wisata dieng

Dieng merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang berada di Jawa Tengah. Wisata ini merupakan salah satu tempat yang sangat di gemari oleh banyak pengunjung dan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Maka dari itu wisata Dieng selalu ramai untuk di kunjungi oleh oleh beberapa wisatawan lokal utamanya.

Atraksi utama dari wisata di Dieng adalah berupa wisata gunung, perbukitan, dan danau yang sangat indah. Selain itu juga ada beberapa situs peninggalan budaya yang ada dan dapat di lihat sebagai salah satu saksi sejarah masa lampau. Berkunjung ke sini Anda juga harus mempersiapkan pakaian hangat dan tebal karena udara dingin akan sangat menggigit terlebih lagi di waktu malam.

Beberapa rekomendasi wisata yang menarik adalah Anda dapat mengunjungi:

1. Sunrise Bukit Sikunir

wisata dieng sunrise sikunir

Bukit Sikunir adalah salah satu bukit yang ada di kawasan ini dan memiliki julukan sebagai golden sunrise. Banyak yang datang ke Sikunir untuk dapat melihat sunrise atau matahari terbit di puncak gunung pada pagi hari. Jika kalian mengunjungi tempat ini maka pastikan sudah berangkat dari jam 3 pagi karena para pendaki sudah bersiap-siap menuju ke puncak Sikunir.

Selain itu juga kalian sebaiknya menyiapkan fisik dengan baik karena akan di suguhi pendakian yang cukup menanjak dan juga terjal. Akan tetapi semuanya akan terbayar saat kalian sampai di puncak dan menyaksikan matahari terbit yang berada di antara gugusan awan. Selain itu kalian juga dapat melihat gunung Prau, dan kumpulan gunung di sekitarnya yang terlihat sangat indah.

2. Kawah Sikidang

kawah sikidang

Kawah ini juga merupakan kawah yang sangat terkenal di kawasan wisata ini. Saat ini kawah Sikidang masih mengeluarkan belerang yang sangat tinggi. Bahkan beberapa tahun yang lalu kawah ini pernah mengeluarkan belerang beracun yang membahayakan masyarakat sekitar. Di sini kamu dapat merebus telur di kawah, dan melihat pemandangan kawah yang sangat unik.

Selain itu juga ada deretan toko oleh-oleh dan souvenir yang berderet di sepanjang jalan masuk menuju kawah Sikidang. Ada beberapa produk kerajinan, produk pertanian sepeti kentang, manisan carica, dan lain sebagainya. Jika kamu tidak tahan dengan bau belerang, jangan lupa mengenakan masker atau tutup hidung karena baunya akan sangat menyengat.

3. Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Ada 2 telaga yang berada di dalam satu lokasi yaitu telaga warna dan telaga pengilon. Telaga ini memiliki warna air yang kehijauan dan sangat cocok untuk spot berfoto. Area sekitarnya terdapat pepohonan, dan juga jembatan untuk berfoto bersama. Telaga ini juga merupakan sisa letusan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Sehingga baunya juga cukup menyengat akibat dari belerang.

Biasanya pengunjung yang datang ke sini akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk-duduk sambil berfoto ataupun piknik dengan keluarga. Dengan suasana yang tenang dan sejuk, datang ke tempat ini tentunya akan memberikan ketenangan kepada kalian.

4. Kompleks Candi

candi arjuna

Wisata budaya yang dapat di datangi di tempat ini adalah wisata candi yang tersebar di berbagai tempat. Sebenarnya kawasan Dieng ini merupakan kompleks candi Hindu dari abad ke-7 dari Kerajaan Kalingga Mataram. Ada beberapa candi yang masih berdiri misalnya saja Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Drupadi, dan lain sebagainya. Dahulu, kawasan candi ini di gunakan sebagai tempat pemujaan. Akan tetapi saat ini sudah tidak di pergunakan lagi dan menjadi monumen.

Nama candi ini di ambil dari nama tokoh pewayangan Hindu. Di sini kalian tidak dapat melakukan banyak atraksi selain melihat bangunan arsitektur candi. Jika mengunjungi candi ini pastikan juga kalian tidak menaiki bangunan, mencoret, dan juga merusaknya.

Itulah beberapa tempat wisata Dieng yang menarik. Kalian dapat menghilang beberapa hari dari rutinitas kota dengan mengunjungi kawasan wisata pegunungan yang sangat indah ini.

By Mita