kuliner terbaik belanda

Wisata kuliner memang selalu dapat memanjakan lidah orang yang mencicipinya. Gastronomi adalah salah satu aspek terbaik dari wisata. Oleh karena itu banyak orang yang sengaja melakukan wisata kuliner. Untuk itulah mereka banyak melakukan wisata kuliner sambil melakukan wisata lainnya. Begitu juga dengan negara Belanda. Negara ini sangat terkenal dengan kuliner terbaik Belanda yang sangat memanjakan lidah.

Belanda sangat dekat dengan Indonesia karena pernah menjajah negara ini. Begitupun juga dengan makanan Indonesia banyak yang bercitarasa kuliner Belanda. Maka dari itulah jangan heran apabila Anda melihat dan mendengar nama kuliner Indonesia yang mirip dengan kuliner di Belanda.

Di bawah ini beberapa kuliner terbaik Belanda yang patut Anda cicipi jika berkunjung ke sini adalah:

Bitterballen

kuliner terbaik belanda bitterballen

Bitterballen ‘adalah camilan favorit Belanda dan dapat di pesan di hampir setiap kafe dan bar, karena kombinasi yang sangat lezat di santap dengan bir. Bola berbahan dasar daging yang gurih ini di goreng dan di sajikan secara tradisional dengan mustard. ‘Bitterballen’ memiliki lapisan remah roti yang renyah dengan isian lembut di bagian dalamnya.

Hati-hati saat mencobanya, karena isinya bisa sangat panas. Di dalam ‘Bitterbal’ Anda akan menemukan campuran daging sapi, kaldu sapi, mentega, tepung untuk mengental dan bumbu (menghasilkan ragout yang kental). ‘Bitterballen’ sangat mirip dengan ‘kroketten’ dalam bahan, persiapan, dan rasanya.

Kroket

Anda pasti familiar dengan nama makanan yang satu ini. Kroket adalah roti gulung yang di goreng dengan ragout daging di dalamnya, di lapisi remah roti. ‘Kroket’ Belanda asli di buat dari daging sapi atau daging sapi muda, tetapi ada banyak rasa yang berbeda seperti sate ayam, udang, goulash, atau bahkan ‘kroket’ vegetarian.

Anda bisa makan ‘kroket’ sebagai camilan, tetapi sebagian besar waktu di sajikan dengan irisan roti putih atau roti hamburger dengan mustard di sampingnya. ‘Febo’ adalah bar makanan ringan yang terletak di berbagai tempat di seluruh kota dan terkenal dengan ‘kroketten’-nya. Tiga merek premium adalah ‘Van Dobben’, ‘Holtkamp’ dan ‘Kwekkeboom’.

Erwtensoep

Erwtensoep adalah sup kacang kental. Anda membuatnya dengan menggunakan kacang hijau kering dan sayuran lainnya seperti seledri, bawang bombay, daun bawang, wortel, dan kentang. Kemudian menambahkan irisan sosis asap sebelum di sajikan. Penyajian biasanya dengan sepotong roti gandum hitam (roggebrood) di atapi bacon asap (katenspek), keju, dan mentega.

Sementara orang Belanda makan Erwtensoep secara tradisional pada Hari Tahun Baru, itu juga merupakan pilihan populer selama bulan-bulan musim dingin. Bahkan, Anda akan sering melihat orang menyantap sup ini di sepanjang kanal beku menghangatkan diri dengan secangkir snert atau erwtensoep yang lezat ini.

Hutspot

Terbuat dari kentang, bawang bombay, dan wortel yang semuanya di haluskan. Hidangan ini termasuk jenis wortel yang di kenal sebagai winterpeen (wortel musim dingin) yang memberikan sedikit rasa manis yang tidak bisa di miliki wortel biasa. Secara tradisional makanan ini di sajikan dengan sepotong daging sapi rebus (klapstuk) atau bakso juga.

Menurut legenda, resepnya berasal dari tahun 1574, ketika pasukan Spanyol terpaksa meninggalkan kota Leiden setelah berusaha mengepung. Mereka meninggalkan semuanya, termasuk parsnip, wortel, dan bawang. Orang-orang Leiden yang kelaparan mencampurkan bahan-bahan ini menjadi satu. Mereka kemudian mengadaptasi resep tersebut untuk mengganti parsnip dengan kentang.

Itulah beberapa kuliner terbaik Belanda yang dapat Anda nikmati. Jangan lupa cicipi kuliner tersebut jika Anda datang ke Belanda.

By Mita