kuliner khas belitung

Pastinya kurang lengkap jika mengunjungi kawasan Belitung yang kaya akan berbagai objek wisata pantai. Dan tidak mencicipi kuliner khas Belitung yang kaya akan rasa. Pulau yang beribukota di Tanjung Pandan ini nggak cuma terkenal dengan keindahan alamnya. Berlibur ke Belitung tanpa mencicipi makanan khas daerah ini rasanya pasti kurang lengkap. 

Berikut ini ada kuliner khas Belitung yang dapat Anda konsumsi sekaligus dapat menjadi oleh-oleh.

1. Mie Belitung

kuliner khas belitung mie

Kuliner pertama yang wajib kamu cicipi saat berlibur ke Belitung adalah Mie Belitung. Salah satu rumah makan paling terkenal yang menjualnya adalah Mie Belitung Atep di Tanjung Pandan.

Mie khas daerah ini merupakan mie kuning dan telur yang berisikan kuah kaldu udang yang kental, gurih, dan sedikit asam. Uniknya, kamu bisa menemukan irisan tahu, tauge, kentang, timun, udang, dan melinjo. Selain itu, mie ini juga tersaji di piring yang menggunakan alas daun simpor. Makan mie ini dengan bakwan udang pastinya lebih nikmat.

2. Berego

berego kuline khas belitung

Kuliner yang bernama Berego ini bentuknya mirip dengan lontong, namun yang membedakan adalah bahan bakunya. Jika lontong menggunakan beras yang diaron dan dibungkus menggunakan daun pisang. Maka Berego terbuat dari tepung beras, yang dicampur dengan tepung sagu.

Untuk penyajian dan cara mengkonsumsi Berego ini tidak jauh berebda dengan lontong. Berego ini memiliki potongan kecil atau bulat, kemudian menggunakan lauk yang berkuah. Khusus untuk Berego, sayur berkuah yang biasanya adalah gangan, lakse atau juga mie Belitong.

3. Belacan

belacan

Belacan Belitung ini juga kerap menjadi oleh-oleh khas Belitung. Olahan makanan ini terbuat dari udang rebon yang masih baru, yang terfermentasikan. Teknik ini mirip dengan terasi udang dari kota Cirebon. Kuliner yang satu ini biasanya menjadi bumbu tambahan atau penyedap tambahan untuk beberap jenis makanan tertentu, yang biasanya berbahan sambal.
Aroma dari Belacan ini memang cukup khas, yaitu fermentasi hasil laut. Olahan yang satu ini ada di kawasan Sijuk atau desa Sijok. Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Belitung, tidak ada salahnya jika membeli kuliner yang satu ini.

4. Gangan

gangan kuliner khas belitung

Belum ke Belitung namanya kalau belum coba kuliner khas yang satu ini. Gangan atau sup ikan adalah masakan ikan laut segar yang menggunakan bumbu kunyit dan lengkuas. Sehingga kuah dari sup ini berwarna kuning. 

Salah satu rumah makan yang menyajikan hidangan Gangan yang enak adalah RM Gangan Sari. Kuah sup di sini fresh, sedikit asam, dan lebih kental. Selain itu, semua makanan baru dimasak saat itu juga sehingga makanannya hangat.

Kamu bisa memilih bagian ikan tertentu yang ingin kamu santap, seperti kepala, ekor, atau badan. Begitu pula dengan tingkat kepedasannya ya. Makan gangan dengan nasi hangat emang perpaduan yang sempurna.

5. Sambal Rusip

sambal rusip kuliner khas belitung

Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai jenis sambal yang berbeda-beda, mulai dari sambal hijau khas Jawa barat, dabu-dabu khas papua, dan yang lainnya. Belitung pun demikian, adalah sambal rusip, yang biasanya terhidang sebagai penggugah selera makan masyarakat Belitung.

Sambal Rusip ini terdiri dari ikan yang sudah terfermentasi terlebih dahulu, bersama gula merah dan juga garam, selama kurang lebih 7 hari. Ketika ikan sudah mengeluarkan aroma asam, maka artinya fermentasi selesai. Ikan tersebut kemudian dicampur dengan cabai, jeruk kunci, dan juga bawang merah. Untuk cita rasa, aroma serta rasa yang ada sangat khas, kuliner ini paling pas jika menikmatinya bersama sayur, mentimun atau juga selada.

By Mita