wisata belitung

Pulau Belitung merupakan salah satu pulau yang berada di Provinsi Bangka Belitung. Wisata Belitung menyajikan tempat yang sangat menarik dengan sebagian besar lansekap berupa pantai yang biru dan indah. Sejak kemunculan film Laskar Pelangi, Belitung menjadi salah satu pulau dengan destinasi wisata wajib oleh para wisatawan Indonesia.

Sebelumnya, masih banyak orang yang tidak menyadari keindahan dari Belitung dan menganggapnya sebagai pulau terpencil. Padahal, pulau yang lokasinya bersilangan dengan Pulau Bangka ini menyimpan sejuta keindahan yang sangat sayang untuk kalian lewatkan.

Beberapa rekomendasi tempat wisata Belitung yang menarik adalah:

1. Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi wisata belitung

Pantai Tanjung Tinggi identik dengan batu granit besar di sekelilingnya. Nama Tanjung Tinggi sendiri berasal dari dua kata yaitu tanjung berarti semenanjung, dan tinggi berarti pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Selain itu air laut jernih berwarna biru muda, pasir putih bertekstur lembut, dan ombak yang bergerak tenang semakin membuat pengunjung betah.

Pantai ini terkenal dengan salah satu adegan film Laskar Pelangi, saat para pemerannya tengah berenang di pantai dengan batu granit. Tentunya kamu bisa mempraktikan adegan tersebut di pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini memiliki fasilitas pendukung bagi para pengunjung yang ingin menikmati pantai, seperti sewa perahu karet, ban pelampung, warung makan, dan toilet.

2. Pantai Tanjung Kelayang

tanjung kelayang

Nama tanjung kelayang tersemat untuk pantai ini karena di sekitar pantai banyak terdapat burung kelayang. Pemandangan burung-burung kelayang yang menghiasi langit pantai dapat kamu lihat pada pagi hari, membuat pemandangan matahari terbit menjadi semakin indah.

Pantai Tanjung Kelayang pun telah memiliki fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di pantai ini. Penginapan yang tersedia cukup nyaman. Selain itu juga pantai ini merupakan pintu masuk dan dermaga untuk menuju pulau Lengkuas.

3. Pulau Lengkuas

pulau lengkuas wisata belitung

Ketika Belitung dalam penjajahan Belanda, mereka menamakan pulau ini Long House, karena melihat jajaran rumah yang panjang. Namun masyarakat lokal kesulitan menyebutnya, jadinya Lengkuas. Di pulau ini ada mercusuar putih setinggi 65 m yang sudah ada sejak tahun 1882. Sayangnya, mercusuar 18 lantai yang memiliki 313 anak tangga. Meskipun kini wisatawan tidak dapat menjelajahinya sampai atas karena alasan keamanan.

4. Pulau Kelayang

batu garuda

Pulau Kelayang merupakan salah satu pulau terdekat dari Pantai Tanjung Kelayang dengan ikonnya yakni Batu Garuda. Di pulau ini terdapat juga Gua Kelayang, yang merupakan area sempit karena letak batu granit raksasa yang bertumpuk menciptakan ruang layaknya sebuah gua. Airnya yang bening memberikan refleksi indah pada berbagai batuan dalam gua yang terdiri dari bermacam-macam warna seperti merah, hijau dan ungu.

5. Museum Kata

museum kata

Andrea Hirata pun membuat Museum Kata di kampung halamannya sendiri pada tahun 2010. Museum yang berisikan berbagai literatur dari berbagai macam jenisnya. Mulai dari literatur anak, literatur film, literatur seni, literatur musik dan masih banyak lagi. Ada banyak kata-kata mutiara yang inspiratif bertebaran di tembok-tembok museum ini. Museum yang penuh warna ini menjadikannya sangat unik. Pintu masuk dan pintu lain dari rumah yang di cat warna-warni bagai pelangi.

6. Danau Kaolin

danau kaolin wisata belitung

Tampilan dari Danau Kaolin sering terlihat sebagai surga dunia yang tersembunyi. Di bagian permukaan danau tampak berwarna biru pekat, tetapi terbingkai oleh daratan dengan warna pasir yang putih berkilauan.

Di bagian tengah danau terdapat semacam bukit kecil yang merupakan gundukan tanah beku. Anda bisa bermain air sepuasnya karena danau ini memiliki air dengan kandungan mineral tinggi yang biasa menjadi bahan kosmetik.

Itulah beberapa tempat wisata di Belitung yang menarik dan wajib kamu kunjungi.

By Mita