Cityawesome.com – Vihara tertua di Indonesia. Rumah Ibadah menjadi tempat yang sakral bagi umat beragama. Hal tersebut di karenakan rumah ibadah biasa di gunakan untuk peribadatan dan kegiatan suci lainnya. Selain itu tempat ibadah di berbagai Agama juga berbeda – beda. Seperti pada umat Buddha yang memiliki tempat ibadah yang sakral yakni Vihara.

Di Indonesia sendiri banyak Vihara yang bahkan bisa kamu temui di berbagai daerah di Indonesia. Hal itulah yang membuktikan bahwa agama Buddha sudah hadir di Indonesia sejak lama. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa Vihara tertua di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

1. Vihara Avalokitesvara

1. Vihara Avalokitesvara

Berada di Serang, banten. Kamu bisa mampir ke salah satu Vihara tertua di Indonesia yakni Vihara Avalokitesvara. Di bangun sejak abad ke 16, Vihara ini bahkan melayani hingga 3 kepercayaan sekaligus yakni Buddha, Taoisme, dan juga Kong Hu Cu.

Selain itu Vihara Avalokitesvara juga terbilang luas karena mencapai 10 hektar yang lengkap denngan paatung Dewi Kwan Im di altar utama dan 16 patung dewa yang berada di sisi kanan dan kirinya. Tidak salah salah bahkan patungnya juga di hiasi denngan batu berukir naga.

2. Vihara Dewi Welas Asih

2. Vihara Dewi Welas Asih

Berlokasi di Cirebon, kamu bisa mengunjungi Vihara Dewi Welas Asih yang merupakan salah satu Vihara tertua di Indonesia. Nantinya kamu akan menemukan gapura dengan batas pagar yang ada di sebelah barat dan timur saat sampai di sana.

Selain itu pada bagian halaman dalam, kamu akan menemukan bangunan Pat Kwa Ceng yang tidak lain adalah tempat untuk beristirahat. Di tambah dengan altar Dewi Tie Tong, tempat lilin, tempat abu, dan dua buah lonceng di ruang utama Vihara.

Baca Juga:  Sejarah Tugu Monumen Nasional Yang Menjadi Ikon Ibukota Indonesia

3. Vihara Hok Tek Bio

Hok Tek Bio

Saat berkunjung ke Bogor, kamu bisa mampir ke salah satu Vihara tertua di Indonesia yakani Vihara Hok Tek Bio. Di mana saat memasuki area Vihara maka nantinya kamu akan melihat adanya gapura dengan gaya khas Cina.

Selain itu pada bagian kiri terdapat lukisan harimau belang dan Biksu Tong Sam Chong yang sedang duduk di atas punggung kuda puting dengan di kawal oleh Sun Go Kong, Tie Pat Kay dan juga Sam Cheng. Sedangkan pada bagian kanan di lengkapi dengan lukisan legenda 8 dewa yang terdapat pada ajaran Tao.

4. Vihara Hok Tek Ceng Sin

vihara tertua di Indonesia Vihara Hok Tek Ceng Sin

Vihara tertua di Indonesia lainnya adalah Vihara Hok Tek Ceng Sin. Sudah berdiri sejak tahun 1466, Vihara ini memiliki arsitektur bergaya Cina. Pada bagian atap kamu akan menemukan 2 naga yang saling berebut mustika.

Selain itu saat memasuki serambi Vihara, nanatinya kamu akan melihat keindahan relief Hiolo Thian dengan tiga kaki yang di gunakan untuk memuja dewa langit. Vihara yang berlokasi di Jepara ini memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat Cina.

5. Vihara Hong Tiek Hian

 Hong Tiek Hian

Berada di Surabaya. Vihara Hong Tiek Hian di bangun pertama kali pada tahun 1292 oleh pasukan Tartar pada masa Khu Bilai Khan pada awal kerajaan Majapahit. Selain itu di Vihara ini terdapat dua bangunan utama yang salah satunya bisa menjadi jalan menuju pemukiman warga.

Selain itu pada area belakang di lengkapi dengan tempat pemujaan yang di hiasi ornamen Cina. Saat berkunjung kesana, kamu juga akan melihat altar Makco dan Kongco yang besar di lantai dasar. Serta altar Dewi Kwan Im dan sang Buddha di lantai dua.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Bali Menarik 2019

6. Vihara Talang

vihara tertua di Indonesia Vihara Talang

Menjadi salah satu Vihara tertua di Indonesia. Vihara Talang sudah di bangun sejak abad ke 15. Berlokasi di Cirebon, wisata ini bisa menarik kamu untuk mengunjunginya. Berawal dari tempat persinggahan bagi pedagang Cina yang datang ke Jawa, hingga di jadikan sebagai rumah ibadah.

Vihara yang satu ini memiliki arsitektur yang unik, di mana terdapat gong emas di ruangan utama. Bahkan tidak jarang juga Vihara Talang di jadikan sebagai tempat untuk sahur dan berbuka bagi masyarakat lokal.

Itulah beberapa Vihara tertua di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Selain menjadi tempat ibadah umat Buddha, beberapa Vihara di atas juga memiliki arsitektur bangunan yang memukau dan sayang untuk dilewatkan.***