makanan singapura

Masakan Singapura memiliki keragaman etnis seperti halnya penduduknya, memadukan pengaruh Melayu, Cina, Indonesia, India, dan Barat. Tidak heran jika nantinya kamu akan menemukan berbagai hidangan lezat yang super enak dengan berbagai rasa yang kaya. Jika kamu sedang berkunjung ke negara ini pastikan untuk mencicipi beberapa makanan singapura berikut ini. Kamu pasti akan menyukainya!

1. Hainanese Chicken Rice

makanan singapura

Ayam memang bisa disajikan dengan berbagai cara, uniknya ini tak pernah gagal. Salah satu hidangan berbahan dasar ayam dari singapura adalah Hainanese Chicken Rice. 

Ayam kukus tersakiti dengan nasi yang proses masaknya menggunakan kaldu ayam. Sudah kebanyang kan? gimana rasa enaknya hidangan tersebut?  Hidangan favorit sepanjang masa ini membuat makan siang kamu terasa begitu cepat karena rasanya yang memuaskan. Kualitas kaldu ayam juga sangat penting untuk hidangan ini, dan kamu bisa mengetahuinya dari nasi kukus yang mengalir dengan rasa dan aroma yang harum. Tuang sedikit saus di atas ayam dan cobalah hidangan ini. Kamu pasti merasa ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi!

2. Chilli Crab

makanan singapura

Bagi kamu yang menyukai hidangan laut, khususnya kepiting maka kamu tak boleh melewatkan makanan Singapura yang satu ini. Yup, ini adalah Chili Crab!

Kepiting cangkang keras ini pengolahannya menggunakan kuah setengah kental dengan dasar cabai tomat. Kepiting kukusnya pecah sebagian, lalu digoreng ringan menjadi pasta yang terdiri dari sambal, kecap, dan telur. Meskipun namanya Chili Crab, namun hidangan ini tak terlalu pedas, kok. Jadi untuk kamu yang tidak terlalu menyukai makanan pedas, kamu masih bisa untuk memakannya. 

BACA JUGA: 5. Kota Makanan Terbaik untuk Penggila Kuliner

3. Laksa

laksa

Makanan Singapura selanjutnya adalah Laksa. Bihun dalam sup kari kelapa pedas dengan udang, kue ikan, telur, dan juga daging ayam. Ini adalah hidangan dengan perpaduan antara masakan Cina dan Melayu. Laksa juga memiliki banyak varian. Kamu wajib mencoba Laksa Singapura yang sangat lezat, kamu pasti akan menyukainya. 

4. Char Kway Teow

Makan yang satu ini adalah mie putih lebar yang digoreng dengan kecap hitam, tauge, bakso ikan, kerang, dan sosis cina. Kamu akan menemukan hidangan ini di pusat jajanan dan restoran yang ada di Singapura. Tidak sulit untuk menemukan hidangan yang satu ini. Koki yang terampil akan menambahkan rasa berasap ke hidangan dengan memasak mie pada suhu tinggi. Jika kamu penasaran, pastikan untuk mencicipinya, ya.

5. Hokkien prawn mee

Makanan singapura yang satu ini adalah mie Hokkien tumis dengan udang, irisan ayam atau babi, cumi-cumi dan juga kue ikan, yang menggunakan bumbu berupa kecap, cuka dan cabai. Setiap sajian tersaji dengan saus sambal dan irisan jeruk nipis, untuk mengurangi rasa berminyak. Versi Singapura menggunakan mie telur yang tebal dan pipih. Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya?

BACA JUGA: Lezat, Ini 5 Makanan Lokal Australia yang Wajib Disantap

By Intan