Site icon City Awesome

Kuliner Khas Rusia Yang Dapat Memanjakan Lidah

kuliner khas rusia

Menicipi kuliner khas lokal merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah perjalanan wisata. Ada beberapa sajian khas Rusia yang wajib Anda cicipi saat berwisata ke Rusia.

Daratan Rusia sendiri terbagi di dua benua besar dunia yaitu Eropa dan Asia, bersamaan dengan China, daratan Rusia sebelah kanan menjadikan benua Asia menjadi benua terbesar di dunia. Rusia sendiri beribukota di Moskow yang daratannya termasuk dalam benua Eropa.

Dalam bidang kuliner pun, Rusia banyak menyajikan makanan-makanan khas yang terkenal sampai ke mancanegara. Selain enak, citarasa yang mereka hasilkan pun sangat luar biasa dan berkelas dunia.

Blini

Blini, atau blinchik ini merupakan sejenis panekuk yang berasal dari Rusia. Panekuk sendiri merupakan jenis roti yang memiliki bentuk datar dan pipih. Panekuk dari Rusia ini terbuat dari adonan tepung gandum, susu, dan ragi.

Karena bentuknya yang sangat tipis dan beda dari panekuk lainnya yang sedikit tebal, blini ini memang terlihat mirip dengan crepe dari Perancis. Isian dari blini biasanya tersaji bersama kaviar, namun bisa juga di hidangkan bersama buah-buahan, kismis, dan lainnya.

Blini sendiri sangat mudah Anda temui saat ada acara pernikahan maupun acara pemakaman. Bagi wanita Rusia yang baru melahirkan biasanya memakan Blini. Citarasa yang manis dan gurih yang berpadu dengan topping atau isian blini ini memang tidak bisa Anda lewatkan saat berkunjung ke Rusia.

Bubur Semolina

Semolina adalah produk sampingan dari produksi biji-bijian. Di masa Soviet, semolina murah dan cepat dalam memasaknya menjadi bahan utama untuk sarapan anak-anak. Selain itu semolina juga merupakan bahan dasar membuat casserole, puding, syrniki, dan bubur populer.

Semolina terdiri dari pati, dan merupakan sebagai pengganti biji-bijian. Karena jumlah pati yang tinggi, makanan ini tidak sehat untuk dAnda makan setiap hari. Namun, beberapa dokter merekomendasikanya untuk pasien setelah perawatan bedah karena lebih mudah tercerna di dalam tubuh.

Pirozhki

Makanan khas Rusia yang satu ini memang sangat familiar, karena secara umum ini merupakan sajian roti isi. Pirozhki ini adalah roti isi yang berisikan isian daging cincang, kentang, keju, dan telur. Atau juga dapat menggunakan adonan mentega dengan ikan, telur, sayuran hijau, atau buah beri.

Selain bergizi, dari bahan-bahannya saja sudah terlihat sangat mengenyangkan. Pirozhki biasanya terhidang bersama secangkir kopi, dapat juga menjadi menu sarapan saat santai pagi.

Beef Stoganoff

Makanan kini merupakan sajian dari daging sapi. Citarasa ketika menikmati stroganoff adalah citarasa yang gurih, asin, pedas, dan sedikit asam. Rasa asam berasal dari dari penggunaan saus khas Rusia yaitu smetana yang sangat asam.

Daging sapi dapat Anda masak bersama saus smetana, paprika, bawang bombay, dan bubuk oregano. Stroganoff tidak hanya dapat menggunakan dengan daging sapi, namun jika tidak ada daging sapi, kita dapat juga menggunakan ayam dan jamur.

Pelmeni

Pelmeni atau pangsit Rusia sangat lezat. Tetapi hanya jika Anda membuatnya sendiri dari daging segar dan adonan buatan sendiri. Hidangan tradisional Rusia ini sekarang menjadi makanan pelajar paling populer dan merupakan makanan utama bagi orang-orang yang sibuk karena tersedia dalam bentuk makanan beku. Proses memasaknya dengan merebus pangsit dan sebagian orang terkadang menggoreng pelmeni rebus.

Medovik

Honey cake dari Rusia atau Medovik ini merupakan hidangan penutup atau dessert. Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan jika hidangan yang satu ini merupakan hidangan kue yang manis. Tekstur dari medovik ini tentunya sangat lembut dan berlapis.

Medovik terbuat dari adonan kue yang menggunakan selai dengan madu. Dalam membuatnya, medovik ini biasanya terdiri dari 5-10 lapisan kue yang lembut dengan krim dan madu. Dalam penyajiannya, medovik ini menggunakan topping taburan kacang yang sudah hancur. Selain menambah kekayaan citarasa, taburan kacang tersebut juga membuat paduan tekstur yang lembut dan renyah.

Itulah beberapa kuliner khas Rusia yang perlu dicoba jika berkunjung ke sini.

Exit mobile version