makanan khas thailand

Masakan Thailand mengandung memiliki rasa lezat dan tekstur yang begitu luas sehingga sulit untuk menyaingi rasanya. Ada banyak sekali makanan Thailand yang menggugah selera. Bagi kamu yang masih bingung harus mencoba yang mana, berikut kami berikan rekomendasi makanan khas Thailand paling enak yang perlu kamu coba. 

1. Makanan Khas Thailand: Tom Yum Goong (Sup Udang Pedas)

makanan khas thailand

Aroma khas Thailand! Perpaduan yang berani dan menyegarkan dari serai yang wangi, cabai, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, air jeruk nipis, dan kecap ikan membentuk sup klasik ini. Campuran bumbu tersebut menghasilkan hidangan yang segar. Udang segar dan jamur yang segar juga ada dalam hidangan yang satu ini. Hidangan super lezat yang akan memanjakan lidahmu. Apalagi baunya yang khas mengingatkan kamu pada parfum eksotis, sementara rasa asam pedas pada hidangan ini akan membuatmu terasa segar. 

2. Som Tum (Salad Pepaya Hijau Pedas)

makanan khas thailand

Hidangan yang satu ini terdiri dari bawang putih, cabai, kacang hijau, tomat ceri, dan parutan pepaya mentah kemudian di tumbuk dengan alu dan lesung, sehingga menghasilkan rasa asam manis-pedas yang tidak mudah kamu lupakan. Ada beberapa variasi yang memasukkan kacang tanah, udang kering atau kepiting asin ke dalam campuran. Tentu saja ini menjadi salah satu hidangan lezat yang sayang sekali untuk kamu lewatkan. 

3. Tom Kha Kai (Ayam dalam Sup Kelapa)

Sentuhan lembut pada Tom Yum, sup ikonik ini mengandung cabai pedas, lengkuas muda, bawang merah tumbuk, batang serai, dan potongan ayam yang empuk. Namun tidak seperti Tom Yum yang lebih encer, makanan ini enderung lebih kental. penggunaan santan pada makanan ini juga mengurangi rasa pedasnya. Hidangan ini kemudian dipadu dengan daun jeruk nipis segar, yang menghasilkan makanan harum, lembut dan tentu saja menarik untuk kamu cicipi.

4. Makanan Khas Thailand: Gaeng Daeng (Kari Merah)

daeng gaeng

Terbuat dari potongan daging, pasta kari merah, santan halus, dan taburan daun jeruk purut yang diiris halus, kari yang kaya aromatik ini selalu menggelitik selera. Paling baik ketika dagingnya sangat empuk. Rasanya lembut, manis, dan dengan wangi yang khas. 

5. Pad Thai (Mie Goreng ala Thailand)

Hidangan ini Dimasukkan ke dalam wajan panas yang membara, segenggam mi kecil, tipis, atau lebar (sesuai selera) tercampur pada satu wajan panas selama satu menit bersama tauge, bawang, dan telur yang renyah. Pengalaman makan yang benar-benar kaya akan rasa. Keunggulan rasa ini terletak pada penggunaan kuartet bumbu yang menyertainya, yakni kecap ikan, gula, bubuk cabai, dan kacang tanah yang sudah halus.

BACA JUGA: 5 Tips Liburan Murah di Thailand

6. Makanan Khas Thailand: Khao Pad (Nasi Goreng)

kao pad

Nasi goreng ala Thailand ini terdiri dari, telur, bawang merah, sedikit bumbu. Hidangan makan siang populer ini biasanya tersaji dengan irisan jeruk nipis dan irisan mentimun. rahasia hidangan sederhana ini terletak pada kesederhanaannya. Orang Thailand menggunakan berbagai bahan makanan mulai dari udang, kepiting atau ayam hingga kemangi, cabai dan sayuran. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan Thailand terenak yang wajib masuk dalam daftar kamu. 

7 Pad Krapow Moo Saap (Basil Goreng dan Babi)

makanan khas thailand

Makanan khas Thailand yang sangat populer untuk makan siang atau makan malam. Hidangan ini terbuat dari kemangi goreng dan daging babi tentunya merupakan salah satu hidangan Thailand paling populer. Makanan ini dibuat dalam wajan panas dengan banyak daun kemangi, cabai segar besar, daging babi, kacang hijau, kecap dan sedikit gula. Daging babi cincang berlemak berminyak dan bercampur dengan nasi putih kukus untuk menjadi makanan yang lezat. Makanan ini biasanya menggunakan tambahan telur goreng (kai dao). Ketahuilah bahwa kebanyakan orang Thailand meminta banyak cabai dalam hidangan ini. Jadi jika kamu bukan penggemar pedas, mintalah agar menu tersebut tidak terlalu pedas. 

BACA JUGA: 4 Pantai Terbaik di Thailand, Indah Banget!

By Intan