lain yang nilainya lebih dari US$ 34 Miliyar.

pegunungan rocky di amerika

Pegunungan Rocky saat ini

Kekayaan pegunungan Rocky bisa di katakan sangat melimpah. Dimana hingga kini tidak sedikit pelancong yang berbondong-bondong untuk datang. Selain itu kebanyakan penduduk bermukim ke barat untuk melepaskan diri dari belenggu peradaban. Dan memancing berbagai riam di pegunungan untuk berburu rusa.

Adapun beberapa penjelajah mendatangi Taman Nasional yang berada di wilayah Amerika Serikat dan juga Canada.

Demikian ulasan mengenai pegunungan Rocky yang sangat besar dan menjadi tulang bagi Amerika. Meskipun dirasa akan sulit, namun bukan tidak mungkin untuk kamu bisa datang ke salah satu taman nasional yang ada disana.

Baca Juga :

***