kuliner khas turki

Berbicara tentang kuliner tentunya akan sangat erat hubungannya dengan cita rasa yang unik dalam setiap makanan. Begitupun juga dengan kuliner khas Turki. Makanan yang paling terkenal berasal dari negara ini adalah kebab. Di mana-mana orang mengenal makanan yang satu ini karena juga banyak penggemarnya.

Akan tetapi kuliner khas Turki bukan hanya kebab. Masih banyak kuliner lainnya yang menggugah selera dan di masak dengan menggunakan bumbu rempah yang sangat autentik. Masakan timur tengah sangat terkenal dengan cita rasa yang berbumbu dan menggugah selera.

Selain itu karena mayoritas penduduk Turki menganut agama Islam, maka banyak tersedia makanan halal sehingga ramah bagi wisatawan muslim. Beberapa kuliner khas Turki yang bercitarasa tinggi yaitu:

1. Manti (Ravioli Turki)

manti

Bagi pecinta pasta mungkin akan sangat cocok dengan makanan yang satu ini. Turki punya versi Ravioli sendiri yang di sebut dengan Manti Pangsit kecil buatan tangan di isi dengan daging kambing giling atau daging sapi, lalu di beri saus yogurt yang lembut. Manti membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya, tetapi begitu Anda mencicipinya, Anda akan melihat bahwa kerja kerasnya membuahkan hasil.

2. Baklava

kuliner khas turki baklava

Lapisan kue serpihan di lengkapi dengan kacang cincang halus dan bersatu dengan manisnya sirup. Makanan penutup ini berasal dari Kekaisaran Ottoman, dan sekarang dapat di temukan di hampir setiap sudut jalan di Turki. Pesan satu untuk pencuci mulut di restoran atau pesan saat dalam perjalanan. Bagaimanapun cara Anda memakannya, rasanya tetap nikmat. Makanan ini merupakan klasik, dan pasti salah satu makanan yang harus Anda coba di Turki.

3. Gözleme

Gozleme

Mungkin makanan ini adalah salah satu makanan cepat saji termudah untuk di temukan di Turki. Gözleme adalah camilan yang sempurna untuk di makan saat bepergian. Mirip dengan crepe, flatbread Turki yang gurih ini terbuat dari adonan linting tangan dan di isi dengan berbagai macam topping, seperti keju, daging, sayuran atau kentang. Kemudian di bungkus dan di masak di atas wajan. Cobalah salah satu variasi keju dan bayam dan Anda tidak akan menyesal.

4. Simit

Street food lain yang sangat populer, Simit memiliki cita rasa tengah antara pretzel dan bagel. Camilan termurah yang akan Anda temukan di jalanan, roti bundar ini biasanya berhiaskan biji wijen dan dapat di makan tanpa rasa atau dengan pengawet seperti selai, krim keju.

5. Mezze

mezze platter

Yakinlah, Anda mungkin tidak akan meninggalkan Turki tanpa mencoba Mezze. Makanan ini merupakan pilihan kecil hidangan yang biasa di sajikan dengan minuman atau sebelum makan. Mezze Turki sering terdiri dari yogurt dengan bumbu, hummus, daun anggur isi beras (dolma), bakso (kofte), salad terong, keju putih dan tentu saja, pide hangat yang lezat.

6. Kumpir (Kentang Panggang)

Anda mungkin pernah makan kentang, tetapi kemungkinannya tidak akan sepopuler Kumpir di Turki. Kentang raksasa di panggang, di potong bagian tengahnya, kemudian bagian dalamnya yang lembut di campur dengan mentega yang banyak dan setumpuk keju kaşar. Kemudian akan di sajikan dengan banyak pilihan toping dan saus untuk di letakkan di atas Kumpir Anda, termasuk yogurt, saus tomat, jagung manis, irisan sosis, couscous, wortel parut, zaitun dan salad Italia.

Itulah beberapa kuliner khas Turki yang menarik unutk Anda cicipi. Jangan lupa jika berkunjung ke Turki harus mencoba beragam kuliner tersebut. Semuanya memiliki cita rasa yang menawan dan sangat memanjakan lidah Anda.

By Mita