Cityawesome.com – Fakta menarik pegunungan Himalaya. Jika berbicara mengenai pegunungan tertinggi di dunia. Himalaya tentu menjadi salah satu pegunungan yang tidak bisa di tinggalkan begitu saja. Bahkan pegunungan yang satu ini tidak hanya memiliki 1 puncak saja melainkan ada beberapa dan menjadi puncak tertinggi.

Untuk luasnya sendiri boleh di adu, pegunungan Himalaya bahkan hingga melewati 5 negara sekaligus yakni India, Nepal, Bhutan, Myanmar, dan Tibet.

Untuk kamu yang penasaran dengan pegunungan ini, berikut beberapa fakta menarik tentang pegunungan Himalaya !


1. Memiliki beberapa puncak tertinggi

Dari 10 puncak gunung tertinggi di dunia, Pegunungan Himalaya memiliki 9 di antaranya. Jika kamu pernah mendengar gunung Everest, gunung tersebut menjadi salah satu bagian dari pegunungan Himalaya dengan puncak tertinggi.

fakta menarik pegunungan himalaya

Tidak main-main, ketinggiannya bahkan mencapai hingga 8849 Mdpl sekaligus menjadi gunung tertinggi di dunia.

Untuk puncak tertinggi lainnya yang ada di pegunungan Himalaya ini di antaranya adalah Karakora, Kailash, Nanga Parbat, Annapurna, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Glester terbesar di luar Kutub

Fakta menarik lainnya yang ada pada pegunungan Himalaya adalah di mana memiliki glester terbesar yang ada di luar kutub. Selain itu pegunungan ini memiliki banyak daratan yang bahkan di penuhi oleh es dann salju.

fakta menarik pegunungan himalaya

Untuk glester terbesar yang ada di pegunungan Himalaya sendiri yakni Siancen yang terbentang hingga 72 KM. Tidak hanya Siancen, beberapa glester besar lainnya yakni Baltoro, Biafo, Nubra, dan Hipsur.

Oleh karena itu, pegunungan Himalaya menjadi dataran dengan glester terbesar ketiga di dunia setelah Antartika dan Artik.

3. Glester mencair

Sebagai informasi tambahan, pegunungan Himalaya memang terkenal dengan tempat salju dan es yang luas. Namun belakangan ini banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa pegunungan Himalaya sudah kehilangan glesternya karena mencair.

Baca Juga:  Tips Liburan Bersama Bayi, Anti Rewel Dan Menyenangkan !

Bahkan jumlahnya sendiri mencapai lebih dari 10 kali lipat. Hal ini tentunya di karenakan efek pemanasan global dan lambat laun akan memberikan dampak buruk pada masyarakat yang tinggal di area pegunungan.

4. Memberikan aliran untuk sungai terbesar

Gunung merupakan salah satu sumber air yang di jamin kemurniannya. Seperti halnya dengan pegunungan Himalaya di mana sudah menjadi sumber air untuk 3 sungat terbesar di dunia yakni Gangga, Indus, dan Tantze.

fakta menarik pegunungan himalaya

5. Menjadi habitat bagi hewan khas

Untuk kamu ketahui, pegunungan Himalaya menjadi habitat yang nyaman untuk beberapa hewan khas. Adapun beberapa hewan yang khas di pegunungan ini adalah Gajah Asia, Harimau Bengal, Badak Bercula Satu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hanya saja seiring berjalannya waktu, beberapa hewan tersebut mendapatkan ancaman kepunahan karena pemanasan global dan perburuan liar.


Nah itulah beberapa fakta menarik tentang pegunungan Himalaya untuk kamu ketahui. Banyak fakta yang ada pada pegunungan ini justru membuat bulu kuduk merinding. Terlebih lagi pegunungan Himalaya sering kali memakan korban terutama para pendaki gunungnya.

Jika di berikan kesempatan untuk datang ke pegunungan Himalaya, gunung mana yang akan kamu kunjungi pertama kali ? Kebanyakan orang tentu akan menjawab Everest karena menjadi gunung tertinggi yang ada di dunia.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  5 Tips Liburan Murah di Thailand